Toyota Agya vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Toyota Agya vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018 Toyota Agya dan Daihatsu Ayla bersaing di pasar otomotif Indonesia. Dua mobil berjenis LCGC inilah tampak terlihat kembar namun tidak sama, merupakan salah satu hatchback yang murah dan terlaris di Indonesia. Pasalnya, harga dari kedua mobil sangatlah terjangkau untuk masyarakat dan penjualan serta pelayanan terbilang baik untuk pabrikan otomotif Toyota dan Daihatsu ini. Pastinya, Sangat menarik untuk ditelusuri lebih teliti lagi mengenai apa saja perbedaan dari kedua mobil city car berjenis LCGC ini. Bagi para peminat mobil tersebut, tentunya penasaran membandingkan mana yang lebih baik dari Toyota Agya ataupun Daihatsu Ayla. Untuk itu, simak ulasan berikut ini mengenai perbandingan di antara keduanya.

Eksterior Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Eksterior Toyota Agya

Toyota Agya Eksterior

Pada bagian eksterior Toyota Agya dapat dikatakan bahwa mobil ini bernuansa wajah dua Calya dan juga Sigra pada fascia depan karena bentuk serta grill pada bagian depannya. Grill trapezoidal, bentuk lampu, aksen chrome dan juga logo garuda yang dimiliki Agya juga  sangat mirip dengan Calya. Hanya saja perbedaannya pada bagian fog lamp housing, dibuat sedikit meruncing ke atas dengan garnish plastik hitam. Sedangkan, untuk Daihatsu Ayla ini terlihat sedikit lebih rapi sehingga enak untuk dipandang.

Grille di atas yang sealur dengan headlamp, berlanjut berintegrasi dengan grille bagian bawah dan juga fog lamp housing. List pada chrome yang tipis bagian tengah, yang disambungkan dengan LED positioning pada headlamp yang memberikannya kesan yang lebih elegan. Untuk Daihatsu Ayla pada desain grille tampak seolah bersambung dengan bagian lampu utama. Sedangkan, untuk Toyota Agya tidak adanya perubahan tampilan yang signifikan antara model 1.0 dan 1.2. Hanya untuk bagian fog lamp yang tidak dibentuk seolah terintegrasi dengan grill radiator. Hal yang sedikit berbeda pada tipe yang tertinggi ini ialah dari duo LCGC. Yaitu kehadiran LED – DRL pada bagian bumper dengan Daihatsu Ayla yang tidak dimiliki oleh Toyota Agya.

Eksterior Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla Eksterior

Pada bagian samping mobil, Daihastu Ayla terlihat lebih ramai dengan adanya aksen chrome pada bagian pintu dan ada juga stiker hitam yang menjadikannya lebih sporty. Sedangkan, untuk Toyota Agya bagian sampingnya dibuat sewarna dengan bodi dan juga lebih lebar. Pada tipe yang paling tertinggi terlihat adanya sticker TRD yang lebih simpel. Untuk bagian belakangnya, Ayla memiliki penampakan pada bokong yang berbeda dari Agya dan juga Ayla pada tipe tertinggi. Spoilernya datar seperti pada versi yang lama serta reflector pada bagian pintu yang terlihat lebih memanjang. Desain pada spoiler Ayla 1.2 yang juga terlihat sedikit lebih sporty dibanding yang dimiliki Agya. Karena adanya lekukan yang seperti spoiler yang dimiliki Datsun Go. Lalu, untuk bagian belakang Ayla terlihat berbeda dengan adanya bagian list chrome yang sepanjang bawah kaca.

Interior Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Interior Toyota Agya

Dasboard Toyota Agya

Pada interior dari Daihatsu Ayla adanya kombinasi warna yang hitam dengan adanya kelir piano pada dashboard dan juga doortrim. Sedangkan untuk tipe yang tertinggi, warna black-piano tersebut yang diganti dengan aksen silver. Pada tipe yang tertinggi ini pun adanya sentuhan bahan pabric di doortrim, sehingga pada pintu bagian dalam yang tidak lama lagi tampak monoton.

Interior Toyota Agya

Hal sama juga terjadi pada interior Toyota Agya, sudah disediakan headrest bagi para penumpang. pada bagian  tengahnya, sehingga relatif yang lebih aman bagi leher yang penumpang tengah, apabila terjadi insiden tabrakan atau ditabrak pada bagian belakang.

Interior Daihatsu Ayla

Dasboard Diahatsu Ayla

Perbedaan yang lainnya juga terletak pada safety belt untuk para penumpang bagian tengah pada Toyota Agya sudah menggunakan sabuk pengaman 3 titik. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla masih juga menggunakan sabuk pengaman 2 titik yang sama pada model lama. Standar pada keselamatan bagi anak balita juga berbeda, untuk Toyota Agya juga sudah dilengkapi dengan ISOFIX bagi memasang kursi bayi, tetapi fitur ini tidak ada di Daihatsu Ayla.

Interior Daihatsu Ayla

Sun visor hanya akan tersedia bagi para pengemudi di Daihatsu Ayla tipe D dan D+. Pada Daihatsu Ayla tipe lainnya sudah lengkap untuk si pengemudi dan penumpang bagian depan. Sedangkan, pada Toyota Agya memiliki sun visor lengkap untuk semua tipe yang tersedia.

Dimensi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Toyota Agya ini memiliki panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1,520 mm,serta dengan jarak sumbu roda mencapai 2.455 mm. Sementara itu, pula dimensi yang dimiliki mobil ini dibekali juga dengan rangka dimensi yang kokoh serta didukung oleh fitur suspensi pada sektor kaki-kakinya. Untuk suspensinya, Toyota mengandalkan suspensi dengan tipe MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan untuk bagian belakang menggunakan suspensi Torsion Beam with Coil Spring. Kedua suspensi tersebut sama-sama memiliki keunggulan dalam menjaga keseimbangan maupun meredam segala goncangan ketika sedang berkendara. Sementara, Untuk Daihatsu Ayla memiliki dimensi panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm, serta memiliki jarak sumbu roda mencapai 2.450 mm. Daihatsu Ayla pun mengandalkan suspensi dengan tipe MacPherson Strut di bagian depan dan memakai suspensi jenis Semi Independent Torsion Axle Beam pada bagian belakang.

Mesin Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Mesin Toyota Agya

Mesin Toyota Agya

City car Toyota Agya memiliki dua varian mesin yang berbeda, yaitu mesin berkapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Pada Agya varian 1.0 liter ini akan dibekali dengan tipe mesin DOHC 3 silinder 12 katup yang menggunakan teknologi VVT-i. Untuk varian ini akan menggunakan sistem transmisi manual dengan 5 percepatan dengan tenaga maksimum hingga 67Ps per 6.000 rpm serta torsi 9.1 K.g.m per 4.400rpm.

Sementara untuk tipe mesin 1.2 liter terbagi lagi dengan beberapa varian, yaitu 1.2 G A/T, 1.2 G M/T, 1.2 TRD A/T, serta 1.2 TRD M/T. Walaupun tipenya berbeda namun ketiga varian tersebut tetap memiliki mesin yang sama. Di mana untuk tipe 1.2 liter dilengkapi juga dengan teknologi mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup yang juga dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 88 Ps. Tenaga tersebut dihasilkan pada setiap putaran 6.000rpm serta torsi maksimum mencapai 11.0 Kg.m per putaran ke 4.200 rpm. Walaupun berbeda, namun untuk semuanya menggunakan sistem bahan bakar teknologi Fuel System EFI yang diketahui dapat menekan penggunaan bahan bakar sehingga menjadikannya lebih irit dan ramah lingkungan.

Mesin Daihatsu Ayla

Mesin Daihatsu Ayla

Berbeda dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla memang sudah memiliki mesin dengan tipe 3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i yang memiliki 3 silinder dengan 12 katup yang juga dioptimalkan oleh teknologi DOHC. Sementara itu, juga untuk kapasitas mesinnya sendiri yaitu 998 cc sehingga tergolong cukup bertenaga. Mobil ini memang memiliki kekuatan seperti Toyota Agya, dengan tenaga maksimum sebesar 88 pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 108 pada putaran 4.200 rpm. Walaupun tenaga yang cukup besar, namun mobil ini terbukti hemat dalam menggunaan bahan bakar.

Fitur Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Mengenai fitur keselamatannya, Toyota Agya memang diset selalu memiliki kelebihan dari Daihatsu Ayla pada setiap kasta variannya. Mungkin untuk hal ini juga menyebabkan Toyota Agya tetap akan lebih laris walaupun harganya lebih mahal. Toyata Agya lebih unggul karena memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Beberapa fitur keselamatan yang penting yaitu Headrest penumpang tengah, rem ABS dan juga ISOFIX yang memang tidak adanya di Daihatsu Ayla. Beberapa fitur pun juga hanya tersedia untuk tipe tertentu pada Daihatsu Ayla, namun tersedia pada semua tipe Toyota Agya seperti Dual Airbags, HMSL, Sensor Parkir dan juga Alarm. Jadi tentu saja inilah yang menjadikannya harga Toyota Agya lebih mahal dibanding Daihatsu Ayla. Pada fitur hiburannya, ada perbedaan yang mencolok pada Toyota Agya dan Toyota Ayla. Berbeda dari fitur keselamatannya, Daihatsu Ayla lebih unggul dalam hal fitur infotainment. Berkat adanya audio head unit touch screen pada Daihatsu Ayla tipe 1.2 R dan R – Deluxe. Sedangkan, untuk Toyota Agya hanya dilengkapi dengan head unit 2DIN serta tipe TRD.

Baca juga  New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2018

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Toyota Agya

Daihatsu Ayla

Mesin

Tipe Mesin 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i 3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 998 cc 998 cc
Diameter x Langkah 71.0 x 84.0 72.5 x 72.5
Daya Maksimum 67/6,000 88/6.000
Torsi Maksimum 9.1/4,400 108/4.200
Sistem Kemudi Rack dan Pinion dengan Electric Power Steering Rack & Pinion dengan Electric Power Steering

Dimensi

P x L x T 3,660 x 1,600 x 1,520 mm 3.640 x 1.600 x 1.520 mm
Jarak Poros Roda 2,455 mm 2450 mm
Jarak Pijak depan 1,420 mm 1420 mm
Jarak Pijak belakang 1,415 mm 1415 mm
Jarak Terendah 180 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual Manual, 5 Kecepatan
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring Mac Pherson Struts
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring Semi Independent Torsion Axle Beam
Rem Depan 13′ Disc (Ventilated) Ventiated Disc Brake
Rem Belakang Drum Leading-trailing Drum
Ukuran ban Alloy Wheel, 175 / 65 R14 175/65 R14

Fitur

Kenyamanan
  • New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Semi Bucket Seat
  • Sporty Rear Bumper Design
  • Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide
  • Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)
  • Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)
  • LED Rear Combination Lamp
  • AC
  • Glove Box
  • Door Trim Pocket
  • Bootle Holder
  • Center Console
  • Seat Back Pocket
  • New Front Bumper with Aerokit
  • Projektor Head Lamp with LED Position Lamp
  • DRL (Day Time Runnig Light)
  • Body Color Outer with Side Turn Lamp
  • Side Stone Guard
  • FOG Lamp
  • New Rear Bumper
  • Rear Wipper
  • Rear Reflection
  • Rear Spoiler eith HMSL
  • Chrome Window List
Keamanan
  • Side Impact Beam
  • Dual SRS Airbags
  • New ABS (1.2 TRD)
  • Isofix
  • 3 Point Safety Belt
  • Seat Belt Reminder
  • Dual SRS Airbag
  • Back Sonar (Tipe 1.0 X & 1.2 R)
  • Side Impact Beam
  • Immobilizer & Alarm Integrated Key
  • Rear Stabilizer
  • Pedal Clutch Anti Back Up

Harga Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Harga Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Toyota Agya

Daihatsu Ayla

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Toyota Agya 1.0 G M/T Rp132.000.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L D MT Rp92.550.000-
Harga Toyota Agya 1.2 G M/T Rp135.100.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L M MT Rp109.050.000-
Harga Toyota Agya 1.2 G A/T Rp148.100.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L X MT Rp116.400.000-
Harga Toyota Agya 1.2 M/T TRD Rp139.300.000- Harga Daihatsu Ayla 1.0L M AT Rp118,050.000-
Harga Toyota Agya 1.2 A/T TRD Rp152.400.000- Harga Daihatsu Ayla 1.2L X MT Rp125.250.000-
Harga Daihatsu Ayla 1.0L X AT Rp125.450.000-
Harga Daihatsu Ayla 1.2L R MT Rp132.250.000-
Harga Daihatsu Ayla 1.2L X AT Rp135.250.000-
Harga Daihatsu Ayla 1.2L R AT Rp142.250.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Toyota Agya vs Daihatsu Ayla berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=229IWD1MZzQ

Artikel terkait:  Honda CRV vs Honda BRV Indonesia Review 2018

New Honda Brio vs Mitsubishi Mirage Indonesia Review 2018

Nissan GT-R Indonesia Review 2018

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX king Indonesia Review 2018

 

16 pemikiran di “Toyota Agya vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar