Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Toyota Agya

Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018 – Ada yang bilang bahwa Toyota Calya merupakan gabungan atau kombinasi antara Toyota Agya dan Daihatsu Alya. Benarkah demikian? Namun terlepas dari itu semua Calya merupakan mobil dengan inovasi terbaru LCGC (Low Cost Green Car) yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Namun ternyata pabrikan Toyota juga memiliki mobil jenis LCGC lain yaitu Toyota Agya. Nah dari sini manakah diantara kedua mobil iniyang paling unggul? Untuk mengetahuinya tentu kita harus melakukan komparasi atau perbandingan diantara keduanya. Berikut ulasannya.

baca juga: Honda HRV vs Honda Jazz Indonesia Review 2018

Desain Toyota Calya vs Toyota Agya

Desain Toyota CalyaDari segi desain maka kita akan mendapati tampilan dari Toyota Calya dimana dibagian depan di lengkapi grille berukuran besar. Sementara dibagian tengah di atas bumper bisa kita jumpai adanya emblem khas mobil LCGC. Ada juga dua headlamp berbentuk besar yang desainnya mirip Avanza terbaru bisa kita temui pada Calya. Pada bagian belakang, Calya menghadirkan desain mirip Datsun Go.

Desain Toyota AgyaDi bagian belakang Calya kita juga akan mendapati model stop lamp mirip Innova. Terakhir kemiripan dengan mobil lain bisa kita temui pada tempat plat nomor yang mirip dengan yang digunakan Toyota Agya. Sementara itu desain Toyota Agya menghadirkan karakter dan tampilan yang sporty.

Dimensi Toyota Calya vs Toyota Agya

Dimensi Toyota CalyaMelihat dari dimensi atau ukuran keseluruhan dari kedua mobil ini maka kita bisa mendapati bahwa Toyota Calya jauh ebih bongsor pada semua sisi dibandingkan dengan Toyota Agya. Ukuran dari Toyota Calya sendiri adalah pajnag 4070 mm, lebar 1655 mm dan tinggi 1600 mm. Sementara itu Toyota Agya mencatat dimensi panjang cuma 3600 mm, lebar hanya 1600 mm dan tinggi 1520 mm.

Dimensi Toyota AgyaDari bongsornya Calya maka hal ini berdampak pula pada kapasitas tangki bahan bakar  yang dimiliki Calya yang mencapai 36 liter. Kapasitas tangki Toyota Agya sendiri hanya mencapai 33 liter. Tidak hanya kapasitas tangki bahan bakar saja, bongsornya bodi Calya juga berpengaruh pada jarak sumbu roda yang ada yang mencatat angka 2525 mm. Sdang pada Toyota Agya sendiri jarak sumbu rodanya hanya mencapai 2450 mm.

Interior Toyota Calya vs Toyota Agya

Interior Toyota CalyaPada bagian kabin LCGC ini, Toyota Calya ini hadir dengan tampilan desain yang cukup mengagumkan. Pertama, dashboardnya tampil dengan desain yang dirancang simple dengan mengadopsi sistem multilayer dashboard untuk varian yang mewah ini. Tepat dibawah audionya terdapat switch AC yang berada di samping tuas transmisi. Kemudian, menginjak pada lini kemudinya, terdapat finger rest yang ada di samping palang stir dengan logo Toyota di bagian tengahnya.

Dashboard Toyota CalyaTepat di bawah logo tersebut, terdapat logo SRS Airbag. Lalu, di depan kursi penumpang, tersedia ruang penyimpanan yang cukup luas untuk menyimpan beberapa barang. Di bagian atasnya hadir juga airbag yang tentunya bersembunyi dibalik dashboard Calya ini. Tak sampai di situ saja nih, kabin dari Toyota Calya ini memang didesain lebih luas sehingga bisa menampung hingga 7 penumpang.

Interior Kabin Toyota AgyaInterior Toyota Agya ini yang dibuat cukup pas untuk sekelas city car yang mampu menampung antara 4 sampai 5 penumpang. Menariknya, pada sektor dashboard Agya facelift ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih, diantaranya New Advance Entertainment lengkap dengan sistem audio berupa radio AM/FM, pemutar CD, dan pengontrol suara.

Dashboard Toyota AgyaTak sampai disitu, Bluetooth dan soket USB pun disediakan pada bagian dashboard nya sehingga anda dapat memainkan musik suka-suka tanpa perlu menggunakan kaset. Bahkan, Audio 2DIN pun turut disematkan pada Toyota Agya ini, sehingga mampu menghasilkan suara musik yang begitu menggelegar dan membahana. Selain itu, pada bagian lini kemudi pun sudah dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch yang begitu fungsional pada sektor kemudinya.

Mesin Toyota Calya vs Toyota Agya

Mesin Toyota CalyaMenuju ke bagian dapur pacu, maka akan mendapati Toyota Calya jauh lebih mumpuni dibanding Toyota Agya. Ini karena tipe mesin Calya yaitu 3NR-FE, 1.2 L dengan teknologi Dual VVT-i serta kapasitas mencapai 1197  cc bisa menghasilkan tenaga maksimum hingga 87 hp dna juga torsi mencapai 108 Nm.

baca juga: Honda Brio vs Honda Jazz Indonesia Review 2018

Namun pada Toyota Agya yang menghadirkan tipe mesin 1KR 12 3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC dengan kapasitas 998 cc hanya mampu mengeluarkan daya kuda 64 hp dan juga torsi maksimum mencapai 86 Nm.

Fitur Toyota Calya vs Toyota Agya

Fitur Toyota CalyaUntuk fiturnya, Toyota Calya dilengkapi dengan Rear AC Circulator yang berfungsi menjaga suhu dalam kabin tetap stabil. Kemudian, ruang kaki dan kepala pun cukup lebar dengan deretan kursi yang dapat disesuaikan serta dapat dilipat. Sehingga mampu memuat barang yang besar. Selain itu, fitur kenyamanan Toyota Calya ini pun didukung dengan fitur hiburan yang lengkap, diantaranya audio dan video system hingga port USB untuk menunjang konektivitas gadget. Tak ketinggalan juga, 2 speaker dengan model E dan 4 speaker dengan model G yang siap memberikan kenyamanan fitur audionya. Ditambah lagi, untuk pengemudi terdapat posisi kemudi yang memang didesain senyaman mungkin sehingga seluruh panel mudah diakses dengan mudah. Bahkan, dengan adanya MID Digital yang akan selalu siap memberikan data realtime kendaraan kepada anda saat mengemudi.

Fitur Toyota AgyaSementara, guna menunjang keselamatan saat berkendara pihak Toyota membekali mobil LCGC buatannya ini dengan Dual SRS Airbags untuk menekan resiko cedera ketika terjadi benturan keras. Selain itu, nampaknya mobil Toyota Agya facelift ini pun dilengkapi dengan perlindungan pada bagian samping dengan Side Impact Beam untuk menahan benturan dari samping. Lalu, tak ketinggalan juga untuk tipe 1.2 TRD fitur pengereman ABS pun turut dibekalkan, sehingga memberikan kualitas pengereman sempurna dan mencegah ban terselip.

Spesifikasi Toyota Calya vs Toyota Agya

Toyota Calya

Toyota Agya

Mesin

Tipe Mesin

In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

1.0L KR, DOHC, VVT-i

Isi Silinder

1197 cc

998 cc

Diameter x Langkah

72.5 x 72.5 mm

71.0 x 84.0 mm

Daya Maksimum

88 / 6,000 (Ps/rpm)

67 Ps/6,000 rpm

Torsi Maksimum

11/4200 (Kgm/rpm)

9.1 Kgm/4,400 rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

EFI

Kapasitas Tangki

36 L

33 Liter

Steering

Electronic Power Steering (EPS)

Dimensi

P x L x T

4070 x 1655 x 1600 mm

3,660 x 1,600  x 1.520 mm

Jarak Poros Roda

2525 mm

2,455 mm

Jarak Pijak depan

630 mm

1,420 mm

Jarak Pijak belakang

915 mm

1,415 mm

Jarak Terendah

180 mm

Berat

770

Turning Radius

4.4 m

Sasis

Transmisi

5-Speed Manual

5-Speed Manual

Suspensi Depan

Mac Pherson Struts

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring

Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

13′ Disc (Ventilated)

Rem Belakang

Drum

Drum Leading-trailing

Ukuran Ban

175/65R14

175 / 65 R14

Ukuran Velg

Tone Machining Alloy

Alloy Wheel

Fitur

Kenyamanan

Rear AC Circulator

One Touch Tumble

Headreast

Combination Meter

Front Armrest

Spion Electric

New Advanced Entertainment (1.2 TRD & 1.2 G)

Audio Steering Switch (1.2 TRD & 1.2 G)

emi Bucket Seat

Sporty Rear Bumper Design

Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide

Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (1.2 TRD)

Side Turn Lamp (1.2 TRD, 1.2 G & 1.0 G)

LED Rear Combination Lamp

Keamanan

Immobilizer

Dual SRS Airbag

ISOFIX

Rear Parking Sensor

Side Impact Beam

Dual SRS Airbags

New ABS (1.2 TRD)

Isofix

3 Point Safety Belt

Seat Belt Reminder

Harga Toyota Calya vs Toyota Agya

Secara kalkulasi rata-rata harga yang dimiliki setiap tipe mobil yang ada pada kedua brand yaitu Calya dan Agya maka kita menyimpulkan bahwa harga Toyota Calya jauh lebih mahal dibandingkan toyota Agya. Berikut adalah daftar harga untuk Toyota Calya semua tipe tersebut :

Harga Toyota Calya vs Toyota Calya

Toyota Calya

Toyota Calya

Tipe

Harga Tipe

Harga

Harga Toyota Calya Tipe E M/T

Rp. 132.450.000 Harga Toyota Agya Type E M/T Rp. 109.830.000

Harga Toyota Calya Tipe E A/T

Rp. 145.450.000 Harga Toyota Agya Type E A/T Rp. 121.560.000
Harga Toyota Calya Tipe G M/T Rp. 138.000.000 Harga Toyota Agya Type G M/T

Rp. 117.830.000

Harga Toyota Calya Tipe G A/T

Rp. 150.000.000 Harga Toyota Agya Type TRD S M/T Rp. 121.930.000
Harga Toyota Agya Type G A/T

Rp. 127.860.000

Harga Toyota Agya Type TRD S A/T

Rp. 132.460.000

artikel terkait: Honda BRV vs Toyota Avanza Veloz Indonesia Review 2017

19 pemikiran di “Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar