Toyota Calya vs Toyota Sienta Indonesia Review 2017

Toyota Calya vs Toyota Sienta

Toyota Calya vs Toyota Sienta Indonesia Review 2017- Tidak ingin kalah dengan pesaingnya di dunia otomotif, Toyota luncurkan dua mobil di segmen serupa dalam jangka waktu berdekatan. Yap, mereka adalah Toyota Calya dan Toyota Sienta. Berada di segmen yang sama, bagaimanakah spesifikasi lengkap keduanya?. Simak review yang telah dirangkum timOtoFreak berikut ini.

Eksterior Toyota Calya vs Toyota Sienta

Toyota Calya Eksterior

Gaya yang sederhana namun tetap mempertahankan kesan mewah menjadi daya tarik tersendiri pada eksterior mobil jebolan Toyota yang satu ini. Pada tampilan depan atau front Toyota Calya, mobil ini sedikit berbeda dari saudaranya Toyota Agya. Konsep keen look tak lupa diadopsi pada Toyota Calya seperti mobil pabrikan Toyota yang lainnya. Namun, ada kemiripan antara Toyota Calya dengan Toyota Avanza, yakni pada bagian lampu depan yang didesain dengan sudut yang tajam. Untuk grillenya Toyota Calya ini tidak memiliki aksen chrome dengan logo burung garuda pada sektor tengahnya.

 

Eksterior Toyota Calya

Body bongsor memang sengaja dirancang pada Toyota Calya tujuannya agar pada bagian belakang memiliki ruang tambahan. Tidak hanya dengan Toyota Avanza, jika diperhatikan sekilas pada sektor buritannya Toyota Calya ini terlihat mirip dengan Datsun Go Panca. Kemiripan itu terdapat pada desain kaca samping belakang. Tidak sampai disitu, kemiripan lain pun terlihat pada konfigurasi lampu belakang yang serupa dengan Toyota All-new Kijang Innova.

Didesain dengan bentuk huruf L terbalik disertai reflektor horizontal yang terdapat pada pintu bagasi. Secara keseluruhan desain eksterior Toyota Calya ini merupakan gabungan dari beberapa mobil, namun tetap menunjukkan konsep simple nan elegan.

Toyota Sienta Eksterior

Kesan eksklusif dan mewah akan anda dapati pada desain eksterior Toyota Sienta. Dengan bentuk grille berbentuk trapesium mirip dengan grille milik Toyota Yaris, Toyota Sienta menawarkan bentuk body yang modern lewat grillenya.

Eksterior Toyota Sienta

Selanjutnya, pada bagian headlamp, sudah menggunakan teknologi LED dengan levelling. Lalu, foglamp mobil ini memiliki bentuk bulat dikombinasikan dengan bumper depan dan front grille sehingga tampak sederhana namun tetap elegan.

Tidak hanya itu, pintu samping Toyota Sienta ini menggunakan sistem sliding door yang disemati Dual Power. Sistem ini memudahkan penumpang ketika membuka pintu. Untuk sektor buritannya, lampu berbentuk horizontal yang menggunakan teknologi LED senada dengan stoplamp berwarna merah melingkar pada tiap sisi lampunya.

Interior

Toyota Calya Interior

Dasbor Toyota Calya

Sektor pertama yang akan dibahas pada interior Toyota Calya yakni pada tampilan dashboardnya. Meski terkesan simple karena mengadopsi sistem multi layer dashboard, Toyota Calya ini jadi memiliki dashboard yang terlihat mewah. Selain desain dashboardnya yang mengagumkan, tepat dibawah audionya terdapat switch AC yang berada disamping tuas transmisi. Beralih ke lini kemudi, disamping palang stir yang memiliki logo Toyota dibagian tengahnya, terdapat finger rest. Selain itu, dibagian bawah logo pada stir terdapat logo SRS Airbag.

Interior Toyota Calya

Beralih ke kabin penumpang, tepat di depan kursinya terdapat ruang penyimpanan yang cukup luas. Tidak hanya desainnya yang mumpuni, secara fungsi Toyota Calya ini dirancang dengan kabin yang luas demi memberikan kenyamanan ekstra. Toyota Calya mampu menampung hingga 7 penumpang sekaligus. Meski atap mobil yang terbilang rendah, berkat diusungnya konsep desain bubble head lining yang menggembung ke atas. Saat berada didalam kabin mobil ini anda akan tetap merasa nyaman.

Toyota Sienta Interior

Dasbor Toyota Sienta

Sama seperti Toyota Calya, pada dashboard Toyota Sienta pun menggunakan desain yang berlapis sehingga terlihat fungsional namun tetap manis. Pada lapisan pertama terdapat fin AC, dudukan head unit, panel instrument, dan tombol start-stop engine (V dan Q). Tidak hanya itu, untuk sektor kemudi mobil ini menggunakan sistem steering switch control dan dilengkapi dengan layar TFT multi information display.

Interior Toyota Sienta

Selain itu layar touch screen berukuran 4,2 inchi dengan tampilan MID pun disematkan pada dashboardnya. Untuk bagian bawah dashboard, terdapat tempat tuas transmisi dan tombol pengatur audio. Untuk kapasitas penumpangnya, Sienta mengusung model tiga baris tempat duduk sehingga bisa memuat 6 sampai 7 orang. Pada kursi tengah, model captain seat disematkan sehingga menampilkan kesan yang elegan. Namun, untuk kursi bagian belakang agak sempit sehingga cocok untuk area anak-anak saja. Untuk memudahkan anda saat melipat kursi, Sienta menggunakan teknologi dive-in row.

Dimensi

Toyota Calya Dimensi

Toyota Calya ini memiliki spesifikasi ukuran 4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 dan jarak sumbu rodanya 2.525 mm. Selain itu, Toyota Calya ini memiliki ukuran ground clearence 180 mm. Sehingga meski melaju di medan yang bergelombang tetap halus.

Baca juga Daihatsu Xenia vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2017

Toyota Sienta Dimensi

Soal dimensi, Toyota Sienta ini menwarkan ukuran 4.235 mm x 1.695 mm x 1.675 mm. Untuk lebih dalam lagi, simak review lengkapnya pada tabel dibawah ini.

Tabel Perbandingan

Spesifikasi Toyota Calya vs Toyota Sienta

Toyota Calya

Toyota Sienta

Mesin
Tipe Mesin In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i 2NR-FE dual VVT-i
Isi Silinder 1197  cc 1496  cc
Diameter x Langkah 72,5 x 72,5 mm
Rasio Kompresi
Daya Maksimum 88 PS / 6000rpm 109 PS/6.000 rpm
Torsi Maksimum     11 Nm / 4200 rpm 136 Nm/4.400 rpm
Sistem Bahan Bakar
Kapasitas Tangki 36 L L
Sistem Kemudi     Electric Power Steering (EPS)
Dimensi
P x L x T 4070 x1655 x 1600 mm 4.235 x 1.695 x 1.675 mm
Jarak Poros Roda 2525 mm mm
Jarak Pijak depan mm mm
Jarak Pijak belakang mm mm
Jarak Terendah 180 mm mm
Berat kg kg
Turning Radius m m
Sasis
Transmisi 5-Speed Manual Super CVT-i
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson strut with coil spring
Suspensi Belakang Torsion axle beam with coil spring Torsion beam with coil
Rem Depan Ventilated disc ABS
Rem Belakang Drum EBD
Ukuran Ban 175/65 R14 195/50 R16
Ukuran Velg Two Tone Machining Alloy Alloy Whee
Fitur
Kenyamanan
  • Multi Layer Dashboard
  • Combination Meter
  • Front Armrest
  • Spion Electric
  • Power Charging Station
  • Double-Din USB/MP3
  • 56” Touch Screen
  • Miracast
  • Air Gesture
  • Monochrome MID
Keamanan
  • Immobilizer
  • Dual SRS Airbag
  • Seat Bealt
  • Isofix
  • ABS
  • Rear Parking Sensor
  • Anti Thief System
  • Rear AC Circulator
  • One Touch Tumble
  • Head Reast
  • Remote Alarm
  • Immobilizer
  • VSC
  • HSA
  • Airbag
  • Sliding Door
  • ISOFIX
  • Parking Sensor
  • Automatic High Beam (AHB)

 

Harga Toyota Calya vs Toyota Sienta

 

Harga Toyota Calya vs Toyota Sienta
Toyota Calya Toyota Sienta
Tipe Harga Tipe Harga
Toyota Calya Tipe E M/T Rp.132.450.000, Toyota Sienta E  M/T Rp 230.000.000
Toyota Calya Tipe E A/T Rp.145.450.000, Toyota Sienta E  CVT Rp 248.000.000
Toyota Calya Tipe G M/T Rp.138.000.000, Toyota Sienta G  M/T Rp 242.000.000
Toyota Calya Tipe G A/T Rp.150.000.000, Toyota Sienta G CVT Rp 260.000.000
Toyota Sienta V  M/T Rp 257.000.000
Toyota Sienta V CVT Rp 275.000.000
Toyota Sienta Q CVT Rp 295.000.000

78 pemikiran di “Toyota Calya vs Toyota Sienta Indonesia Review 2017”

Tinggalkan sebuah komentar