Tips Memilih Helm Motor Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Memilih Helm Motor Yang Sesuai Dengan Kebutuhan- OtoFreakers pengendara sepeda motor? Sudah menjadi perlengkapan yang wajib di miliki bagi para pengendara maupun penumpang sepeda motor adalah helm. Penggunaan helm bukan hanya semata-mata mematuhi peraturan, namun juga menjaga diri apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan benturan pada kepala.

Dengan demikian, peran helm untuk pengguna sepeda motor sangatlah penting. Pengguna sepeda motor harus memiliki helm yang nyaman dipakai agar tidak mengganggu penglihatan maupun pendengaran nantinya. Berikut kami berikan tips memilih helm yang sesuai dengan kebutuhan OtoFreakers!

 

1. Helm Berstandar SNI

Ketika memilih helm, pastikan helm mempunyai label SNI karena proses produksinya terjamin baik. Selain itu, adanya label SNI pada helm menunjukkan kualitasnya telah mematuhi standar aman yang sesuai dengan aturan.

Namun, jika OtoFreakers memilih helm yang tidak berlabel SNI, OtoFreakers harus tetap memperhatikan label lainnya. Contohnya adalah adanya label DOT (Department Of Transportation) atau Snell (Snell Memorial Foundation). Kedua label tersebut merupakan standar pada helm yang digunakan untuk pasaran di Amerika Serikat.

2. Pilih Ukuran Yang Sesuai Dengan Kepala

Ketika datang ke tempat penjualan helm, OtoFreakers akan ditawarkan dengan berbagai ukuran yang ada dari S-XL. OtoFreakers harus memilih ukuran yang sesuai dengan kepala. Apabila sampai salah memilih ukuran, akan mengganggu konsentrasi dalam berkendara nantinya. Bahkan, jika helmnya kekecilan, kepala OtoFreakers akan tertekan dan akan terasa pusing nantinya.

 

3. Pilih Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Jenis helm yang ditawarkan para penjual pun memiliki fungsi masing-masing yang berbeda. Apabila OtoFreakers penggemar touring (perjalanan jauh), maka jenis full face menjadi pilihan yang tepat. Berkebalikan full face, half face menjadi pilihan bagi OtoFreakers yang hanya akan berkendara di dalam kota saja.

Helm BlueSnapNamun, apabila melihat dari standar keselamatan, OtoFreakers dianjurkan memilih helm dengan jenis full face. Alasannya adalah, meskipun berkendara dengan jarak dekat, jalanan yang kita lalui bisa saja layaknya jalanan off road sehingga pilih helm full face lebih baik.

Nah, demikian tips untuk memilih helm yang sesuai kebutuhan. Jangan lupa juga, OtoFreakers harus pastikan tali pengikat (strap) pada helm sangat berfungsi dengan baik. Artinya, tali pengikat tidak mudah lepas tapi mudah untuk diatur ketika akan dikuncikan. Jangan sampai tali pengikat malah mencekik dagu, sehingga membuat kita tidak nyaman dalam berkendara.

Untuk informasi ringan lainnya, silakan klik di sini!