Suzuki Karimun Wagon R vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Suzuki Karimun Wagon R vs Toyota Agya Indonesia Review 2018- Ibukota Jakarta yang selalu macet membuat tren city car begitu populer. Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon R adalah dua mobil mini yang sering lalu lalang di ibukota. City car sangat efektif dan efisien digunakan sebagai mobil harian karena bodinya yang kecil sehingga memudahkan pengemudi untuk salip menyalip saat sedang macet-macetan di ibukota. Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon R tergolong city car yang cukup populer dengan sebutan Low Cost Green Car (LCGC). Dua city car ini sangat irit bahan bakar dan juga ramah di kantong. Dibanding menggunakan transportasi umum yang kurang meyakinkan keamanannya, lebih baik mengangsur untuk membeli mobil murah sebagai mobil harian.

Suzuki telah meluncurkan city car Karimun sejak tahun 1999 lalu. Sejak saat itulah, tren city car semakin merajalela di Indonesia. Berbagai brand mobil pun berlomba mengeluarkan city car andalannya dengan masing-masing spek yang berbeda. Toyota Agya baru saja muncul di Indonesia tahun 2013 dan mobil ini betul-betul menarik minat masyarakat Indonesia karena harganya murah dan irit bahan bakar. Rasanya enggak mungkin deh kalau kita enggak melihat Toyota Agya seliweran di jalanan ibukota. di akhir tahun 2015, Suzuki kembali meluncurkan seri terbarunya.  Kini menjadi city car andalan Suzuki, yaitu Suzuki Karimun Wagon R. Simak ulasan dibawah mengenai spesifikasi lengkap dari perbandingan antara Suzuki Karimun Wagon R vs Toyota Agya.

Eksterior Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Eksterior Suzuki Karimun Wagon

Eksterior Suzuki Karimun

Tampilan eksterior Suzuki Karimun Wagon R maupun Toyota Agya dirancang begitu simpel. Suzuki Karimun Wagon R punya tampilan eksterior yang tidak meninggalkan ciri khas Suzuki Karimun generasi pertamanya. Namun kini eksterior Wagon R dikemas lebih modern. Suzuki Karimun Wagon R punya head lamp stylish dengan konsep Blue Eyes berteknologi LED. Front grille Wagon R juga kini tampil lebih modern dengan warna chrome. Kemudian tampilan bumper depan juga lebih dinamis dengan desain yang lebih tegas.

Eksterior Toyota Agya

Eksterior Toyota Agya

Di eksterior bagian belakang, Suzuki Karimun Wagon R mengusung konsep city car khas Eropa yang memiliki stop lamp rear combination. Tampilan eksterior sederhana Suzuki Karimun Wagon R ini sangat cocok untuk jadi mobil harian di dalam kota. Untuk Eksterior Toyota Agya terlihat sederhana dengan bodi minimalisnya dan cukup menarik untuk dikendarai. Toyota Agya punya lampu depan yang cukup lebar, front grille alumunium, dan fog lamp kecil di ujung bawah. Toyota Agya punya tiga pilihan tipe, yaitu tipe E, G, dan TRD S. Tipe E dan G punya desain eksterior yang sama. Tetapi tipe TRD S hadir dengan body kit di bagian bawah yang lebih sporty.

Interior Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Interior Toyota Agya

Dasboard Toyota Agya

Nah, membahas soal interior dua city car LCGC ini, jangan terlebih dulu meremehkannya. Jika kebanyakan orang berpikir kalau interior city car pasti sempit. Sepertinya akan salah menduga sebab Suzuki Karimun Wagon R hadir dengan ukuran yang cukup nyaman untuk pengemudi dan penumpangnya. Begitu pula dengan Toyota Agya, seluruh penumpang dan pengemudi tidak akan merasa kesempitan di dalam dua city car favorit ini.  Bagaimana tidak yang melihatnya akan tersentuh dan merasa nyaman bila berada di dalam kabin mobil Toyota Agya ini.

Interior Toyota Agya

Bagian interior Toyota Agya juga dibalur dengan sentuhan sederhana yang tidak jauh berbeda dengan Suzuki Karimun Wagon R. Seluruh interiornya didominasi oleh warna hitam dan silver sehingga memberi kesan elegan. Toyota Agya dilengkapi dengan fitur-fitur infotainment sederhana, seperti aux, USB port, dan CD Player. Toyota Agya sangat pas untuk kapasitas 4—5 orang dengan ruang yang cukup lega dan nyaman. Toyota Agya juga memiliki bagasi yang cukup luas untuk menaruh beberapa item.

Interior Suzuki Karimun Wagon R

Interior Suzuki Karimun
Suzuki Karimun Wagon R cukup untuk kapasitas 4—5 orang dengan space yang nyaman. Suzuki Karimun Wagon R juga punya space bagasi yang cukup luas untuk menampung beberapa item. Interior Karimun Wagon R bernuansa simpel namun juga modern.

Dasboard Suzuki Karimun

Dengan adanya bagian dashboard yang dirancang lebih elegan dan menarik, lalu pada bagian panel clusternya semakin terlihat sporty.

Dimensi Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Membahas dimensinya,  keduanya mobil berjenis LGCG ini hampir sama. Jika pada Suzuki Karimun Wagon R memiliki dimensi yakni dengan panjang 3.635 mm, lebar  1.475 mm, dan tinggi  1.670 mm. Serta dengan bobot mobil sebesar 1.350 kg. Karimun Wagon R memiliki jarak poros roda yakni 2.400 mm dan jarak terendahnnya 170 mm. Sedangkan, untuk dimensi yang dimiliki Toyota Agya yakni dengan panjang 3,660 mm, lebar 1,600 mm, dan tinggi 1,520 mm dan memiliki jarak poros roda sebesar 2,455 mm. Tidak hanya itu saja, untuk suspensi yang digunakan pada Karimun Wagon R yakni pada suspensi depan dipasangkan MacPherson strut with coil spring. Suspensi belakang berjenis 3 links rigid with coil spring. Sementara untuk suspensi yang digunakan pada Toyota Agya yakni suspensi bagian depan berjenis MacPherson Strut with Coil Spring. Sementara itu, suspensi bagian belakang berjenis Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring.

Baca juga Lamborghini Aventador S Indonesia Review 2017

Mesin Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Mesin Suzuki Karimun Wagon R

Mesin Suzuki Karimun

Suzuki Karimun Wagon R punya mesin K10B DOHC 3 silinder 12 katup. Karimun Wagon R memiliki kapasitas mesin 998 cc dengan tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai  68PS pada putaran 6.200rpm. Menghasilkan torsi maksimum mencapai 90 Nm pada putaran 3.500 rpm, serta memiliki diameter langkah sebesar 73 x 79.5 mm. Suzuki Karimun Wagon R punya dua pilihan transmisi manual 5 speed dan transmisi otomatis 4 speed. Untuk sistem bahan bakar yang digunakan yakni Multipoint Injection yang juga teknologi ini dikenal keiritannya dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Mesin Toyota Agya

Mesin Toyota Agya

Sedangkan Toyota Agya hadir dengan mesin 1KR 12 DOHC 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 998 cc. Toyota Agya menghasilkan daya sebesar 67 pada putaran 6,000 dan menghasilkan torsi sebesar 91 pada putaran 4,400. Serta memiliki diameter langkah sebesar 71.0 x 84.0 mm. Selain itu, untuk Toyota Agya tipe 1.2 liter memiliki dua pilihan transmisi yakni transmisi manual 5 percepatan manual dan transmisi 4 percepatan auto. Kedua telah disematkan teknologi fuel system EFI yang berfungsi dalam mengelola bahan bakar agar menjadi lebih irit dan juga pastiny ramah lingkungan.

Fitur Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Beralih ke bagian fitur-fitunya, kedua mobil ini memiliki fitu yang canggih dan modern. Pertama, untuk fitur yang disematkan pada Karimun Wagon R yang notabennya adaah mobil LCGC, namun untuk masalah fitur jangan diragukan. Pasalnya, terdapat fitur yang terbilang minimalis karena misalnya adanya fitur kenyamanan pendingin ruangan AC yang akan menghasilkan udara yang sejuk. Tidak hanya itu, fitur yang terdapat pada Karimun Wagon R yakni  seatbelt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor). Merupakan fitur unggulan yang dimiliki mobil ini berfungsi dalam mengunci dan menahan penumpang jika terjadi hantaman mendadak. Setelah itu, ada juga fitur kenyamanan berupa AC Double Blower, Audio, dan cup holder. Mengenai fitur keamannanya terdapat Sensor Parking, ABS, Immobilizer dan Central Lock yang disematkan pada semua tipe.

Sedangkan pada Toyota Agya untuk fitur keamanannya dibekali dengan Dual SRS Airbags yang fungsinya untuk mencegah cedera akibat benturan mendadak di bagian depan. Serta, adanya fitur keamanan Side Impact Beam yang berada di bagian samping. Dimana akan menambahn perlindungan untuk si pengemudi maupun si penumpang dalam menekan resiko adanya cidera. sementara, untuk fitur kenyamanannya Toyota memasangkan fitur hiburan berupa audio system. Dimana pengemudi maupun si penumpang dapat memilih musik, MP3, ataupun memutar radio sesuai keinginannya.

Tabel Spesifikasi

Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Karimun Wagon R

Toyota Agya

Mesin

Tipe Mesin K10B, DOHC 3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i
Isi Silinder 998 cc 998 cc
Diameter x Langkah 73 x 79.5 mm 71.0 x 84.0 mm
Rasio Kompresi 10:1
Daya Maksimum 68PS/6.200rpm 67/6,000
Torsi Maksimum 90Nm/3.500rpm 91/4,400
Sistem Bahan Bakar Multi-point Fuel Injection EFI
Kapasitas Tangki 35 L
Sistem Kemudi Rack & Pinion Rack and Pinion with Electric Power Steering

Dimensi

P x L x T 3.635 mm x  1.475 mm x 1.670 mm 3,660 x 1,600 x 1,520 mm
Jarak Poros Roda 2.400 mm 2,455 mm
Jarak Pijak depan 1.295 mm 1,420 mm
Jarak Pijak belakang 1.290 mm 1,415  mm
Jarak Terendah 170 mm
Berat 1.350 kg
Turning Radius 4.6 m

Sasis

Transmisi K10B, DOHC 5-Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson strut with coil spring MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang 3 links rigid with coil spring Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc ventilated disc
Rem Belakang Drum leading and trailing drums
Ukuran ban 175/65R14 Alloy Wheel, 175 / 65 R14
Ukuran Velg 14″ 14″

Fitur

Kenyamanan
  • Audio : New audio Head Unit Design (CD, DVD, MP3, Radio, USB, AUX, dan Blutooth )
  • Jok : Balck Fabric Seat & Black Under Seat Tray
  • Dashboard : Black
  • Kabin : Spacious & Luxurious
  • Cup Holder : standart
  • AC : Standart
  • New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Semi Bucket Seat
  • Sporty Rear Bumper Design
  • Smoked Projector
  • Headlamp with LED Light Guide
  • Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)
  • Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)
  • LED Rear Combination Lamp
Keamanan
  • Seat Belt Front & Rear
  • Keyless Entry
  • Immobillizer
  • Alarm System
  • Auto Lock System
  • Side Impact Beam
  • Dual SRS Airbags
  • New ABS (1.2 TRD)
  • Isofix
  • 3 Point Safety Belt
  • Seat Belt Reminder

Harga Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Harga Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya

Suzuki Karimun Wagon R

Toyota Agya

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Karimun Wagon R GS AGS Airbag Rp135,000,000- Harga Toyota Agya 1.0 G M/T Rp132.000.000-
Karimun Wagon R GL AGS AIrbag Rp127,000,000- Harga Toyota Agya 1.2 G M/T Rp135.100.000-
Harga Toyota Agya 1.2 G A/T Rp148.100.000-
Harga Toyota Agya 1.2 M/T TRD Rp139.300.000-
Harga Toyota Agya 1.2 A/T TRD Rp152.400.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Suzuki Karimun Wagon R VS Toyota Agya
https://www.youtube.com/watch?v=cbrjelMWjkw dan https://www.youtube.com/watch?v=OeicC4gM5fE

Artikel terkait: Honda Jazz vs Daihatsu Sirion Indonesia Review 2017

Nissan GT-R Indonesia Review 2017

Daihatsu Sirion vs Toyota Agya Indonesia Review 2017

 

60 pemikiran di “Suzuki Karimun Wagon R vs Toyota Agya Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar