Toyota Agya vs Honda Brio Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Honda Brio

Toyota Agya vs Honda Brio Indonesia Review 2018- Toyota Agya dan Honda Brio merupakan cotoh dari mobil city car yang mengusung konsep LCGC (Low Cost Green Car) yang sedang banyak digemari masyarakat. Selain menariknya dari kedua mobil ini adalah harganya yang cukup terjangkau ditengah kondisi ekonomi yang serba sulit. Karena permintaan yang besar dari masyarakat dari mobil LCGC ini maka kemudian banyak produsen yang berlomba-lomba membuat mobil ini. Nah bila kemudian kita hadapkan dua mobil Toyota Agya dan Honda Brio ke hadapan Anda, maka mana yang akan Anda pilih? Tentu saja akan membingungkan jika kita tidak melakukan komparasi kedua mobil tersebut.

Eksterior Toyota Agya vs Honda Brio

Eksterior Toyota Agya

Eksterior Toyota AgyaPada bagian eksterior Toyota Agya akan terlihat bodi mobil yang modern dari versi terdahulunya. Adanya penyegaran yang terjadi pada bagian depan, yakni dipasangkannya Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide dengan desain elegan dan berbentuk traspesium 6 sisi. Untuk grill depan dibuat lebih lebar sehingga menimbulkan kesan sporty.

Eksterior Toyota AgyaSerta, fog lamp pada bagian depan berfungsi menghasilkan pencahayaan secara maksimal terutama saat melakukan perjalanan berkendara dalam kondisi cuaca hujan lebat dan berkabut tebal. Sedangkan pada bagian, samping dirancang dengan diberi garis lurus yang membujur dari depan sampai belakang side skirt. Beralih ke bagian bodi belakang, Toyota Agya akan menampilkan kombinasi lampu belakang yang didesain sederhana namun tetap modern. Terlebih lagi adanya penambahan spoiler kecil dengan High Mount Stop Lamp.

Eksterior Honda Brio

Honda BrioMobil Honda Brio terbilang memiliki ukuran yang cukup mungil namun sungguh lincah. Pada desain eksterior dirancang lebih sylish. Sehingga membuat si pengguna akan tamp semakin trendi. Mobil ini dibekali dengan fitur “New Rear Glass Garnish” pada bagian belakang mobil. Sehingga membuat tampilan Honda Brio menjadi semakin modis dan kian atraktif. Untuk bagian grill depan Honda Brio  didesain lebih agresif lewat frame yang berbentuk seperti sabuk dan diberi warna chrome.

Eksterior Honda BrioLalu bagian tengah framenya dilengkapi dengan sebuah emblem logo Honda yang terlihat begitu ekslusif. Meskipun berukuran kecil, namun foglamp pada Honda Brio ini mampu memberikan cahaya yang lebih baik saat malam hari. Kemudian untuk bumper bagian depan terdapat sebuah cover berbahan fiberglass yang dilabur warna hitam untuk menampilkan kesan aura city car yang modern. Untuk bagian samping, dirancang lebih simple dan bagian body belakang didesain lebih dinamis dan sporty. Pasalnya, pada bagian belakang terdapat chrome bumper garnish yang menjadikan tampilan belakang mobil terlihat lebih mewah.

Interior Toyota Agya vs Honda Brio

Interior Toyota Agya

Dasboard Toyota AgyaPada bagian interior Toyota Agya, Anda akan melihat nuansa segar dan modern dibandingkan dari versi terdahulunya. Pada bagian dashboardnya, terdapat fitur canggih berupa New Advance Entertainment dimana disertai dengan adanya  sistem audio berupa radio AM/FM, CD, pengontrol suara, Bluetooth dan USB. Serta adanya, Audio 2DIN yang dapat menghasilkan suara yang akan terdengar membahana.

Interior Toyota AgyaSementara pada bagian kemudinya, Toyota Agya disediakan fitur Audio Steering Switch yang memiliki fungsional dalam berkendara. Toyota Agya dapat menampung 4 hingga 5 orang penumpang. Kursi penumpang pada Toyota Agya terbaru ini berteknologi Semi Bucket Seat dimana bahan materialnya kain yang begitu lembut. Hal ini akan menambah rasa nyaman untuk penumpang saat menduduki kursi penumpang Toyota Agya terbaru ini.

Interior Honda Brio

Dashboard Honda BrioInterior Honda Brio didesain dengan dimensi kabin yang cukup luas. Pada bagian dashboad terdapat panel instrumen yang masih standar, tapi tetap fungsional. Beberapa panel tersebut yakni panel audio system, USB port, AC, dan sebagainya. Lalu untuk bagian kabin kemudi desain lebih minimalis dengan tidak terlalu banyak instrumen yang memenuhi bagian dasbord kemudi. Bergerak ke belakang, Honda Brio membuat jok penumpangnya dilengkapi dengan sabuk pengaman. Material pada jok juga menggunakan bahan material yang berkualitas.

Interior Honda BrioBeralih ke bagasinya, mobil ini cenderung terbilang kurang luas. Apalagi untuk pengguna tidak dapat melipat seat baris kedua sebagai tambahan ruang untuk bagasi. Namun, hal ini dirasa wajar mengingat mobil Honda Brio sendiri lebih disegmentasikan sebagai mobil berjenis city car, bukan untuk kendaraan yang multifungsi. Dan bila kita lihat secara kualitas, material yang digunakan Honda Brio tidak bisa dipandang sebelah mata karena komposisinya yang dirasa sudah cukup baik untuk digunakan sebagai kendaraan masa kini.

Dimensi Toyota Agya vs Honda Brio

Dari segi dimensinya maka kita akan mendapati dimensi Honda brio yang lebih besar dibanding Toyota Agya. Hal ini terlihat dari ukuran Honda Brio memiliki 3.610 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm, serta memiliki jarak sumbu roda sebesar 2.345 mm. Sementara Toyota Agya sendiri mempunyai dimensi panjang 3600 mm, lebar 1600 mm serta tinggi 1520 mm, dan mencatat jarak sumbu roda 2450.Toyota Agya hanya mencatatkan kapasitas tangki mencapai 33 liter. Untuk suspensi pada Honda Brio yang digunakan pada bagian depan yakni jenis MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi bagian belakang berjenis Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring.

Mesin Toyota Agya vs Honda Brio

Mesin Toyota Agya

Mesin Toyota Agya

Mesin Honda Brio

Mesin Honda BrioMenuju ke bagian dapur pacu maka kita akan mendapati mesin Honda Brio mampu mengungguli Toyota Agya. Honda Brio sendiri menggunakan tipe mesin 1.2L SOHC 4 silinder segaris & 16 ktup i-VTEC+DBWd dengan isi silinder 1198 cc. Dengan mesin ini maka Honda Brio bisa memuntahkan tenaga maksimum hingga 120 PS / 6000 rpm dan juga torsi mencapai 145 Nm / 4800 rpm. Sementara itu Toyota Agya sendiri menghadirkan tipe mesin 1KR 12 3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC dengan kapasitas silinder 998 cc. Dengan mesin ini maka Toyota Agya bisa mengeluarkan daya kuda maksimum hingga 65.3/6000rpm dan juga torsi maksimum mencapai 88/3600 rpm.

Fitur Toyota Agya vs Honda Brio

Untuk fitur maka kita akan mendapati pada Honda Brio yaitu Side Impact Baem, Padestrian Protection, Dual Front Air bags, Sabuk keselamatan depan dan belakang denagan type Seatbelt 3P ELR (x2), Wave Key,keyless entry dan alarm system untuk Brio S A/T dan Brio E A/T. Sedangkan untuk fitur Toyota Agya maka kita akan menjumpai beberapa fitur andalan seperti Dual SRS Air Bag dan juga sabuk pengaman dengan fitur pretensioner dan force limiter.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Agya vs Honda Brio

Toyota Agya

Honda Brio

Mesin

Tipe Mesin 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
Isi Silinder 998 cc 1199 cc
Diameter x Langkah 71.0 x 84.0 73,0 mm x 71,6 mm
Daya Maksimum 67/6,000 90 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum 9.1/4,400 110Nm / 4.800rpm
Sistem Kemudi Rack dan Pinion dengan Electric Power Steering Rack dan Pinion
Sistem bahan bakar EFI
Kapasitas Tangki 33 L

Dimensi

P x L x T 3,660 x 1,600 x 1,520 mm 3.640 mm x 1.680 mm x 1.485 mm
Jarak Poros Roda 2,455 mm 2.345 mm
Jarak Pijak depan 1,420 mm 1.480 mm
Jarak Pijak belakang 1,415 mm 1.465 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual 5 Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring 4 Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan 13′ Disc (Ventilated) Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Leading-trailing Drum
Ukuran ban Alloy Wheel, 175 / 65 R14 185/65 R14

Fitur

Kenyamanan
  • New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Semi Bucket Seat
  • Sporty Rear Bumper Design
  • Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide
  • Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)
  • Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)
  • LED Rear Combination Lamp
  • Audio    Double Din AM/FM, CD Player + USB Port + Aux Input + Made for iPod/iPhon
  • Tweeter Speaker
  • Audio
  • Steering Switch
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Air ConditionerDigital A/C
  • Sun Visor with Vanity Mirror    Front Passanger
  • Seatback Pocket    Front Passanger
  • Seat Material.
Keamanan
  • New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Semi Bucket Seat
  • Sporty Rear Bumper Design
  • Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide
  • Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)
  • Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)
  • LED Rear Combination Lamp
  • Struktur Rangka Bodi
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Side Airbags
  • Side Curtain Airbags
  • Sabuk Keselamatan (Baris Pertama, Baris Kedua,Baris Ketiga)
  • Seatbelt Reminde
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Motion Adaptive EPS
  • Brake Override System
  • Smart Parking Assist System

Harga Toyota Agya vs Honda Brio

Harga Toyota Agya vs Honda Brio

Toyota Agya

Honda Brio

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Toyota Agya 1.0 G M/T Rp133.400.000,- Honda Brio Satya S M/T Rp132.500.000,-
Harga Toyota Agya 1.2 G M/T Rp136.500.000,- Honda Brio Satya E M/T  Rp137.500.000,-
Harga Toyota Agya 1.2 G A/T Rp149.500.000,- Honda Brio Satya E CVT Rp152.500.000,-
Harga Toyota Agya 1.2 M/T TRD Rp140.700.000- Honda Brio RS Rp164.000.000,-
Harga Toyota Agya 1.2 A/T TRD Rp153.800.000- Honda Brio RS CVT Rp178.000.000,-
Honda Brio RS CVT Special Editian Rp182.000.000,-

Artikel terkait: Toyota Agya vs Datsun Go Panca Indonesia Review 2018

Toyota Agya Vs Toyota Etios Valco Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Daihatsu Ayla Indonesia Review 2018

Honda Brio vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Honda Brio vs Nissan March Indonesia Review 2018

89 pemikiran di “Toyota Agya vs Honda Brio Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar