Sejarah Panjang Motorsport Suzuki

Suzuki GP 100

Sejarah Panjang Motorsport Suzuki – Sebagai salah satu perusahaan asal Jepang yang mengembangkan sayapnya di Indonesia, Suzuki harus bersaing dengan kompetitor lain yang berasal dari kampung yang sama seperti Honda, Kawasaki dan Yamaha. Sejak tahun 1973 kehadiran Suzuki di Indonesia, tumbuh pesat. Hingga saat ini, telah banyak berbagai jenis sepeda motor yang lahir dari pabrikan Suzuki. Beberapa produknya bahkan sempat menjadi idola bagi para pengguna sepeda motor di Indonesia.

Sejarah Panjang Motorsport Suzuki

Sayangnya, beberapa tahun belakangan ini nampaknya Suzuki tidak terlalu serius dalam mengembangkan sepeda motor untuk bersaing dengan para kompetitor lainnya. Sebelumnya Suzuki kerap menjadi pesaing utama produk Honda di Indonesia, tapi belakangan posisi mereka sepertinya digeser oleh Yamaha yang gencar mengembangkan desain motornya, terutama pada motor tipe sportnya. Meski demikian, Suzuki tetap dianggap sebagai motor yang memiliki kualitas mesin mumpuni dan awet.

Berikut ini adalah perjalanan Panjang motor sport Suzuki di Indonesia yang telah dirangkum oleh redaksi Otofreak. Disimak ya sobat freakers!

baca juga: Miso Kuzmanovic Ciptakan Mobil Formula 1 dari NOL

Suzuki A 100

Suzuki A 100Sepeda motor Suzuki A 100 merupakan motor jantan pertama yang diproduksi oleh Suzuki di Indonesia pada tahun 1973. Hadirnya Suzuki A 100 dengan mesin 2 Tak, cukup bertenaga dan diandalkan sebagai motor pekerja pada era tahun 1973-an. Di awal kehadirannya Suzuki A 100 bahkan menjadi sepeda motor andalan para polisi. Selain itu, banyak juga digunakan sebagai motor jajaran petugas pos di Indonesia.

Suzuki GT 100

Suzuki GT 100Tahun 1973-an, Suzuki mulai memasarkan tipe sepeda motor gagah lainnya, yaitu GT series di bawah bendera PT. Indohero Steel & Engineering Co. Kehadiran Suzuki GT series dengan berbagai varian, semakin meramaikan pasar motor di Tanah Air pada era 1960-an, setelah sebelumnya didahului oleh produk Honda yang menguasai pasar motor di Indonesia.

Suzuki GT 185

Suzuki GT 185Suzuki meluncurkan GT185 pada tahun 1973. Dengan model awal menggunakan rem drum di depan. Lalu, tahun 1974 rem tromol diganti dengan satu cakram. Modelnya dari tahun ke tahun tampak hampir sama dan hanya saja sedikit berbeda pada warna dan desainnya saja. Hingga akhirnya produksi GT185 dihentikan pada tahun 1977.

Suzuki GP 100

Suzuki GP 100Istilah GP pada Suzuki GP, nampaknya diadopsi dari dari dunia balap (Grand Prix). Suzuki GP 100 memiliki mesin silinder tunggal dengan disk katup rotary. Lalu, Suzuki Motor Company terus mengembangkan model hingga tahun 1980-an.

Suzuki GP 125 (1978 – 1981)

Suzuki GP 125 (1978 - 1981)Suzuki mulai memperkenalkann produk Suzuki GP sekitar tahun 1978. Beberapa produk Suzuki GP, terdiri atas Suzuki GP100 dan GP125. Hadirnya Suzuki GP ini melanjutkan perjalanan sang abang Suzuki GT series yang harus berakhir pada tahun 1977. Suzuki GP memiliki postur yang lebih futuristik jika dibanding dengan Suzuki GT series. Desain tangki yang lebih menarik, mesin yang lebih bertenaga, suara mesin yang halus disertai suara knalpot yang gemerincing tajam.

Suzuki TRS

Suzuki TRSKelanjutan dari Suzuki GP series, yakni Suzuki TRS yang memiliki kapasitas mesin 118cc dan bentuk tangki yang lebih besar.

Suzuki TRZ Katana

Suzuki TRZ KatanaMotor ini merupakan adik dari Suzuki TRS, dengan kapasitas mesin 125 cc. Performa tenaga yang lebih bertenaga. Suzuki TRZ 125 Katana merupakan motor terbaik dan terkencang pada masanya untuk motor sekelas 125 cc, sekitar tahun 1984-1985. Kabarnya Suzuki TRZ Katana dalam keadaan standar dapat melaju hingga 140 kpj dengan mulus. Sayangnya produk ini tidak berlangsung lama dikeluarkan oleh Suzuki.

artikel terkait: Ferrari 250 GT LWB California Spider Competizione Dilelang 270M!

16 pemikiran di “Sejarah Panjang Motorsport Suzuki”

Tinggalkan sebuah komentar