Toyota Agya vs Datsun Go Panca Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Toyota Agya vs Datsun Go Panca Indonesia Review 2018– Konsep city car LCGC (Low Cost Green Car) melekat pada Toyota Agya dan Datsun Go Panca dan tentu saja menjadi nilai atau kelebihan tersendiri. Terutama bagi masyarakat saat ini yang sangat menginginkan adanya mobil murah namun lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar dan berdesain mewah. Nah, mobil Toyota Agya dan Datsun Go Panca adalah city car LCGC yang bisa jadi pilihan Anda atau keluarga Anda dalam berkendara. Namun, manakah yang lebih memenuhi kebutuhan Anda? Jika masih merasa bingung dan belum mengetahui lebih jelasnya. Simak ulasan mengenai review perbandingan antara Toyota Agya dan Datsun Go Panca di bawah ini.

Eksterior Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Eksterior Toyota Agya

Eksterior Toyota AgyaPada bagian eksterior Toyota Agya akan terlihat bodi mobil yang modern dibandingkan dengan Agya versi terdahulunya. Penyegaran akan terlihat pada bagian depan, yakni dipasangkannya Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide dengan desain mewah, serta berbentuk traspesium 6 sisi. Untuk grille depan dibuat lebih lebar sehingga menimbulkan kesan sporty. Serta, adanya foglamp pada bagian depan berfungsi untuk menghasilkan pencahayaan secara maksimal terutama saat melakukan perjalanan dalam kondisi cuaca hujan lebat maupun dalam kondisi berkabut tebal.

Eksterior Toyota AgyaBeralih ke bagian samping, Toyota Agya dirancang dengan diberi garis lurus yang membujur dari depan sampai belakang side skirt. Serta untuk bagian bodi belakang Toyota Agya akan terlihat kombinasi lampu belakang yang dirancang sederhana namun tetap terkesan modern. Terlebih lagi adanya penambahan spoiler kecil dengan dilengkapi High Mount Stop Lamp.

Eksterior Datsun Go Panca

Datsun Go PancaDari desain Datsun Go Panca memiliki bodi yang nampak kokoh. Datsun Go Panca memasangkan headlamp dengan desain hexagonal. Headlamp Datsun Go Panca ini terkesan lebih stylish dan dapat memancarkan sinar lampu dengan maksimal pada malam hari. Selain itu, pada bagian eksterior Datsun Go Panca terdapat grille dan fender dengan logo Datsun pada bagian tengahnya.

Eksterior Datsun Go PancaSementara itu, pada bagian bodi belakang, akan terlihat lampu Roof Spoiler dan lampu belakang yang berdesain futuristik, serta adanya penambahan stoplamp persegi yang mengikuti alur body. Pada body belakang juga terpasang roof spoiler yang dirancang menjorok ke bagian belakang sehingga akan menimbulkan kesan yang manis. Secara keseluruhan desain Datsun Go Panca ini  mengusung tema mobil masa kini dan pastinya sangat fungsional.

Interior Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Interior Toyota Agya

Dasboard Toyota AgyaMembahas bagian interior Toyota Agya, maka akan terlihat nuansa segar dan modern bila dibandingkan dari versi Agya yang terdahulunya. Pada bagian dashboard, tersedia berbagai macam fitur canggih salah satunya yakni New Advance Entertainment dimana disertai dengan adanya sistem audio berupa radio AM/FM, CD, pengontrol suara, Bluetooth dan USB. Selain itu, ada pula Audio 2DIN yang dapat menghasilkan suara yang akan terdengar membahana.

Interior Toyota Agya

Sementara pada bagian kemudinya, Toyota Agya memiliki fitur Audio Steering Switch yang berperan fungsional saat melakukan perjalanan. Toyota Agya memiliki kapasitas kursi 4 hingga 5 orang penumpang. Kursi penumpang pada Toyota Agya terbaru ini menerapkan teknologi Semi Bucket Seat dimana bahan materialnya terbuat dari kain yang bila disentuh akan terasa lembut. Hal ini akan menambah kenyamanan untuk penumpang saat menduduki kursi penumpang Toyota Agya.

Interior Datsun Go Panca

Dashboard Datsun Go Panca
Beralih ke bagian interior Datsun GO+. Mobil ini mengusung desain yang minimalis. Dashboard dibuat dengan sederhana didominasi dengan warna silver dan panel instrumen  dibuat minimalis. Selain itu, untuk pegangan pintu diberi inovasi baru dan dirancang lebih modern. Tidak hanya itu, penumpang dimanjakan dengan adanya  cluster AC yang dapat diputar sesuai keinginan penumpang. Ruang kabin Datsun GO+ ini terlihat lebih luas dibandingkan dengan Datsun GO terdahulunya.

Interior Datsun Go PancaPada bagian ruang kepala mobil ini dirancang lebih lebar. Kesan mewah didapati pada bagian dasbord dan trim yang bertekstur kulit sehingga bila disentuh akan terasa lembut. Datsun GO+ Panca ini memiliki kapasitas 7 hingga 8 kursi penumpang. Datsun GO+ Panca juga memiliki kursi ketiga yang dapat dilipat yang nantinya dapat berfungsi sebagai ruang bagasi yang dapat menyimpan barang bawaan hingga 347 liter.

Dimensi Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Komparasi dimensinya kita akan mendapatkan Datsun Go Panca lebih panjang dan lebih lebar dibanding Toyota Agya. Panjang dan lebar Datsun Go Panca sendiri adalah 3785 mm x 1635 mm, sedangkan panjang dan lebar Toyota Agya adalah 3660 mm x 1600 mm. Sementara itu untuk tinggi mobil maka Agya lebih unggul dengan catatan 1520 mm dibanding Datsun Go Panca yang hanya mencatat angka 1485 mm. Sementara itu untuk catatan jarak sumbu roda kedua mobil berbanding sedikit, dimana Toyota Agya mencatat angka yang sama yaitu 2455 mm dan Datsung GO+ Panca mencatat angka 2,450 mm. Untuk suspensi yang digunakan keduanya sama-sama menggunakan jenis suspensi MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan. Namun untuk supensi bagian belakang Toyota Agya memakai jenis Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring dan Datsun GO+ Panca menggunakan jenis Torsion Beam with Coil Spring

Mesin Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Mesin Toyota Agya

Mesin Toyota Agya

Mesin Datsun Go Panca

Mesin Datsun Go Panca

Beralih ke bagian dapur pacu kita akan mendapati mesin Datsun Go Panca lebih unggul dibanding Toyota Agya. Hal ini terlihat dari tipe mesin Datsun Go panca yaitu 1.2L HDR12DE dengan kapasitas 1198 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 68 hp pada putaran 5000 rpm dan juga torsi maksimum hingga 104 Nm pada putaran 4000 rpm. Sementara itu Toyota Agya menerapkan mesin 3 silinder, 12 valve, DOHC dengan kapasitas 989 cc dan memiliki diameter langkah 71.0 x 84.0. Dari mesin ini Agya bisa memuntahkan daya kuda hingga 67 ps/6000 rpm dan torsi maksimum mencapai 9.1 pada putaran 4,400 rpm. Untuk sistem bahan bakar sendiri Datsun Go+ menggunakan sistem Fuel Injection yang dapat mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit, sedangkan Toyota Agya menggunakan sistem bahan bakar EFI.

Fitur Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Untuk fitur keamanan dan fitur keselamatan pada Datsun Go Panca yaitu tersedia 1st Row Seatbelt berupa 3-Points ELR x 2 with pretensioner (Driver ony). 2nd Row Seatbelt berupa 3-Points x 2 + 2-Points x 1, Immobilizer, Central Door Locking, Keyless Entry with Alarm, Driver Airbag dan juga Parking Sensor. Sementara itu, untuk Toyota Agya memiliki fitur keamanan berupa dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang di bagian depan. Ada juga fitur dengan teknologi body structure reinforcement terbaru yang mampu melindungi seluruh bodi mobil jika sewaktu-waktu terjadi benturan mendadak. Kemudian, ada juga sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter, jok ISOFIX yang dilengkapi jok khusus balita dan fitur 5 Alarm Setting.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Toyota Agya

Datsun Go Panca

Mesin

Tipe Mesin 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i HR12DE, DOHC
Isi Silinder 998 cc 1,198 cc
Diameter x Langkah 71.0 x 84.0 mm 72.5 X 90.5 mm
Daya Maksimum 67/6,000 rpm 50 kw/68 Ps
Torsi Maksimum 9.1/4,400 rpm 104/4000 rpm
Sistem Kemudi Rack dan Pinion dengan Electric Power Steering Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Sistem bahan bakar EFI Port Injection
Kapasitas Tangki 42 L
Radius Putar 4.6

Dimensi

P x L x T 3,660 x 1,600 x 1,520 mm 3,785 x 1,635 x 1,485 mm
Jarak Poros Roda 2,455 mm 2,450 mm
Jarak Pijak depan 1,420 mm
Jarak Pijak belakang 1,415 mm
Ground Clearance 170 mm
Berat 785 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual 5 Speed MT
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring Mc Pherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring Torsion Beam with Coil Spring
Rem Depan 13′ Disc (Ventilated) Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Leading-trailing Drum
Ukuran ban Alloy Wheel, 175 / 65 R14 155 / 70 R13

Fitur

Kenyamanan
  • New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Semi Bucket Seat
  • Sporty Rear Bumper Design
  • Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide
  • Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)
  • Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)
  • LED Rear Combination Lamp
  • Electric Power Steering (EPS) with Speed Sensitive
  • Digital Tachometer
  • Drive Computer (Instantaneous Fuel Economy, Average Fuel Economy, Distance to Empty, ODO meter)
  • Gear Shift Guide
  • Halogen Head Lamp with Follow-me-home
  • Intelligent Wiping System
  • Parking Sensor
  • Power Window (1st Row)
  • Air Conditioner (Manual)
  • Mobile Docking Station
  • Power Outlet
  • Outside Radio Antena
Keamanan
  • New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Semi Bucket Seat
  • Sporty Rear Bumper Design
  • Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide
  • Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)
  • Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)
  • LED Rear Combination Lamp
  • 1st Row Seatbelt : 3-Points ELR x 2 with pretensioner (Driver ony)
  • 2nd Row Seatbelt : 3-Points ELR x 2
  • Immobilizer
  • Central Door Locking
  • Keyless Entry with Alarm
  • Driver Airbag

Harga Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Harga Toyota Agya vs Datsun Go Panca

Toyota Agya

Datsun Go Panca

Tipe Harga Tipe Harga
Toyota Agya 1.0 G M/T Rp133.400.000,- Datsun GO+ T Option Rp114.900.000,-
Toyota Agya 1.2 G M/T Rp136.500.000,- Datsun GO+ T Active Rp119.900.000,-
Toyota Agya 1.2 G A/T Rp149.500.000,- Datsun GO+ T Ultimate Rp126.400.000,-
Toyota Agya 1.2 M/T TRD Rp140.700.000,- Datsun GO+  T Rp114.000.000,-
Toyota Agya 1.2 A/T TRD Rp153.800.000,-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Toyota Agya vs Datsun Go Panca berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=f8Z9GMR4WHo

Artikel terkait: Daihatsu Sigra vs Daihatsu Xenia Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Toyota Sienta Indonesia Review 2017

Toyota Agya vs Kia Picanto Indonesia Review 2018

Daihatsu Sirion vs Toyota Agya Indonesia Review 2017

Toyota Agya Vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

17 pemikiran di “Toyota Agya vs Datsun Go Panca Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar