Suzuki Swift vs Mazda 2 Indonesia Review 2018

Suzuki Swift vs Mazda 2

Suzuki Swift vs Mazda 2 Indonesia Review 2018– Maraknya popularitas mobil hatchback nampaknya semakin diminati di pangsa Tanah Air. Hal tersebut dibuktikan dengan persaingan antar pabrikan mobil di segmen ini yang semakin sengit. Tak terkecuali persaingan otomotif antara Suzuki Swift dengan Mazda 2. Sama-sama mengusung konsep mobil hatchback, kedua mobil pabrikan asal negeri sakura ini memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri di tiap-tiap sektornya. Untuk itu, tim MobilMewah akan memberikan review seputar spesifikasi Suzuki Swift dan Spesifikasi Mazda 2, khusus untuk anda. Simak uraian kami berikut ini.

Eksterior Suzuki Swift vs Mazda 2

Eksterior Suzuki Swift

Suzuki SwiftJargon “More Swift, More Sporty” yang disematkan pada mobil hatchback pabrikan Suzuki ini, nampaknya memang sangat tepat. Pasalnya, mobil ini mengusung konsep mobil yang sporty, sehingga aura stylish yang ada pada mobil ini pun semakin terpancar. Tampilan sporty yang melekat pada city car ini berhasil menampik paradigma yang selama ini berlaku bahwa small hatchback tak melulu harus serba minimalis dan kaku.

Pada sisi depannya, mobil ini memberikan persembahan headlmap reflektor dengan aksen runcing yang ditempatkan di ujung kap mesin. Selain itu, front grill pada bagian depan mobil ini pun dibalut dengan aksen yang baru namun tetap terlihat sederhana. Secara keseluruhan baik pada tipe GS maupun GX, Spesifikasi Suzuki Swift ini masih sama seperti generasi sebelumnya. Tampilan berbeda yang cukup garang akan anda jumpai pada New Suzuki Swift Sport yang memang mengusung tema sport small hatchback. Tak hanya itu, perbedaan lain akan terlihat pada bagian grill yang seakan menyatu dengan grill bagian bawah dengan aksen horizontal di tengahnya. Foglamp pada Suzuki Swift Sport juga dibalut dengan semacam cover yang melindungi lampunya.

Eksterior Suzuki SwiftBeralih ke sisi kanan dan kirinya, tampilan body mobil ini terlihat elegan dengan adanya kombinasi fender dan siluet yang tajam pada huruf U sebagai identitas khas All New Swift. Sedangkan, pada sektor buritan spesifikasi Suzuki Swift ini menghadirkan tampilan yang lebih dinamis melalui desain body belakang yang dirancang lebih gagah dengan stoplamp yang ditempatkan mengikuti garis lekuk body belakangnya. Selain itu, aura stylish juga terpancarkan dari tail gate spoiler pendek dan rear wiper pada kaca belakang.

Terakhir, desain New Swift disempurnakan dengan penempatan spion elektrik yang menyatu dengan lampu seinnya. Intinya secara keseluruhan, spesifikasi Suzuki Swift pada sisi eksterior memang didominasi oleh desain city car khas Benua biru di mana desainnya cenderung boxy dan tak banyak lekukan tajam.

Eksterior Mazda 2

Mazda 2Beralih ke spesifikasi Mazda 2. Kita awali dengan membahas penempatan headlamp multireflektornya yang cantik. Kemudian, konsistensi desain KODO khas pada Mazda yang membalut body Mazda 2 ini membuat tampilannya semakin dinamis. Jika dicermati lebih dalam, headlamp Mazda 2 ini mengusung gabungan teknologi tipe proyektor dan parabola yang menggunakan lampu berjenis LED plus LED DR. Selain tampilannya yang apik dan elegan, pencahayaan mobil ini pun bekerja dengan sangat maksimal. Jika dicermati dari depan, Mazda 2 ini dirancang dengan harmonisasi grill depan berbentuk segitiga terbalik yang dibalut dengan bingkai berkasen krom.

Sementara, untuk foglampnya sesuai dengan spesifikasi Mazda 2, dirancang dengan desain yang ergonomis ditambah dengan siluet teardrop, dipadu dengan bumper sporty yang mengikuti garis body bagian depannya. Berlanjut ke bagian samping, secara umum city car mengaplikasikan siluet dinamis yang terinspirasi dari gerakan cheetah yang sangat menggambarkan desain hatchback masa kini.

Mazda 2Terakhir untuk bagian belakang, spesifikasi Mazda 2 diciptakan dengan desain yang atletis. Sektor buritan mobil ini juga sangat kental dengan aura sporty. Dimana untuk stoplamp sudah menggunakan teknologi rear combination lamps yang  disempurnakan dengan lampu belakang berbentuk horizontal melebar hingga pintu bagasi. Secara garis besar, jika melirik tampilan eksterior pada spesifikasi Mazda2 ini, sangat jelas bahwa  mobil ini menawarkan sisi keindahan tampilan dengan aura hatchback modern yang sangat terasa. Ditambah lagi dari setiap detail desain depan hingga belakang menyuguhkan desain yang solid dan saling terhubung.

Interior Suzuki Swift vs Mazda 2

Interior Suzuki Swift

Dashboard Suzuki SwiftKesan mewah akan langsung kita rasakan saat memasuki kabin hatchback keluaran Suzuki ini. Kemewahan kabin Suzuki Swift ini terasa berkat adanya dominasi kelir hitam dan aksen silver. Beranjak ke bagian dashboard, sektor ini didesain dengan tidak banyak cluster, hanya speedometer dengan ga khas Suzuki Swift saja. Lanjut ke lini kemudi, dashboard pada lini kemudi pun dilengkapi dengan panel instrumen yang sangat lengkap, seperti High-Grade Meter Cluster dan juga Multi Information Display yang dirancang lebih sporty. Selain itu, dilengkapi juga oleh MID Digital Display dengan fitur indikator jam, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar hingga suhu di luar kabin. Ditambah lagi dengan panel operasional AC dan panel Advanced Audio Equipment yang sudah disempurnakan pada dashboard Suzuki Swift.

Interior Suzuki SwiftBeralih ke kabin penumpang, sektor ini pun dirancang dengan material berkualitas tinggi dengan desain yang ergonomis serta dilengkapi dengan Seat Height Adjuster yang berfungsi untk mengatur kenyamanan saat duduk. Terakhir, di sektor bagasi. Bagasi mobil ini memang tak terlalu luas seperti mobil hatchback pada umumnya. Meski demikian, kabin mobil ini cukup untuk menampung lima orang.

Interior Mazda 2

Dashboard Mazda 2Tak kalah menarik dengan sisi eksterior nya, sektor interior pada Mazda 2 pun sama-sama menampilkan sisi hatchback yang sangat stylish. Pasalnya, dashboard pada mobil ini memiliki komposisi materia mewah serta detail warna yang elegan sesuai spesifikasi Mazda 2. Pada sektor lini kemudi, Anda akan dimanjakan oleh panel speedometer futuristik bergaya user friendly. Kesan racing akan terasa begitu anda memandang panel speedometer ini. Beragam informasi pengemudian nampak jelas pada panel instrumen dengan perpaduan desain karakter sporty. Lingkar takometer analog pada bagian tengah dengan dua display digital berbentuk sayap futuristik di sisi kiri dan kanannya. Pada lini kemudi Mazda 2 juga terdapat tombol Drive Selection.

Interior Mazda 2Dengan tombol pilihan tepat berada di belakang tuas transmisi, pengemudi dapat dengan leluasa dan cepat mengubah performa pengemudian dari normal menjadi sport mode, kapan saja anda inginkan. Tidak hanya itu, pada kabin kemudi Mazda 2 juga terdapat panel Transmission Lock yang akan memudahkan anda saat ingin memarkir kendaraan dengan mudah.

Anda juga bisa menikmati kemudahan dalam mengontrol transmisi menggunakan tombol (+) dan (-) di balik kemudi, tanpa menggangu konsentrasi anda saat berkendara, karena pada Mazda 2 sudah dilengkapi dengan tombol Paddle Shift. Pada kabin kemudi mobil ini juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern canggih lainnya. Misalnya, Climate Control AC, Aux In serta USB Connector yang sudah terintegrasi dengan perangkat iPod, serta ada juga fitur khas Mazda, yakni MZD Connect dan Commander Control. Tak ketinggalan pula, di bagian kabin depan Mazda 2 juga sudah terpasang Active Driving Display sehingga informasi krusial dapat dengan mudah anda pantau tanpa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Dimensi Suzuki Swift vs Mazda 2

Bicara soal dimensi, Suzuki Swift memiliki dimensi panjang 3.850 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Serta memiliki ukuran ground cleanrance sebesar 140 mm. Ditamabah dengan mengusung konsep rangka dengan dukungan suspensi MacPherson pada bagian depannya dan pada suspensi belakang, didukung oleh suspensi jenis Torsion Beam. Berbeda dengan  Mazda 2, Mazda 2 Sedan ini memiliki ukuran body panjang yakni  4,060mm, lebar 1,695 mm dan 1,495 mm dengan bobot mencapai 1,025 kg untuk Mazda 2 tipe standar dan 1,038 kg untuk Mazda 2 tipe Limited Edition. Tidak hanya itu, terdapat jarak poros roda dengan jarak 2,570 mm dan jarak terendah dari tanah 152 mm. Untuk menyempurnakan berkendara, maka Mazda 2 Sedan ini memasangkan suspensi jenis SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut pada bagian depan dan pada bagian belakang memasangkan suspensi jenis SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam.

Mesin Suzuki Swift vs Mazda 2

Mesin Suzuki Swift

Mesin Suzuki SwiftSuzuki Swift terbaru ini  menyematkan mesin bertema K-series yang akan menghasilkan tenaga lebih dan efisien dalam pemakaian bahan bakar. Mesin ini adalah K148 DOHC berfitur VVT, 16 katup dengan 4 silinder, sementara untuk isi silinder berkapasitas 1372 cc. Dengan mesin tersebut maka tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 95 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsinya maksimumnya sebesar 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Untuk sistem penuplai bahan bakarnya menggunakan teknologi Multipoint Injection dimana akan mendongkrak performa lebih baik, serta kapasita tangki yang tersedia sebesar 42 Liter.

Mesin Mazda 2

Mesin Mazda 2Mengenai dapur pacunya, Mazda 2 menggunakan mesin berkode MZR, 4-silinder, DOHC, 16 valve berteknologi sequential valve timing (S-VT) dan electronic throttle control (ETC) dengan kapasitas mesin 1.496 cc. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 81 (110) pada putaran 6,000 dan torsi maksimum mencapai 141 (14.37) pada putaran 4.000 rpm. Daya tersebut akan disalurkan ke transmisi SKYACTIV-MT 6-speed manual. Pada sistem bahan bakarnya memakai teknologi Electronically Controlled Direct Injection.

Tabel Spesifikasi Suzuki Swift vs Mazda 2

Spesifikasi Suzuki Swift VS Mazda 2

Suzuki Swift

Mazda 2

Mesin

Tipe Mesin K14B DOHC, VVT SKYACTIV-G 1.5L
Isi Silinder 1.372 cc 1.496 cc
Diameter x Langkah 73,0 x 82,0 mm 74.5 X 85.8 mm
Daya Maksimum 95 PS/6.000 rpm 110/6,000 rpm
Torsi Maksimum 130 Nm/4.000 rpm 14.3 Nm/4.000 rpm
Sistem Kemudi Electronic Power Steering Electronic Power-Assisted Steering
Radius Putar 5.2 m 4.7 m
Sistem bahan bakar Multipoint Injection Electronically Controlled Direct Injection
Kapasitas Tangki 42 litres 44 L

Dimensi

P x L x T 3.850 x 1.695 x 1.510 mm 4.060 x 1.695 x 1495 mm
Jarak Poros Roda 2.430 mm 2.570 mm
Jarak Pijak depan 1.480 mm 1.495 mm
Jarak Pijak belakang 1.485 mm 1.485 mm
Jarak Terendah 140 mm 152 mm
Berat 1.480 kg 1.025 kg

Sasis

Transmisi 6 Speed MT / 4 Speed AT 6-Speed Manual & AT
Suspensi Depan McPherson Strut & Coil Spring MacPherson sturt
Suspensi Belakang Torsion Beam & Coil Spring Torsion beam
Rem Depan Ventilated disc Ventilated Disc
Rem Belakang disc Solid Disc
Ukuran ban 185/55 R16 185/60R16

Fitur

Kenyamanan
  • Digital w/ Trip Computer
  • Central Door Lock
    Head Unit : Panel Touch screen
  • Speaker : 4 Main Speaker (Fr / Rr Door) + 2 Tweeter
  • USB + AUX
  • Power Window
  • Air Conditioner
  • Stop Button Engine
  • AC
  • Drive Selection Switch- Sport Mode
  • Power steering
  • Keyless start/stop system
  • Smart keyless sntry system
  • Automatic Headlights Control
  • Cabin Light Illumination
  • Sistem Navigasi
Keamanan
  • ABS + EBD
  • Keyless Entry
  • Seat Belt (front)
  • Seat Belt (rear)
  • Parking Sensor
  • Alarm System
  • Auto Lock System
  • Airbags
  • Headlamps
  • Frontfoglamp
  • Reverse Camera
  • Reverse Parking Sensors
  • EBD (Electronic Brake Distribution)
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
  • Alarm

Harga Suzuki Swift VS Mazda 2

Harga Suzuki Swift VS Mazda 2

Suzuki Swift

Mazda 2

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Suzuki Swift GX 1.4 M/T Rp218.500.000- Harga Mazda 2 R M/T Rp263.300.000,-
Harga Suzuki Swift GX 1.4 A/T Rp225.500.000- Harga Mazda 2 R A/T Rp273.700.000,-
Harga Mazda 2 GT A/T Rp310.300.000,-

Artikel terkait: Suzuki Splash VS Suzuki Swift Indonesia Review 2018

Suzuki Swift VS Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Mazda 2 sedan vs Toyota Yaris Sedan Indonesia Review 2018

22 pemikiran di “Suzuki Swift vs Mazda 2 Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar