Sejarah Setir Kiri Di Indonesia

Sejarah Setir Kiri Di Indonesia

Sejarah Setir Kiri Di Indonesia – Setiap negara memiliki aturan berbeda soal penerapan posisi pengemudi. Di Indonesia sendiri, menerapkan posisi mengemudi sebelah kanan.

Sejarah Setir Kiri Di Indonesia

Sejarah Setir Kiri Di IndonesiaNamun, tidak sedikit juga ditemui mobil-mobil di Indonesia yang posisi kemudinya ada di kiri. Biasanya mobil yang posisi kemudinya ada di kiri ini adalah mobil lawas yang berasal dari negara yang menganut peraturan lalu lintas kemudi sebelah kanan. Contohnya, Amerika Serikat dan Jerman.

Saat Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mengadakan acara di Bogor, Minggu (21/1/2017) lalu, tampak beberapa mobil yang posisi setirnya ada di kiri, terutama produk asal Amerika dan Jerman, contohnya Cadillac, Dodge, Ford Mustang, ataupun VW bettle.

Namun, bukan berarti semua mobil lawas buatan “negara setir kiri” yang posisi setirnya sama dengan negara asal. Karena ada sebagian juga posisi setirnya sudah menyesuaikan berada di kanan sesuai aturan di Indonesia. Misalnya, Mercedes Benz 200.

Sejarah Setir Kiri Di IndonesiaEm Samudera selaku Sekretaris Jenderal PPMKI menuturkan, perbedaan posisi setir dilatarbelakangi oleh perbedaan cara masuk dari mobil-mobil tersebut ke Indonesia. Mobil yang posisi setirnya sudah berada di kanan memang mobil yang diproduksi untuk pasokan ke negara-negara setir kanan, seperti Australia, Inggris, Jepang, Hongkong, dan Indonesia.

Sementara, mobil yang posisi setirnya di kiri merupakan mobil yang didatangkan langsung mentah-mentah oleh individu. Biasanya mobil-mobil setir kiri ini dulunya diboyong oleh mahasiswa, pejabat ataupun staf KBRI yang pernah tinggal lama di luar negeri, karena dulu impor masih bebas.

Samudera melanjutkan bahwa, setelah tahun 1970, Pemerintah Indonesia menerapkan peraturan yang ketat iwal mobil impor. Sejak saat itulah, mobil-mobil setir kiri tidak bisa lagi didatangkan secara Cuma-Cuma oleh individu.

artikel terkait: Honda Super Cup 2018 Dibanderol 30Jutaan

7 pemikiran di “Sejarah Setir Kiri Di Indonesia”

Tinggalkan sebuah komentar