Tips Mengatasi Aki Soak Pada Motor

Tips Mengatasi Aki Yang Soak- Mengalami kerusakan aki yang soak bagi sebagian pemilik kendaraan memang sangat menyebalkan. Pasalnya, aki yang rusak atau soak dapat mengakibatkan motor yang mudah sekali mati. Siapa yang disini menginginkan motor tiba-tiba  mati saat di tengah-tengah jalan. Nah, untuk itu kami akan memberikan beberapa tips untuk sahabat oto bagaimana menangani aki motor tidak mudah rusak. Berikut ulasannya.

1. Sebaiknya Tidak Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Susah Dinyalakan

Bagi Anda pemilik kendaraan motor yang sering menggunakan starter elektrik saat menyalahkan motor. Sebaiknya, kali ini gunakan starter manual (engkol) sebagai gantinya.

Starter elektrik dapat Anda gunakan disaat kondisi darurat seperti motor mati mendadak di jalan. Jadi, Anda jangan menggunakan strater elektrik secara paksa dan lebih baik mengurangi menggunakan starter.

2. Minimal 15 Menit Dalam Sehari Nyalakan Mesin Motor

Selanjutnya, ada baiknya sebelum motor dipakai, hal yang dapat Anda lakukan yakni memanaskan motor selamat 15 menit tiap harinya. Hal ini dikarenakan pada bagian dalam aki yang terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) berbahan dasar kalsium timbal (PbCa) yang panas. Selain itu, saat menyalakan motor gunakan starter manual dan jangan dipaksa menggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.

3. Saat Mematikan Motor Usahakan Komponen Kelistrikan Dalam Kondisi Mati

Pastikan komponen kelistrikan pada motor Seperti Headlamp dan Lampu Sign dalam kondisi mati. Hal ini bertujuan saat motor dinyalakan kembali, maka konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar. Jadi, perlu diingat kembali dan dicek pastikan lampu motor sudah dalam keadaan mati disaat Anda hendak mematikan motor Anda.

4. Periksa Ketinggian Cairan Di Dalam Aki

Usahakan ketinggian cairan tidak melebihi batas bawah pada cairan aki. Pasalnya,  Jika sudah mendekati batas bawah, maka yang dapat Anda lakukan yakni dengan menambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas. Cairan di dalam aki yang sudah melebihi batas akan berakibatkan fatal bagi aki motor.

5. Periksa Kondisi Kedua Terminal Aki

Pastikan baut pada bagian sambungan terminal dalam kondisi kencang, serta pastikan juga bahwa tidak adanya kebocoran pada terminal aki. Sebab kebocoran aki akan berbahaya bagi motor. Tidak hanya itu, jika terdapat kelonggaran pada bagian sambungan aki maka akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat listrik pada aki. Jika terdapat kerak putih pada sambungan aki maka, segeralah membasuhnya dengan air panas.

6. Periksalah Kondisi Kiprok Yang Mengalirkan Arus Listrik Menuju Aki

Nah, untuk komponen ini yang berperan dalam regulator untuk menyalurkan listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup dan menyala tidak stabil. Kemungkinan bisa saja terjadi kerusakan pada kiprok dan sebaiknya segera di bawa ke bengkel untuk mengganti kiprok yang rusak.

7. Periksa Kebocoran Pada Bagian Badan Aki

Jika terdapat kebocoran, Anda harus segera menukarkan aki tersebut. Hal ini akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sebab aki mengandung bahan yang beracun dan mudah meledak, maka akan berdampak buruk bagi motor dan keselamatan Anda.

Nah itulah, beberapa tips di atas untuk mengatasi aki motor yang soak atau rusak. Pastinya, memiliki mesin motor yang baik merupakan dambaan bagi semua pemilik kendaraan motor. Maka, selalu merawat motor dan segala komponen di dalamnya agar tetap awet dan prima, serta berguna untuk keselamatan Anda si pengendara.