Tips Membersihkan Jok Mobil Berbahan Beludru

Tips Membersihkan Jok Mobil Berbahan Beludru- Kebersihan jok mobil mempengaruhi kenyamanan saat berkendra. Jok yang kotor akan membuat penumpangnya merasa tidak nyaman seperti mencium bau tidak sedap atau merasa gatal karena adanya debu yang menempel. Sebaiknya, Anda sebagai pemilik kendaraan memperhatikan juga interior mobil Anda. Kebersihan interior memang perlu diperhatikan namun tidak semua material interior mobil bisa mendapatkan perawatan yang sama.

Ada beberapa material yang harus mendapat perhatian khusus dalam hal perawatannya. Seperti masalah material jok mobil yang berbahan beludru, memang terlihat mudah membersihkannya, namun perawatan yang asal bisa saja akan merusak jok mobil berbahan beludru tersebut. Nah, untuk itu kali ini kita akan memberikan beberapa tips cara membersihkan jok mobil berbahan beludru. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

1. Sedot Debu

Sedot DebuPertama, Anda dapat memulai membersihkan permukaan jok mobil dengan menyedot debu di seluruh permukaan bagian dengan menggunakan vacum cleaner. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa kotoran yang menempel bisa terangkat bersih sehingga tidak terlarut bila nantinya dibersihkan dengan cairan pembersih.

 

 

2.   Bersihkan Dengan Kain

Langkah selanjutnya yakni dengan membersihan noda dengan cairan pembersih jok. Semprotkan cairan pembersih pada noda, lalu diamkan skitar 1 sampai 2 menit agar cairan dapat meresap dengan baik. Selanjutnya, gosok perlahan dengan gerakan memutar menggunakan kain yang lembut agar noda terangkat. Gantilah bilamana permukaan kain pembersih yang digunakan pertama sudah cukup kotor.

3.   Gunakan Sikat Lembut

Jika noda masih juga tersisa, bersihkan jok secara perlahan menggunakan sikat yang lembut, Anda bisa memanfaatkan ujung sikat gigi yang lembut.  Khusus, untuk kain jok berbahan beludru perhatikan arah sikatannya. Sebaiknya, coba terlebih dahulu sedikit saja arahkan sikatan. Jika bulu beludru menjadi tegak berarti arah yang Anda lakukan salah. Maka dari itu, Anda harus mengubah arah sikat menjadi kebalikan.

4.    Pengeringan

Terakhit, gunakan lap kering untuk menyerap cairan yang tersisa dan untuk mengeringkan kain permukaan jok yang masih lembab agar nantinya tidak menimbulkan bau apek. Anda juga dapat menggunakan alat pengering rambut sebagai langkah terakhir dalam proses membersihkan jok mobil berbahan beludru.

Nah itulah tips bagaimana cara membersihkan Jok berbahan beludru, semoga beberapa langkah tips di atas dapat membantu Anda dalam merawat jok berludru, terlebih jika memang jok kendaraan yang Anda miliki memang berbahan beludru.

Tinggalkan sebuah komentar