TIPS SAHUR ON THE ROAD ALA OTOFREAK

TIPS SAHUR ON THE ROAD ALA OTOFREAK- Sobat Otofreakers, tidak berasa ya Ramadhan hampir setengah bulan kita menjalaninya. Sobat Otofreakers masih kuat puasa nggak, nih? Berbicara tentang Bulan Puasa tentunya tidak dapat dipisahkan dari tradisi-tradisi masyarakat Indonesia, misalnya Sahur On The Road (SOTR) yang sudah seperti menjadi ritual yang selalu dilakukan.

Kegiatan SOTR ini biasanya diselenggarakan oleh kalangan pemuda, tapi tidak jarang juga orang dewasa pun ikut andil dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan SOTR biasanya kita akan berbagi makanan Sahur dengan masyarakat terutama yang kurang mampu di jalanan dengan cara konvoi. Setelah itu kegiatan tersebut akan diakhiri dengan sahur bersama di panti asuhan atau tempat-tempat terbuka yang dapat menampung banyaknya peserta SOTR.

Oleh karena itu kali ini tim Otofreak akan berbagi sedikit tips mengenai SOTR kepada kalian agar kegiatan SOTR Otofreakers tetap berjalan lancar. Simak lengkapya berikut ini!

1. Memiliki Surat Izin dari Kepolisian

Tata cara membuat surat izin kepolisian untuk SOTR ini tidak terlalu rumit kok. Pertama ajukan izin terlebih dahulu ke Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda. Setelah mendapat izin kalian harus buat pengajuan rekomendasi penggunaan jalan kepada Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda. Setelah semua perizinan selesai dan surat izin telah kalian kantongi, tinggal jalan deh.

2. Tentukan Rute Perjalanan dan Lokasi Tujuan

Agar tidak berpencar saat perjalan ada baiknya tentukan dulu rute perjalanan yang akan di lewati. Pastikan jalan yang akan kalian lewati nantinya minim hambatan atau tidak bentrok dengan acara lain yang sedang berlangsung. Lalu jangan lupa tentukan tujuan akhir dari perjalanan kalian untuk sahur bersama, misalnya Panti Asuhan.

3. Pastikan Jumlah Peserta Sesuai dengan Jumlah Kendaraan dan Makanan

SOTRHal ini juga merupakan salah satu yang terpenting, apalah guna jumlah peserta banyak tapi kendaraan yang ada tidak memadai atau jumlah makanan juga tidak mencukupi. Maka sebelum kegiatan tersebut terlaksana pastikan semuanya telah sesuai.

4. Bentuk Tim Konvoi yang Terorganisir

SOTRMulai dari Blocker Depan untuk membuka jalan, lalu sweeper untuk menjaga kendaraan tetap pada barisnya hingga blocker belakang yang bertugas untuk menjaga apabila ada kendaraan yang tertinggal saat konvoi. Pastikan semuanya telah diatur sebelum melaksanakan kegiatan SOTR

5. Kembali ke Tujuan Awal yaitu Berbagi

SOTRJangan lupa kegiatan ini bertujuan untuk membagikan makanan sahur kepada pihak-pihak yang kurang mampu. Jadi jangan jadikan SOTR sebagai ajang gaya-gayaan ataupun ajang untuk membuat kericuhan.

Nah, itu sedikit tips untuk Otofreakers yang akan melakukan SOTR. Jangan sampai bikin rusuh ya! Untuk melihat tips menarik lainnya, klik disini!