Toyota Agya vs Kia Picanto Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Kia Picanto

Toyota Agya vs Kia Picanto Indonesia Review 2018- Kendaraan roda dua dengan harga murah memang kemudian banyak menarik produsen untuk memproduksinya. Kia Motors dalam hal ini juga tak mau ketinggalan dengan pabrikan lain untuk membuat city car dengan harga murah. Dari sini hadirlah mobil Kia Picanto yang kemudian secara tak langsung menyaingi mobil lain seperti Toyota Agya. Lalu mobil manakah yang unggul jika memang keduanya diadu? Kia Picanto atau Toyota Agya? Berikut ulasannya.

Eksterior Toyota Agya vs Kia Picanto

Eksterior Toyota Agya

Eksterior Toyota Agya

Pertama, membahas bagian eksterior dari Toyota Agya akan menampilkan bodi mobil yang lebih modern dari versi terdahulunya. Adanya penyegaran yang terjadi pada bagian depan, dimana Toyota Agya terbaru ini dipasangkan Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide dengan desain kesan elegan dan dibuat berbentuk traspesium 6 sisi. Untuk grille depan sengaja dibuat lebih lebar dengan menimbulkan kesan sporty. Serta fog lamp pada bagian depan berfungsi dalam menghasilkan pencahayaan yang maksimal terutama saat melakukan perjalanan berkendara dalam kondisi cuaca hujan lebat dan berkabut tebal.

Eksterior Toyota Agya

Sedangkan pada bagian, samping dirancang dengan diberi garis lurus yang membujur dari depan sampai belakang side skirt. Beralih ke bagian bodi belakang, Toyota Agya akan menampilkan kombinasi lampu belakang yang didesain sederhana namun tetap modern. Terlebih lagi adanya penambahan spoiler kecil dengan High Mount Stop Lamp. Dengan demikian, dapat dikatakan jika eksterior Toyota Agya sebagai mobil city car mengusung tema lebih modern dan elegan dari versi yang sebelumnya.

Eksterior Kia Picanto

Eksterior Kia Picanto

Sementara, eksterior pada Kia Picanto menerapkan konsep sporty dan stylish. Pasalnya, mobil city car ini memiliki grille kecil yang dibuat dengan adanya red line (garis merah) yeng terletak di pinggiran. Serta adanya perpaduan lampu utama yang berukuran besar, fog lamp yang lebih stylish dibagian sisinya dan terlihat bumper depan yang juga berukuran besar. Kemudian, pada bagian bodi samping Kia Picanto menerapkan empat varian warna yang sederhana dengan memenuhi bodi yang berpadu dengan lampu sein dan kaca spion.

Eksterior Kia Picanto

Jika melihat bagian bodi belakangnya, Kia Picanto memiliki lampu belakang yang dirancang begitu futuristik dan adanya penambahan bumper belakang berukuran besar di setaip sisi. Kesan sporty juga ditampilkan dengan adanya aksen rear spoiler di bagian sisi atas yang  berukuran kecil dan terdapat stop lamp yang begitu stylish.

Interior Toyota Agya vs Kia Picanto

Interior Toyota Agya

Dasboard Toyota Agya

Beralih ke bagian interiornya, memasuki ruang kabin Toyota Agya, Anda akan melihat nuansa segar dan modern dibandingkan dari versi sebelumnya. Pada bagian dashboardnya, terdapat fitur canggih berupa New Advance Entertainment dimana disertai dengan adanya  sistem audio berupa radio AM/FM, CD, pengontrol suara, Bluetooth dan USB. Serta adanya, Audio 2DIN yang dapat menghasilkan suara yang akan terdengar membahana. Sementara pada bagian kemudinya, Toyota Agya disediakan fitur Audio Steering Switch yang memiliki fungsional dalam berkendara.

Interior Toyota Agya

Toyota Agya dapat menampung 4 hingga 5 orang penumpang sama seperti pada mobil Kia Picanto. Kursi penumpang dpada Toyota Agya terbaru ini dibuat dengan teknologi Semi Bucket Seat dimana bahan materialnya adalah kain yang lembut. Hal ini akan menambah rasa nyaman untuk penumpang saat menduduki kursi penumpang mobil Toyota Agya terbaru ini.

Interior Kia Picanto

Dasboard Kia Picanto

Pada bagian desain interior, Kia Picanto mengusung nuansa yang sporty dan futurstik. Namun, pada bagian interior depan tidak tampak seperti mobil entry layaknya city car lainnya. Pada bagian dashboard terdapat panel yang memudahkan si pengemudi dalam berkendara. Serta adanya tombol pendingin ruangan (AC) yang akan memberikan kesejukan dalam kabin mobil. Lalu, adanya fitur hiburan yang akan memberikan rasa nyaman untuk si penumpang dengan adanya audio musik.

Interior Kia Picanto

Kia Picanto ini dapat menampung hingga 4 orang penumpang karena ukurannya yang tidak terlalu luas. Akan tetapi, kursi penumpang terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga akan terasa empuk bila duduki. Selain itu, adanya wadah penyimpanan yang berfungsi dalam menaruh barang bawaan selama perjalanan. Tidak hanya itu saja, ternyata kursi pada bagian baris kedua dapat dilipat sehingga dapat dijadikan bagasi bilamana Anda membawa barang dalam jumlah banyak.

Dimensi Toyota Agya vs Kia Picanto

Melihat dari dimensi keseluruhan mobil, maka kita akan mendapati Kia Picanto kalah dalam semua catatan ukuran dibanding Toyota Agya. Kia Picanto sendiri hanya mencatat dimensi panjang x lebar x tinggi yaitu 3595 mm x 1595 mm x 1490 mm. Sementara itu Toyota Agya jauh melebihi Picanto dengan catatan dimensi panjang 3600 mm x lebar 1600 mm dan tinggi 1520 mm. Tidak hanya unggul pada dimensinya, Toyota Agya juga terpantau unggul dari catatan angka jarak sumbu rodanya yang mencapai angka 2455 mm.

Kia Picanto sendiri hanya mencatat angka jarak sumbu roda yaitu 2385 mm. Namun demikian, meski tampak bongsor bodi dari Agya ini, ternyata kapasitas bahan bakar yang mencapai 33 liter kalah dari Kia Picanto yang berkapasitas hingga 35 liter. Mengenai Suspensi yang dimiliki begitu kokoh pada Toyota Agya yakni dengan menyematkan suspensi bagian depan  MacPherson Strut with Coil Spring. Suspensi bagian belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring. Lalu untuk Kia Picanto menggunakan suspensi bagian depan berjenis Mc Pherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber. Kemudian suspensi pada bagian belakang berjenis Torsion Beam dengan Gas Shock Absorber.

 

Mesin Toyota Agya vs Kia Picanto

Mesin Toyota Agya

Mesin Toyota Agya

Beralih ke urusan dapur pacu, maka kita akan mendapati bahwa giliran Kia Picanto mampu mengungguli Toyota Agya. Dengan tipe mesin 1.2 L Dual CVVT DOHC berkapasitas siliber  1,193 cc, Kia Picanto mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 87 Ps pada putaran 6,000 rpm. Selain itu menghasilkan torsi maksimum 12.2 kg.m pada putaran 4,000 rpm. Sedangkan pada Toyota Agya yang menerapkan tipe mesin 1KR 12 3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC dengan kapasitas 998 cc. Hanya bisa menghasilkan tenaga 67 pada putaran 6,000 dan torsi maksimum mencapai 9.1 kg.m pada putaran 4,400 rpm.

Mesin Kia Picanto

Mesin Kia Picanto

Untuk sistem bahan bakar yang digunakan kedua mobil ini sama-sama mengunakan teknologi jenis EFI yang hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar. Selain itu, untuk sistem kemudinya juga sama-sama menggunakan Rack and Pinion with Electric Power. Jika  Toyota Agya menggunakan transmisi dengan 5-Speed Manual, sementara Kia Picanto menggunakan transmisi 4 Speed Automatic dan juga 5 Speed M/T.

Baca juga  Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia Indonesia Review 2018

Gambar Modifikasi Motor Kawasaki KLX 2017

Fitur Toyota Agya vs Kia Picanto

Masuk ke pembahasan fitur maka kita akan mendapati fitur keamanan pada Kia Picanto New Platinum berupa dual air bag, side impact beam, dan sistem pengereman ABS + EBD. Namun sayang fitur ini hanya ada pada Kia Picanto varian termahal, karena pada tipe Picanto biasa, fitur tadi tidak didapati. Sementara itu pada Toyota Agya kita akan mendapti beberapa fitur andalan yang dihadirkan yaitu Dual SRS Air Bag dan juga sabuk pengaman dengan fitur pretensioner dan force limiter. Selain itu, pada pada Toyota Agya baru ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang bearad di samping yakni Side Impact Beam. Fitur itu  berfungsi mencegah terjadinya benturan dan resiko cedera.  Sedangkan pada Kia Picanto, adanya fitur keamanan dan kenyamanan yakni Hill Assist Control (HAC) yang fungsinya mengatur kestabilan laju kendaraan dan  memudahkan kendaraan dalam melaju di jalan yang menanjak maupun menurun. Serta tidak perlu khawatir bila mobil nantinya tiba-tiba mundur dengan sendirinya.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Agya vs Kia Picanto

Toyota Agya

Kia Picanto

Mesin

Tipe Mesin 3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i 4D56 DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder
Isi Silinder 998 cc 1,193 cc
Diameter x Langkah 71.0 x 84.0 mm 91.1 mm x 95.0 mm
Daya Maksimum 67/6,000 87 ps/6,000 rpm
Torsi Maksimum 9.1 kg.m/4,400 12.2 kg.m/4,000 rpm
Sistem Bahan Bakar EFI EFI (Electronic Fuel Injection)
Sistem Kemudi Rack and Pinion with Electric Power Rack and pinion with electronic power

Dimensi

P x L x T 3,660 x 1,600 x 1,520 mm 3,595 x 1,595 x 1,490mm
Jarak Poros Roda 2,455 mm 2,385 mm
Jarak Pijak depan 1,420 mm 1,409 mm
Jarak Pijak belakang 1,415 mm 1,412 mm
Jarak Terendah 152 mm

Sasis

Transmisi 5-Speed Manual 4 Speed Automatic / 5 Kecepatan M/T
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring Mc Pherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring Torsion Beam dengan Gas Shock Absorber
Rem Depan Ventilated Disc Disc
Rem Belakang Drum Leading-trailing Drums
Ukuran ban Alloy Wheel, 175 / 65 R14 165 / 60 R14
Ukuran Velg 14″ 14”

Fitur

Kenyamanan
  • New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)
  • Semi Bucket Seat
  • Sporty Rear Bumper Design
  • Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide
  • Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)
  • Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)
  • LED Rear Combination Lamp
  • AC
  • Power Window Depan
  • Power Window- Belakang
  • Pemanas
  • Ventilasi AC Belakang
  • Engine Start Stop Button
  • Adjustable Seats
  • Spion Lipat Elektrik
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi
  • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
  • Keyless Entry
Keamanan
  • Side Impact Beam
  • Dual SRS Airbags
  • New ABS (1.2 TRD)
  • Isofix
  • 3 Point Safety Belt
  • Seat Belt Reminder
  • Perangkat Anti Maling
  • Alarm Mobil
  • Engine Immobilizer
  • Sensor Parkir
  • Pelindung Benturan Samping

 

Harga Toyota Agya vs Kia Picanto

Harga Toyota Agya vs Kia Picanto

Toyota Agya

Kia Picanto

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Toyota Agya 1.0 G M/T Rp. 132.000.000 Harga Kia Picanto MT Rp 151.500.000
Harga Toyota Agya 1.2 G M/T  Rp.135.100.000 Harga Kia Picanto AT Rp 166.500.000
Harga Toyota Agya 1.2 G A/T Rp.148.100.000
Harga Toyota Agya 1.2 M/T TRD Rp.139.300.000
Harga Toyota Agya 1.2 A/T TRD Rp.152.400.000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Toyota Agya vs Kia Picanto https://www.youtube.com/watch?v=6KlqG5TXPos

Artikel terkait: Toyota Vios Modifikasi Indonesia 2017

Honda Jazz vs Daihatsu Sirion Indonesia Review 2017

Nissan GT-R Indonesia Review 2017

 

11 pemikiran di “Toyota Agya vs Kia Picanto Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar