Toyota 86 vs Honda CR-Z Indonesia Review 2018

Toyota 86 vs Honda CR-Z

Toyota 86 vs Honda CR-Z Indonesia Review 2018- Bila kita mengulas seputar mobil sport, maka yang akan terpikirkan langsung oleh kita adalah mobil yang memiliki kapasitas tempa duduk tak lebih dari dua penumpang. Namun, kenyataannya, ada juga mobil-mobil sport yang beredar di pasaran memiliki kapasitas hingga 4 kursi seperti yang terjadi pada mobil keluaran Toyota yakni Toyota 86 dan mobil produksi Honda yakni Honda CR-Z. Kali, ini kita akan membandingkan kedua mobil sport mewah ini yang sama-sama memiliki kapasitas kursi penumpang hingga empat kursi. Berikut adalah review perbandingan antara mobil Toyota 86 vs Honda CR-Z.

Eksterior Toyota 86 vs Honda CR-Z

Eksterior Toyota 86

Toyota 86Pada bagin eksterior Toyota 86, mobil raja jalanan harus eye catching dan mengundang decak kagum semua mata yang melihatnya. Karena itulah Toyota 86 dibentuk sedemikian rupa agar memiliki tampilan yang begitu sporty. Pada bagian depan misalnya terdapat lekukan-lekukan tajam. Bentuk mata yang menyorot tajam, front grille sengaja dibuat lebar, hingga tarikan garis-garis tegas dibagian kap mesin membuat Toyota 86 mobil sebagai mobil sport idaman baru.

Hatchback Toyota 86Merambat ke bagian sisi, kesan sporty tetap dipertahankan melalui bentuk sport coupe pada Toyota 86 dengan garis-garis desain yang tegas. Serta, pada bagian belakang, bodi mobil dibuat dengan diberi lekukan dan aksen sehingga akan menguatkan kesan mobil sport yang mewah dan modern.

Eksterior Honda CR-Z

Honda CR-ZMobil Sedan Coupe CR-Z memiliki kesan agresif pada tampilan luarnya yang akan memancarkan secara maksimal. Pasalnya, terdapat lampu utama yang sudah dilengkapi DRL serta grille yang besar yang terletak di bagian bawah bumper dan diberi tambahan aero kit. Di bagian kap mesin terdapat tampilan yang membulat diikuti dengan bagian bumper yang menonjol. Mobil ini punya ukuran yang lumayan panjang sehingga posisi sang driver berada di tengah-tengah sumbu roda.

Hatchback Honda CR-ZPada bagian atas dari mobil CR-Z terlihat jelas bahwa setengah bagian atap menggunakan bahan kaca. Fungsinya selain sebagai sunroof, kaca tersebut juga memiliki peran sebagai pintu untuk mengakses bagian bagasi belakang. Pada bagian samping, Honda CR-Z masih mempunyai tampilan sporty dengan hadirnya velg berukuran 17 inchi.

Interior Toyota 86 vs Honda CR-Z

Interior Toyota 86

Dashboard Toyota 86Pada bagian interior, Toyota menyajikan desain yang simpel pada Toyota 86. Tema hitam dipilih agar nuansa kabin terlihat makin misterius. Jok model full bucked, door trim, dahsboard, hingga lingkar kemudi semuanya dibalut kulit berwarna hitam. Tidak ada aksen chrome atau wood panel turut mengangkat nuansa kokpit mobil sport sejati.

Interior Toyota 86Bicara kenyamanan, Toyota 86 masih pantas disebut nyaman buat harian. Joknya memang sangat ketat memegang tubuh pengemudi dan pengendaranya, tapi busanya yang tebal plus bahan suede pelapisnya yang lembut sanggup memberikan tambahan kenyamanan. Toyota 86 punya sajian entertainment system yang cukup lengkap. Melihat bagian tengah dashboard. Disitu ada layar monitor touchscreen yang sudah memiliki fitur lengkap seperti Radio, CD, MP3, USB, hingga AUX-IN, serta adanya tombol Start/Stop Engine.

Interior Honda CR-Z

Dasboard Honda CR-ZInterior Honda CR-Z juga cukup memikat. Pada bagian kanan dan kiri pengemudi, dipenuhi oleh susunan panel konsol yang mudah dibaca. Pengendalian juga dapat dilakukan secara mudah karena letaknya sangat dekat dengan jangkauan pengemudi. Pada bagian tengah, terdapat konsol pengatur audio dan AC Climate Control. Sayangnya, material yang digunakan pada bagian dashboard yakni plastik biasa, jauh dari sensasi mewah. Berlanjut ke instumen, desain yang digunakan seakan menerapkan panel kabin pesawat. Cukup futuristis.

Interior Honda CR-Z

Tachometer berukuran besar dan speedometer digital di atasnya diletakkan pada bagian tengah. Di samping kanan terdapat sebuah LCD MID dan indikator pencatat konsumsi bahan bakar yang berkerja secara aktual. Sedangkan bagian kiri dipenuhi indikator pengontrol kelistrikan, berbegai indikator peringatan, posisi gear, dan juga mode mengemudi. Mode-mode mengemudi yang dihadirkan antara lain mode Normal, Eco dan Sport. Degradasi warna instrumen cluster dapat berubah-ubah secara otomatis, biru untuk normal, hijau untuk ECO mode, dan merah untuk Sport mode.

Dimensi Toyota 86 vs Honda CR-Z

Toyota 86Membahas dimensi dari kedua mobil sport tersebut, yang pertama pada Toyota 86 memiliki dimensi panjang 4.240 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.320 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.570 mm. Sedangkan, dimensi pada Honda CR-Z memiliki dimensi panjang 4.075 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.395 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.435 mm.

Honda CR-Z

Untuk suspensi yang digunakan kedua mobil ini sama-sama menggunakan suspensi jenis McPherson Strut di bagian depannya, dan berbeda untuk suspensi bagian belakang. Jika Toyota 86 memasangkan suspensi berjenis Double Wishbone, maka Honda CR-Z memasangkan jenis suspensi H-Shape Torsion Beam di bagian belakangnya.

Mesin Toyota 86 vs Honda CR-Z

Mesin Toyota 86

Mesin Toyota 86Mengenai dapur pacunya, Toyota 86 diperkuat dengan mesin berjenis flat boxer seri 4U-GSE dengan teknologi Toyota D-45 (Direct Injection 4-Stroke Gasoline Superior) berkapasitas silinder 1.998  cc. Mesin ini kapasitasnya kurang lebih 2 L. Dengan kapasitasnya, si mesin dapat memberi lontaran gaya sampai 200 hp di kisaran putaran 7000 rpm. Torsi maksimum si mesin adalah 205 Nm pada rotasi 6600 rpm.

Mesin Honda CR-Z

Mesin Honda CR-ZHonda CR-Z menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter i-VTEC yang persis sama seperti Honda Jazz, Honda City dan juga Honda Freed. Mesin berkodekan L15A7 menyediakan isi silinder sebesar 2,477 cc. Dengan mesin tersebut makan mobil Honda CR-Z mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 HP pada putaran 6.600 RPM dan torsi 145 Nm pada 4.800 RPM. Untuk kapasitas tangki yang tersedia pada Toyota 86 menyediakan 50 L dan Honda CR-Z menyediakan kapsitas tangki sebesar 40 L.

Fitur Toyota 86 vs Honda CR-Z

Pada fitur Toyota 86 dan Honda CR-Z terdapat fitur keamanan dan fitur kenyamanan yang berfungsi dengan baik. Misalnya, pada Toyota 86 terdapat fitur keamanan Air bags yang fungsinya melindungi si pengemudi maupun si penumpang bila terjadi benturan mendadak. Selain itu, terdapat pula sabuk pengaman berteknologi Force Limiter. Tidak hanya itu, ada remote control khusus yang dibuat untuk membuka pintu mobil dengan disematkan teknologi Immobiliser. Sementara, pada Honda CR-Z terdapat sistem AC dual zone, Side and Curtain Airbags, Anti-lock Brake System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD). Mesin mobil Honda CR-Z yang berbahan bakar bensin ini dipadukan dengan sebuah motor listrik yang dinamakan dengan sistem IMA (Integrated Motor Assist). Tenaga tambahan yang dapat disalurkan hanya sebatas 20 HP saja.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota 86 vs Honda CR-Z

Toyota 86

Honda CR-Z

Mesin

Tipe Mesin Boxer 4 Cylinder DOHC 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR water-cooled in-line 4 cylinder
Isi Silinder 1.998  cc 2,477 cc
Diameter x Langkah 86 x 86 mm 73,0 mm x 89,4 mm
Daya Maksimum 200/7.000 rpm 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm
Torsi Maksimum 20,9/6.600 rpm 14,7 kg.m (144Nm) /4.800 rpm
Sistem Kemudi Electric Rack and Pinion
Radius Putar 12.5:1 10,4 : 1
Sistem bahan bakar Direct Injection PGM-FI
Kapasitas Tangki 50 L 40 L

Dimensi

P x L x T 4.240 x 1.775 x  1.320 mm 4.075 mm x 1.740 mm x 1.395 mm
Jarak Poros Roda 2.570 mm 2.435 mm
Jarak Pijak depan 1.520 mm 1.515 mm
Jarak Pijak belakang 1.540 mm 1.500mm

Sasis

Transmisi 6-Speed Manual Wet Multiplate Clutch, CVT , 6 speed
Suspensi Depan McPherson Strut McPherson Strut
Suspensi Belakang Double Wishbone H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated disc
Rem Belakang Ventilated Disc Solid disc
Ukuran ban 215/45/R17 205 /45 R17

Fitur

Kenyamanan
  • AC
  • Power Window
  • Automatic Climate Control
  • Pemanas
  • Spion Lipat Elektrik
  • Automatic Head Lamps
  • Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi
  • Bottle Holder
  • Keyless Entry
  • Struktur Rangka Bodi : G-CON + ACE
  • Side Impact Beam
  • ISOFIX & Tether
  • Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Pedestrian Protection
  • Dual Front SRS Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Front)
  • Seatbelt Adjuster
  • Pretensioner w/ Load Limiter Seatbelt
  • Ocupation Position Detection System
Keamanan
  • Anti-Skid Brakes (ABS)
  • Electronic Brake Distribution (EBD)
  • Brake Assist (BA)
  • Traction Control (TRC)
  • Vehicle Stability Control (VSC)
  • Airbag Depan
  • Airbag Samping
  • Seat belts force limiter
  • Immobiliser
  • Key Type : Wave Key
  • Keyless Entry
  • Immobilizer
  • Alarm System
  • Smart Entry

Harga Toyota 86 vs Honda CR-Z

Harga Toyota 86 vs Honda CR-Z

Toyota 86

Honda CR-Z

Tipe Harga Tipe Harga
Toyota 86 Manual lRp717.000.000- Honda CR-Z Transmisi CVT Rp535.500.000-
Toyota 86 Automatic Rp723.400.000-
Toyota 86 Automatic TRD Rp757.400.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Toyota 86 vs Honda CR-Z
berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=q-Zj_rF23qo  

Artikel terkait: Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton Indonesia Review 2018

Honda Mobilio vs Nissan Grand Livina Indonesia Review 2018

Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018

Honda Accord Maestro Indonesia Review 2018

Toyota Agya Vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

11 pemikiran di “Toyota 86 vs Honda CR-Z Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar