Tips Membeli Isuzu Panther Bekas

Isuzu Panther

Tips Membeli Isuzu Panther Bekas- Memang seluruh produk Isuzu seakan memiliki magnet yang kuat dalam menarik minat pecinta kendaraan khususnya yang bermesin diesel. Selain itu, ketangguhannya sudah teruji di jalanan manapun sehingga banyak pecinta atau komunitas dari produk Isuzu dari tipe panther hingga pecinta truk ataupun ELF minibusnya. Nah, jika Anda berminat atau tertarik untuk membeli mobil diesel yang tangguh ini namun belum memiliki dana yang cukup. Anda dapat memilih untuk membeli mobil bekasnya. Namun, khusus Isuzu Panther Anda pun perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membelinya. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Isuzu Panther bekas

1. Periksa surat-surat mobil

Pertama kali, ada baiknya memperhatikan hal ini yang utama. Jika Anda ingin membeli kendaraan baik motor maupun mobil sebaiknya wajib memeriksa kelengkapan surat-suratnya. Janngan sampai mobil yang Anda beli merupakan hasil dari mobil tindak kriminal atau curian, hal ini nantinya dapat mengundang masalah dikemudian hari.

2. Cek kondisi body exterior

Isuzu PantherMobil yang dijual dalam kondisi bekas tentu akan memperlihatkan cat pada body yang tidak sepenuhnya sempurna. Untuk itu, ada baiknya mengecek body dengan melihat apakah ada bagian yang cacat. Untuk itu, ada baiknya Anda mengecek kondisi ekterior mobil terlebih dahulu. Begitu pun pada bagian kolong mobil, yang biasanya terdapat banyak karat untuk mobil Isuzu Panther bekas ini mulai dari karat yang biasa (tipis) hingga korosi parah yang mungkin saja sebentar lagi besinya akan putus dan atau terjadi hal lainnya.

3. Cek kondisi understeel

Untuk mobil Isuzu Panther bekas yang sering kali mengalami kerusakan yakni pada bagian shock absorber yang bocor, bushing pegas daun atau leaf spring yang sudah aus, bushing strut bar dan stabilizer yang sobek atau bahkan hilang tak berbekas, bushing vulcrum yang rusak, ball joint yang rusak atau imitasi. Rusaknya beberapa bagian understeel selain menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara, juga akan menimbulkan suara berisik yang amat sangat mengganggu. Sebaiknya, Anda juga harus mengecek kampas rem juga ya.

4. Cek kebocoran oli, seal oli

Untuk kendaraan diesel Isuzu Panther, bagian yang sering mengalami kebocoran oli adalah pada bagian seal oil pan. Untuk mengeceknya, Anda dapat melihatnya ke bagian bawah kolong mobil. Anda juga harus teliti saat mengeceknya sebab biaya perbaikan kebocoran cukup mahal dan juga kemungkinan harus mengganti part nya. Hal ini akan lumayan dalam menguras isi kantong Anda. Kebocoran oli biasanya juga dapat terjadi pada bagian mesin dan juga bagian gearbox.

5. Cek kinerja engine

mesin isuzu pantherJangan lupa juga untuk mengecek bagian terpenting dari sebuah kendaraan yakni mesinnya. Hal yang dapat dilakukan, Anda dapat meminta penjual untuk menyalakan mesin dan mendengarkan suaranya berisik atau normal. Anda harus tahu bedanya antara berisiknya mesin diesel yang normal dengan yang abnormal sebab sekilas memang terdengar sama namun pada dasarnya berbeda. Untuk itu, silahkan Anda meminta bantuan orang yang mengtahui betul akan kondisi mesin yang bagus.

6. Periksa kondisi mesin turbo

Biasanya bagian ini jarang sekali mengalami kerusakan, namun ada baiknya Anda memeriksa komponen kondisi mesin turbo. Sebab jika terjadi kerusakan harga baru dari komponen ini sangat mahal sekali.

7. Uji fungsi masing-masing komponen mobil

Mengecek fungsi dari masing-masing bagian juga perlu seperti nyala lampu mobil, fungsi wiper, powersteering, klakson. Dicek pula radiatornya baik atau tidak, perseneling bagus atau bahkan bermasalah susah berpindah gigi. Anda juga bisa meminta untuk mengujinya di jalanan dengan penjualnya untuk mengetahui hal ini.

Lihat juga Isuzu Panther Indonesia Review 2018

8. Bawalah ke bengkel

Jika kalian malas untuk melakukan pengecekan Anda dapat membawa unit sesuai perjanjian dengan penjualnya. Tentunya untuk dibawa ke bengkel langganan atau kepercayaan Anda guna melakukan pengecekan seluruh bagian mobil. Biaya pengecekan dapat dikatakan masih murah karena tidak sampai 100 ribu rupiah atau mungkin hanya 50 ribu saja.

Otofreakers harus benar-benar teliti bila memutuskan memilih membeli mobil bekas Isuzu Panther atau apapun mobil bekasnya lainnya. Sebab, jika Anda hanya tergiur dengan harganya yang murah namun ketika sudah dibeli terdapat masalah dikemudian hari pasti akan sangat mengecewakan dan bisa saja menguras isi kantong. Harga mobil Isuzu Panther bekas juga masih tergolong sangat mahal.

Lihat info lainnya disini!