Suzuki Splash VS Suzuki Swift Indonesia Review 2018

Suzuki Splash vs Suzuki Swift

Suzuki Splash VS Suzuki Swift Indonesia Review 2018- Suzuki Splash dan Suzuki Swift adalah keluaran mobil Suzuki yang wajahnya sering kita lihat di ibu kota. Suzuki Splash muncul pertama kali di tanah air pada tahun 2008. Namun , Suzuki Splash ini diketahui memang memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan beberapa city car pesaingnya. meskipun memiliki dimensi kecil namun Suzuki Splash ini memiliki tampilan menarik dan membawa komponen mesin pacu yang gahar. Suzuki splash diposisikan dalam kategori city car di bawahs satu tingkat Suzuki swift Sedangkan Suzuki Swift diluncurkan pertama kali pada tahun 2004. Mobil Suzuki swift ini sangat diminati masyarakat karena bodynya yang lebih stylish dan modern. Lalu, pada 2016 swift keluar dengan tampilan yang lebih sporty. Kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Jika anda ingin mengetahui informasi tentang kedua mobil ini, berikut review perbandingan antara Suzuki Spalsh dan Suzuki Swift.

Eksterior Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Eksterior Suzuki Splash

Suzuki SplashDesain exterior Suzuki Splash menampilkan tampilan yang lebih sporty terutama di bagian depan dengan desain baru bentuk Smiling Grille & Bumper terlihat jelas menggunakan khas Eropa. Untuk segi pencahayaan pada New Splash dilengkapi dengan fiturHead Lamp with Multi Reflector dan Levelling Adjuster.

Eksterior Suzuki SplashKesan sporty diperkuat dengan adanya High Mount Stop Lamp, Stylish Combination Lamp, dan Rear Bumper with Reflector dan Rear Fog Lam. Sedangkan dengan Suzuki swift Jika dilihat dari tampilan eksterior, memang spesifikasi Suzuki Swift ini benar-benar memancarkan aura yang lebih stylis. Tampilan luar All New Swift ini jelas mengubah pandangan tentang small hatchback yang berbasis city car yang selama ini sering di sebut dengan desain serba minimalis.

Eksterior Suzuki Swift

Suzuki SwiftPada bagian depan, Suzuki Swift generasi baru ini tampil dengan desain headlamp reflektor beraksen runcing yang diletakkan pada ujung kap mesin. Kemudian , front grill bagian depan Swift juga tampil dengan aksen baru. Swift memiliki 2 tipe yaitu GS dan GX. Secara umum desain muka Swift untuk tipe GS dan GX memang masih serupa, termasuk penempatan fog lamp dengan bingkai stylish pada ujung bawah kanan dan kiri.

Eksterior Suzuki Swift

Desain wajah Swift untuk tipe GS dan GX memang sama, termasuk penempatan fog lamp dengan bingkai stylish pada ujung bawah kanan dan kiri. Perbedaan akan sobat temukan pada bagian grill yang menyatu dengan grill bagian bawah dengan aksen horizontal. Kemudian pada bagian foglamp Suzuki Swift Sport terdapat semacam cover yang melindungi lampunya. Lalu bagian sampingnya, tampilan bodi sebelah kanan-kiri New Swift kali ini tetap terlihat elegan.

Interior Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Interior Suzuki Splash

Dashboard Suzuki SplashDesain interior pada mobil Suzuki splash memiliki Tampilan stylish serta kaca depan yang lebar semakin menambah sudut pandang pengendara merasa nyaman. Memiliki kabin dengan head room & leg room yang lebar, memberi kenyamanan dan  kebebasan gerak saat di dalam mobil. Dengan kursi belakang yang bisa dilipat menambah kebebasan untuk memuat barang-barang yang akan di bawa.

Interior Suzuki Splash

Tak hanya itu, dengan New Integrated Audio System yang memiliki fungsi Radio, CD, MP3 & USB sebagai sarana hiburan saat berkendara agar tidak gampang ngantuk saat mengemudi. Semua fitur kenyamanan diatas ditambah dengan adanya transmisi otomatis dan On Dash gear – Shift Control yang hadir pada produk New Splash saat ini. Sedangkan desain interior mobil Suzuki swift untuk interior New Swift ini memang patut diberikan jempol, karena ketika sobat masuk dalam ruang kabin, maka kesan mewah dan elegan akan kita dapatkan.

Interior Suzuki Swift

Dashboard Suzuki SwiftPada bagian kabin Suzuki Swift sendiri terlihat lebih esklusif. pada bagian dashboardnya, bagian ini dirancang dengan tidak banyak cluster di mana hanya tersedia odometer dengan gaya yang sama dari Suzuki Swift versi terdahulu. Kemudian panel operasional AC dan panel Advanced Audio Equipment juga telah ada pada bagian dashboard Suzuki Swift ini.

Interior Suzuki SwiftBerpindah ke bagian kursi penumpang, ini juga dibuat dengan material berkualitas dan didesain lebih ergonomis yang di lengkapi dengan SHA (Seat Height Adjuster)  untuk kenyamanan posisi tubuh saat ada di dalam mobil.

Dimensi Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Suzuki Splash memiliki dimensi body yang ukurannya tergolong kecil jika dibandingkan dengan jenis mobil city car. Mobil ini memiliki ukuran panjang yaitu  panjang 3.715 mm, lebar 1680 mm, dan tinggi 1.618 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.360 mm. Sementara untuk Suzuki Swift memiliki dimensi sebesar 4,115 mm untuk panjang, lebar 1,700 mm, dan tinggi 1,475 mm. Serta, memiliki jarak sumbu roda sebesar 2.430 mm. Suspensi yang dimiliki Suzuki Spalsh dan Suzuki Swift sama-sama menggunakan McPherson Strut & Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam & Coil Spring pada bagian belakang. Tidak hanya itu saja, kesamaan juga terdapat pada rem yang digunakan yakni kedua mobil ini sama-sama menggunakan Ventilated disc untuk rem. Namun berbeda untuk bagian belakang Suzuki Splash menggunakan disc, sedangkan Suzuki Swift menggunakan Drum.

Mesin Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Mesin Suzuki Splash

Mesin Suzuki SplashPada bagian mesin Suzuki Splash memiliki performa yang tangguh dan juga sangat gesit. Memiliki mesin bertipe K12M, DOHC-VVT dengan 4 silinder in-line 16 katup serta diameter x langkah yakni  73.0 x 71.5 mm, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 85 PS pada putaran mesin 6.000rpm. Untuk torsi maxsimalnya mampu mancapai 113 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Kemudian sistem tranmisi pada suzuki splash telah di bekali dengan 2 tipe yaitu automatic dan manual.

Mesin Suzuki Swift

Mesin Suzuki SwiftSedangkan, pada mesin yang dimiliki Suzuki Swift memiliki tipe mesin yang digunakan oleh generasi terbarunya adalah jenis K148 DOHC berfitur VVT, dengan 16 katup dengan 4 silinder. Kubikasi mesin 1372 cc dan memiliki diameter langkah yakni 73.0 x 82,0 dimana dapat membuat mobil ini meraih angka tinggi di bagian power mencapai 95 PS pada putaran mesin 6.000 rpm.

Fitur Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Untuk fitur yang tersematkan di kedua mobil Suzuki ini terdapat fitur keamanan dan fitur kenyamanan yang memadai. Misalnya pada Suzuki Splash telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EB yang fungsinya memnabtu dalam akan mencegah terjadinya pengereman mendadak. Tidak hanya itu saja, Suzuki Splash dibekali dengan fitur Immobilizer dan Side Impact Beam dalam membantu memparkirkan kendaraan. Sementara, untuk Suzuki Swift tersedia fitur keselamatan berstandar internasional yang tidak berbeda dari Suzuki Splash yakni adanya Dual SRS Airbags , Side Impact Beam, Seatbelt, serta terdapat pula pengereman ABS dan EBD. Fitur keunggulan lainnya, yakni terdapat teknologi TECT (Total Effective Control Technology) pada Suzuki Swift dimana dapat berfungsi sebagai menyerap getaran saat terjadi benturan. Serta terdapat pula fitur Keyless Push Start yang gunanya memudahkan dalam menyalakan mesin.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Suzuki Splash

Suzuki Swift

Mesin

Tipe Mesin K 12 M engine with DOHC, 4, in-line K14B, DOHC, VVT
Isi Silinder 1,197 cc 1,372 cc
Diameter x Langkah 73.0 x 71.5 mm 73,0 x 82,0 mm
Daya Maksimum 85/6.000 rpm 95PS/6.000 rpm
Torsi Maksimum 113/4.500 rpm 130Nm/4.000rpm
Sistem Kemudi Electronic Power Steering Electric Power Steering (EPS)
Radius Putar 4,7 m 5.2 m
Sistem bahan bakar Injection Multipoint Injection
Kapasitas Tangki 43 litres 42 L

Dimensi

P x L x T 3.715 x 1680 x 1.618 mm 4,115 x 1,700 x 1,475 mm
Jarak Poros Roda 2,360 mm 2.430 mm
Jarak Pijak depan 1,470 mm 1.480 mm
Jarak Pijak belakang 1,480 mm 1.485 mm
Jarak Terendah 170 mm 140 mm
Berat 1,430 kg 1.480 kg

Sasis

Transmisi 6 Speed MT / 4 Speed AT 5-Speed Manual / 4-Speed Automatic
Suspensi Depan McPherson Strut & Coil Spring McPherson Strut & Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam & Coil Spring Torsion Beam & Coil Spring
Rem Depan Ventilated disc Ventilated Disc
Rem Belakang disc Drum
Ukuran ban 185/60 R15 185/55 R16

Fitur

Kenyamanan
  • On Dash Gear-Shift Control
  • Kursi Belakang Dapat di lipat 60:40
  • Head Room
  • Leg Room
  • Integrated Audio System : Radio, CD, MP3, & USB
  • AC
  • Power Window Depan
  • Power Window- Belakang
  • Pemanas
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
  • Kursi Lipat Belakang
  • Cup Holder – depan
  • Bottle Holder
Keamanan
  • Power Window & Central Lock
  • Side Impact Beam
  • Immobilizer & Alarm
  • ABS + EBD
  • Childproof Door Lock
  • Airbag Penumpang Depan
  • Anti Theft Device
  • Alarm Mobil
  • Engine Immobilizer
  • Anti Lock Braking System
  • Kantong Udara Pengemudi

Harga Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Harga Suzuki Splash VS Suzuki Swift

Suzuki Splash

Suzuki Swift

Tipe Harga Tipe Harga
New Splash Manual Rp168.000.000 Suzuki Swift GX 1.4 M/T Rp211.500.000
New Splash Matik Rp180.000.000 Suzuki Swift GX 1.4 A/T Rp220.500.000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Suzuki Splash VS Suzuki Swift berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=qovM-R29KB8

Artikel terkait: Suzuki Swift VS Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX king Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Honda CBR 150 vs Yamaha R15 Indonesia Review 2018

Grand Max Pick Up Indonesia Review 2018

8 pemikiran di “Suzuki Splash VS Suzuki Swift Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar