Suzuki Swift VS Toyota Yaris Indonesia Review 2018

Suzuki Swift vs Toyota Yaris

 

Suzuki Swift VS Toyota Yaris Indonesia Review 2018– Jalan raya yang semakin padat, membuat mobil jenis hatchback makin diminati karena kegesitannya dalam bermanuver. Hal tersebut berbanding lurus dengan angka penjualan mobil dengan tipe hatchback, selain bodynya yang ramping akan dengan ebih mudah dikendalikan. Mobil jenis hatchback ini juga didesain dengan desain interior dan eksterior yang tak kalah elegan ditambah dengan sisi ekonomis baik dari segi harga penjualan ataupun dalam mengkonsumsi bahan bakar. Hal tersebut seperti yang terjadi pada mobil Suzuki Swift dan Toyota Yaris yang banyak dilirik masyarakat. Bagi anda yang tertarik untuk memiliki salah satu dari kedua mobil ini, simak ulasan mengenai review perbandingan antara Suzuki Swift dan Toyota Yaris.

Eksterior Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Eksterior Suzuki Swift

Suzuki SwiftAura sporty terpancar dari kedua mobil ini, terlihat dari tampilan depan Suzuki Swift yang di desain lebih stylish lewat headlamp reflektor beraksen runcing yang diletakkan di ujung kap mesin. Dan pada  front grill bagian Swift juga tampil dengan aksen baru. Secara umum, desain muka Swift untuk tipe GS dan GX memang masih serupa, termasuk penempatan fog lamp dengan bingkai stylish pada ujung bawah kanan dan kiri.

Eksterior Suzuki Swift

Tampilan luar Suzuki Swift sedikit mengalami perubahan untuk tipe sport terutama pada bagian grill yang terlihat menyatu dengan grill bagian bawah dengan aksen horizontal di tengahnya. Beralih ke sisi samping, Suzuki swift memang memiliki tampilan yang sangat stylish lewat tail gate spoiler pendek dan penggunaan rear wiper untuk kaca bagian belakang.

Eksterior Toyota Yaris

Eksterior Toyota YarisSecara sepintas antara Suzuki Swift dan Toyota Yaris memiliki ukuran yang hampir sama, hanya saja Toyota Yaris sedikit  lebih panjang dan memiliki ukuran kaki–kaki yang agak lebih besar. Sementara, untuk desain eksterornya, maka kita akan mendapati desain ekterior Toyota Yaris tampil lebih sporty dan aerodinamis. Hal ini nampak pada penggunaan headlamp dengan model lebih sipit, tajam, dan  memanjang ini juga lebih terlihat sangar. Headlamp Toyota Yaris sendiri langsung terhubung dengan desain front grille bercorak hitam doff dan minimalis.

Interior Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Interior Suzuki Swift
Dashboard Suzuki Swift

Pada interior dari Suzuki Swift memiliki interior yang baik, terbukti dari tampilan ruang kabin yang eksklusif. Dengan nuansa hitam yang mendominasi, suzuki swift hadir dengan dashboard yang sederhana namun elegan, dimana terdapat odometer dengan gaya yang sama dari Suzuki Swift versi terdahulu. Lalu panel yang terdapat di dashboard juga sudah dilengkapi dengan panel instrumen lengkap, mulai dari High-Grade Meter Cluster danMulti Information Display yang didesain lebih sporty.

Interior Suzuki Swift

Dashboard Suzuki Swift juga didukung oleh MID Digital Display dengan fitur indikator jam, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar hingga suhu di luar kabin. Kualitas kursi Suzuki Swift pun dibalut dengan kualitas yang baik dan didesain lebih ergonomis karena dilengkapi dengan Seat Height Adjuster untuk kenyamanan posisi tubuh.

Interior Toyota Yaris

Dasboard Toyota YarisSementara, pada interiornya Toyota Yaris memiliki nuansa yang sporty dengan hadirnya speedometer dengan lampu yang lebih terang serta cluster yang menyajikan informasi lebih atraktif. Selain itu, perbedaan juga bisa kita dapati pada desain jok di depan dan dibelakang. Jok pada Toyota Yaris dibuat oleh perancangnya dengan kesan sporty dan independen.

Interior Toyota YarisDitambah lagi dengan adanya fitur Advanced Information & Entertainment System yang terdapat pada layar touchscreen yang bertujuan sebagai penunjuk jalan. Fitur ini juga bisa digunakan untuk melihat dan memilih lagu yang disukai oleh pemiliknya. Perlu digaris bawahi juga mobil ini memiliki fitur Steering Wheel with Audio Switches. Fitur ini sangat membantu bila mana ingin mengganti lagu tak harus beralih karena semua sudah terintegrasi dengan tombol yang bisa Anda temui pada setir kemudi.

Dimensi Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Suzuki memiliki dimensi panjang 3.850 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Serta memiliki ukuran ground cleanrance sebesar 140 mm. Suzuki Swift dan Toyota Yaris mengusung konsep rangka dengan dukungan suspensi MacPherson pada bagian depannya dan pada suspensi belakang, didukung oleh suspensi jenis Torsion Beam. Adanya perubahan pengaturan dimensi mobil yang dilakukan Toyota, membuat mobil ini terlihat lebih panjang dari Toyota Yaris versi sebelumnya. Toyota Yaris versi terbaru memiliki panjang 4115 mm, lebar 1700 mm, dan tinggi 1475 mm. Toyota Yaris terbaru memiliki ground clearance atau jarak dengan tanah yang lebih rendah, yaitu 149 mm.

Mesin Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Mesin Suzuki Swift

Mesin Suzuki SwiftSuzuki Swift terbaru ini  menyematkan mesin bertema K-series yang akan menghasilkan tenaga lebih dan efisien dalam pemakaian bahan bakar. Mesin ini adalah K148 DOHC berfitur VVT, 16 katup dengan 4 silinder, sementara untuk isi silinder berkapasitas 1372 cc. Dengan mesin tersebut maka tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 95 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsinya maksimumnya sebesar 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Untuk sistem penuplai bahan bakarnya menggunakan teknologi Multipoint Injection dimana akan mendongkrak performa lebih baik, serta kapasita tangki yang tersedia sebesar 42 Liter.

Mesin Toyota Yaris

Mesin Toyota YarisMesin yang digunakan oleh Toyota Yaris yakni mesin bertipe IL 4 Cyl V DOHC VVT-i dengan isi silinder 1496 cc. Dengan mesin tersebut, maka dapat menghasilkan tenaga sebesar 107 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, dan akan menghasilkan torsi maksimum mencapai 14,4 Kgm pada putaran mesin 4.200 rpm. Toyota Yaris ini menyediakan 2 pilihan transmisi yaitu transmisi manual 5 kecepatan dan transmisi otomatis 4 kecepatan. Sistem bahan bakarnya,  yakni  EFI yang akan sangat efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, serta kapasitas tangki yang tersedia sama dengan Suzuki Swift yakni sebesar 42 Liter.

Fitur Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Pada bagian speedometer, Suzuki Swift menyediakan fitur digital dan analog yang dapat memberikan informasi seputar kecepatan RPM, Petunjuk jarak tempuh, indikator BBM dan lainnya. Suzuki Swift juga memberikan fitur-fitur hiburan seperti panel layar Touchscreen, USB, dan pemutar video atau musik. Sementara pada Toyota Yaris terdapat fitur dual SRS airbags yang si sertai 3 point saetbelt dengan potensioner dan force limiter dimana fungsinya dalam melindungi pengemudi maupun penumpangnya agar terhindar dari benturan. Selain itu, terdapat fitur keamanan berupa pengereman ABS dan EBD, serta Immobilizer key.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Suzuki Swift

Toyota Yaris

Mesin

Tipe Mesin K14B DOHC, VVT D13A, DDiS, DOHC, SHVS
Isi Silinder 1.372 cc 1,496 cc
Diameter x Langkah 73,0 x 82,0 mm 72.5 X 90.5 mm
Daya Maksimum 95 PS/6.000 rpm 107/6,000 rpm
Torsi Maksimum 130 Nm/4.000 rpm 14.3/4,200 rpm
Sistem Kemudi Electronic Power Steering Electric  Power Steering (EPS)
Radius Putar 5.2 m
Sistem bahan bakar Multipoint Injection EFI
Kapasitas Tangki 42 litres 42 L

Dimensi

P x L x T 3.850 x 1.695 x 1.510 mm 4,115 x 1,700 x 1,475 mm
Jarak Poros Roda 2.430 mm 2,550 mm
Jarak Pijak depan 1.480 mm 1,470 mm
Jarak Pijak belakang 1.485 mm 1,460 mm
Jarak Terendah 140 mm 149 mm
Berat 1.480 kg

Sasis

Transmisi 6 Speed MT / 4 Speed AT 5-Speed Manual
Suspensi Depan McPherson Strut & Coil Spring MacPherson sturt
Suspensi Belakang Torsion Beam & Coil Spring Torsion beam
Rem Depan Ventilated disc 14” Ventilated Disc
Rem Belakang disc Drum
Ukuran ban 185/55 R16 185/60R15

Fitur

Kenyamanan
  • Digital w/ Trip Computer
  • Central Door Lock
    Head Unit : Panel Touch screen
  • Speaker : 4 Main Speaker (Fr / Rr Door) + 2 Tweeter
  • USB + AUX
  • Power Window
  • Air Conditioner
  • Stop Button Engine
  • AC
  • Power Window Depan
  • Power Window- Belakang
  • Pemanas
  • Adjustable Seats
  • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
  • Power steering
  • Kursi Lipat Belakang
  • Cup Holder – depan
  • Bottle Holder
Keamanan
  • ABS + EBD
  • Keyless Entry
  • Seat Belt (front)
  • Seat Belt (rear)
  • Parking Sensor
  • Alarm System
  • Auto Lock System
  • Kantong Udara Pengemudi
  • Airbag Penumpang Depan
  • Child Safety Locks
  • Anti Lock Braking System
  • EBD (Electronic Brake Distribution)
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
  • Crash Sensor

Harga Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Harga Suzuki Swift VS Toyota Yaris

Suzuki Swift

Toyota Yaris

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Suzuki Swift GX 1.4 M/T Rp211.500.000- Harga Toyota Yaris E M/T Rp232.400.000-
Harga Suzuki Swift GX 1.4 A/T Rp220.500.000- Harga Toyota Yaris E CVT Rp244.200.000-
Harga Toyota Yaris G M/T Rp240.700.000-
Harga Toyota Yaris G CVT Rp251.700.000-
Harga Toyota Yaris S M/T TRD Rp262.600.000-
Harga Toyota Yaris S CVT TRD Rp274.400.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Suzuki Swift VS Toyota Yaris berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=NQKjWrISnOk

Artikel terkait: Honda HRV vs Honda Jazz Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Honda CBR 250 vs Kawasaki Ninja 250 Indonesia Review 2018

Toyota Sienta VS Toyota Avanza Veloz Review Indonesia 2017

15 pemikiran di “Suzuki Swift VS Toyota Yaris Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar