Tips Mengatasi Motor Mogok Saat Banjir

Tips Mengatasi Motor Mogok Saat Banjir- Musim hujan telah tiba, dan hujan sudah mulai merata di seluruh penjuru Indonesia. Tak sedikit dari kota di Indonesia yang “tenggelam” karena musim hujan di awal tahun ini. Jalanan banjir sering menjadi faktor utama penyebab kemacetan. Memang banjir membuat para pengendara, khususnya sepedah motor merasa takut dan berpikir beberapa kali untuk menerobos genangan air. Kebanyakan dari sobat takut jika kita paksa untuk menerobos air motor akan macet dan mogok.

1.  Cek busi

Ketika motor mogok, Segera cek busi karena biasanya busi jadi basah setelah motor menghajar banjir. Apabila busi basah, sistem pengapian tidak bisa berfungsi sehingga motor tidak akan menyala. Tetapi untuk motor matic akan lebih sulit karena busi ada di dalam body motor.

Setelah mencopot busi, lap hingga kering dan gunakan sikat jika ada. Lubang busi juga perlu dilap agar kering. Selain itu, starter motor dalam keadaan mesin off agar ada dorongan udara dari dalam mesin ke lubang besi. Jika semuanya sudah kering, pasang lagi busi itu. Hati-hati saat memasang busi agar busi tidak rusak.

2. Kuras Air di Knalpot

Lanjut pengecekan knalpot. Knalpot yang terendam air tidak bisa membuang gas sisa pembakaran mesin.Caranya, berdirikan motor dengan standar tengah. Jika bisa, ganjal bagian bawah standar itu dengan batu Lalu tekan sadel bagian belakang sehingga posisi motor seperti terbalik. Kalau sudah yakin air keluar semua, ambil oli sedikit untuk diteteskan ke knalpot biar enggak karatan.

3. Cek Karburator

Lalu tips ketiga, jangan terburu-buru menghidupkan motor dahulu. Setelah selesai mengeringkan busi dan knalpot, cek bagian karburator. Tetapi ini hanya berlaku selain motor matic.  Tanda karburator bermasalah adalah jalan motor seperti tersendat. Biarpun judulnya cek karburator, kita tidak perlu membongkar karburator.Cukup buang air dari karburator dan saluran bahan bakar.Caranya, tutup keran selang bahan bakar yang menghubungkan tangki dengan karburator, kemudian putar baut pembuangan di karburator melawan arah hingga mentok. Dengan begitu, bahan bakar akan keluar.Bahan bakar yang keluar ini udah bercampur air. Jadi tidak bisa dikonsumsi motor. Setelah semua cairan keluar, putar lagi keran saluran itu ke arah sebaliknya

4. Panaskan Motor

Lalu sekarang waktunya menghidupkan motor. Tapi jangan pakai electric starter ya. Tetap pakai kick starter atau memancal tuas starter dengan kaki. Sebelum memposisikan kunci dalam keadaan on, starter motor anda 5 sampai 6 kali. Setelah itu, putar kunci ke posisi on dan pancal lagi.Tapi jangan berhenti, terus pancal sampai mesin hidup. Setelah menyala, biarkan 3 sampai 5 menit agar mesin panas dan siap digeber lagi. Tips di atas berlaku buat motor yang enggak sampai terendam banjir hingga kelelep dengan air.

Bagaimana Otofreakers, perlu di coba kan!