Toyota Camry vs Honda Accord Indonesia Review 2018

Toyota Camry vs Honda Accord

Toyota Camry vs Honda Accord Indonesia Review 2018  Apakah anda salah satu penggemar mobil sedan mewah? Salah satu sedan unggulan yang dikeluarkan Toyota Astra Indonesia yakni New Toyota Camry merupakan sebuah produk premium global yang diciptakan Toyota untuk konsumen kelas atas. Bahkan, mobil besutan Negara jepang ini memiliki pasar utama di Amerika Serikat, Australia, Asia, dan Asia, Indonesia menjadi salah satu pangsa pasarnya. Mobil yang telah dirilis sejak 1997 ini kembali meluncurkan generasi terbarunya. Namun kelas premium yang ditawarkan Toyota Camry ini memiliki pesaing dikelasnya yaitu Honda Accord. Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Tanah Air mengeluarkan generasi ke 9 dari Honda Accord yang sudah sejak 1978 dimana meluncurkan keluaran pertamanya. Hampir sama dengan Toyota Camry, pangsa pasar Honda Accord membidik pasar kelas atas. Honda Accord juga didesain sedikit lebih besar dan lebih mewah tentunya. Untuk mengetahui perbedaan di antara kedua mobil ini berikut ulasannya.

Eksterior Toyota Camry vs Honda Accord Indonesia Review 2018

Eksterior Toyota Camry

Toyota Camry Eksterior

Tampilan luar Honda Accord yang memang menggoda lewat desain lampu depan berteknologi full LED dengan kombinasi day-time running light dan grill berkonsep solid wing face dengan panel berlapis krom yang besar serta menjorok ke lampu utama. Wajah Honda Accord terlihat sangat kokoh dengan desain bumper yang aerodinamis dan mampu meningkatkan kemampuan down forcenya. Ketika kita bandingkan dengan wajah Toyota Camry yang terpasang grill yang memiliki 2 bagian. Yakni grill bagian atas yang memiliki sebuah garis dengan emblem toyota di tengahnya beraksen chrome, dan grill bagian bawah yang memiliki jaring-jaring besi.

Eksterior Toyota Camry

Dilengkapi dengan rongga kecil berstruktur yang memiliki warna hitam dan membuat mobil ini nampak futuristik dan sporty. Didukung oleh lampu depan dengan jenis LED yang tingkat pencahayaannya sangat terang. Lampu depan atau headlamp nya didesain tajam dan lebih sempurna lagi dengan foglamp yang terpasang pada bemper depan bagian bawah.

Eksterior Honda Accord

Eksterior Honda Accord

Beralih ke bagian samping keduanya yang sama – sama mewah. Honda Accord diberi sentuhan 2 aksen garis yang menonjol di sisi atas dan bawah. Toyota Camry memiliki desain bodi yang aerodinamis dan simple dengan sentuhan chrome pada list jendela. Dari Sektor kaki – kaki kita bisa melihat bahwa Toyota Camry ini di desain dengan velg berwarna hitam dan silver yang juga memberikan nuansa sporty. Aksen Chrome juga dihadirkan pada lubang buangnya yakni berjenis Dual Chrome-tipped Exhaust yang mengoptimalkan performa yang dihasilkan saat berkendara. Beralih  kebagian belakang, Toyota camry terlihat sporty dengan garis tengah beraksen chrome. Ditambah pula stoplamp dan sein yang simpel serta dengan bagian atas fascia belakang yang memiliki bentuk seperti spoiler namun berukuran kecil.

Eksterior Honda Accord

Hampir sama dengan Toyota Camry, Honda Accord pun memberikan sentuhan chrome garnish pada bagian belakangnya. kombinasi stop lamp serta lekukan rumah lampu yang menyatu dengan body kendaraan semakin membuat Honda Accord ini bernuansa mewah dan eksklusif. Dan Lebih memukau lagi dengan fitur fungsionalnya seperti Headlight with Auto On OF, Fog Lamp, HID Headlight with Auto Leveling, Hidrophilic Mirorr, Restratable Door Miror. Dilengakapi dengan  Door Mirror with Turning signal yang akan membantu dan memudahkan pengemudi dalam mengendarai mobil sedan ini pada saat melakukan perjalanan.

Interior Toyota Camry vs Honda Accord

Interior Toyota Camry

Dasboard Toyota Camry

Sekarang saatnya kita membedah bagian dalam dari kedua mobil ini. Jangan terpukau dulu dengan tampilan luarnya, Honda Accord memiliki tampilan yang tak kalah mewah dari segi interiornya. Mulai dari dashboardnya yang menggabungkan panel kayu Alaska berwarna gelap dengan panel hitam glossy serta latar belakang instrumen cluster aksen spindel yang elegan. Ditambah lagi dengan fitur berteknologi tinggi sehingga pengemudi dapat mengontrol Honda Accord ini melalui tombol – tombol kemudinya. Honda Accord menyediakan i-Dual Auto AC dan Rear AC Ventilation yang akan mengatur suhu di dalam kabin. Pengaturan Suhu tersebut dilakukan secara independen, otomatis, cepat dan merata yang mana sistem ini memperhitungkan suhu melalui arah sinar matahari terhadap Honda Accord melalui satelit. Untuk jok nya, memakai material premium leather yang sangat lembut dan nyaman.

Interior Toyota Camry

Berkapasitas 5 penumpang, Honda Accord  telah menginstalasi power seat adjusment yang berfungsi mengatur ketinggian bangku depan, i-Dual Zone Auto Climate Control System. Steering wheel mounted control dan hands-free telephone switch yang menjejali sisi kiri dari lingkar kemudi dan center console boxnya diselimuti lapisan kulit dan trim pintu. Dihiasi oleh kulit dengan panel kayu plus penambahan tirai di baris kedua dan kaca belakang. Tak hanya itu, penumpang akan dimanjakan oleh fitur kenyamanan seperti Multi Information LCD Display (MIL). Accord diakomodasi dengan layar sentuh multimedia Double DIN 7,5 inci yang dilengkapi dengan kemampuan Speed-sensitive Volume Compensation (SVC), sistem navigasi, wi-fi tethering dan telepon.

Interior Honda Accord

Dashboar Honda Accord

Terlihat jelas kemewahan kabin Honda Accord, tapi pesaingnya Toyora Camry pun memiliki desain kabin yang tak kalah mewahnya.  Memiliki ruangan interior  dalam yang luas, mobil sedan ini memiliki dasboard dengan panel yang lengkap yang berada pada bagian tengah akan memudahkan pengemudi dan penumpang bagian depan untuk mengatur kebutuhan yang diinginkan saat dalam perjalanan. Material jok dengan kualitas yang tinggin bernuansa hitam menawarkan kenyamanan terhadap penumpangnya.

Interior Honda Accord

Ditambah lagi dengan fitur hiburan audio Toyota Camry dengan JBL GreenEdge Audio yang dapat menghibur anda selama perjalanan. Selain itu Toyota Camry juga dilengkapi dengan Moonroof yang membuat pengemudi dan penumpang dapat pemandangan luar. Dari penjelasan detail fitur dan desain  interiornya diatas terlihat jelas kedua mobil ini memiliki keunggulan yang berbeda – beda pada masing – masing fiturnya.

Dimensi Toyota Camry vs Honda Accord

Untuk dimensi pada Toyota Camry memiliki panjang sebesar 4,850 mm, lebar 1,825 mm, dan tinggi 1,470 mm. Serta, menghasilkan j jarak terendah 160 mm. Ternyata Toyota Camry dan Honda Accord memiliki jarak poros roda yang sama besar yakni dengan jarak sebesar 2,775 mm. Tidak jauh berbeda dengan dimensi Toyota Camry, Honda Accord memiliki dimensi yakni dengan ukuran panjang 4.870 mm, lebar 1.850, dan tinggi 1.465 mm. Mengenai suspensi yang digunakan, pada Toyota Camry menggunakan jenis supensi bagian depan MacPherson Strut dan suspensi bagian belakang berjenis Dual-Link. Sementara, pada Honda Accord memasangkan suspensi bagian depan berjenis MacPherson Strut dan pada suspensi bagian belakang memakai jenis Independent Multi Link, Coil Spring with Stabilizer. Jadi, untuk dimensi diantara kedua mobil ini dapat dikatakan  tidak terpaut jauh berbeda.

Mesin Toyota Camry vs Honda Accord

Mesin Toyota Camry

Mesin Toyota CamryBerbicara mengenai mesin dari Honda Accord dibekali mesin DOHC 4 silinder segaris dengan 16 katup i-VTEC mempunyai ruang bakar yang berkapasitas 2.356 cc. Diklaim sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 176 PS pada putaran 6.200 RPM dengan torsi maksimum mencapai 225 Nm pada 4.000 rpm. Honda Accord menyalurkan transmisi otomatis 5 percepatan yang akan membuat akselerasi lebih lincah dan cepat. Honda Accord menyematkan teknologi sistem bahan bakar PGM-FI dimana mengkonsumsi bahan bakar lebih irit.

Mesin Honda Accord

Mesin Honda Accord

Sedangkan Toyota Camry dibekali mesin In-Line 4 Cylinders, 16- Valve, DOHC, VVT-i yang memiliki kapasitas 2.494 cc. Mobil sedan ini akan menghasilkan perfoma mesin yang lebih bertenaga. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maskimum sebesar 181 PS pada putaran 6.000 rpm dan menghasilkan torsi maksimum sebesar 23.3 kgm dengan putaran 4.000 rpm dan transmisi 6 percepatan. Toyota Camry memiliki sistem bahan bakar berteknologi injection dari toyota yakni Electric Fuel Injection (EFI).

Baca juga  Toyota Agya vs Kia Picanto Indonesia Review 2018

Fitur Toyota Camry vs Honda Accord

Keunggulan teknologi yang diterapkan Toyota Camry adalah fitur Rear Seat Controler dan Rear Seat Relaxation System. Toyota Camry juga memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi penumpang. Bagian kabin belakang karena dapat mengatur tempat duduk senyaman mungkin. Untuk fitur kenyamanan Toyota Camry dilengkapi dengan fitur Continous Variable Transmission (CVT) yang dapat meminimalisir terjadinya hentakan mesin saat melakukan perpindahan gigi secara otomatis maupun manual. Soal keselamatan, Toyota Camry memberikan jaminan keselamatan Standar Internasional seperti sabuk keselamatan yang terdapat di jok bagian depan dan belakang. Mobil ini juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, ABS+ABD+BA yang mampu menyempurnakan pengereman. Sehingga anda tidak perlu takut jika sewaktu-waktu terjadi pengereman secara mendadak.

Pada Honda Accord dihadirkan fitur Cruise Control yang memungkinkan kendaraan dapat melaju secara konstan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi secara terus menerus. Selanjutnya yaitu fitur ECO Button dan ECO Assist akan memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar. Fitur keamanan pun dihadirkan yaitu Lane Watch yang mana fitur ini dapat meningkatkan penglihatan pada samping kendaraan. Dapat meminimalkan blind sport area. Multi-Angle Rear View Camera pada Honda Accord juga dapat memberikan display tampilan dari berbagai sudut belakang sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan saat melakukan parkir. Dual SRS Front Airbags, Isofix & Tether pada Honda Accord berfungsi untuk mengunci kursi bayi pada bangku bagian belakang. ABS+EBD+BA berfungsi memberikan pengereman yang baik, dan fitur G-CON berfungsi meredam dan menyalurkan benturan apabila terjadi tabrakan yang tidak dapat di hindarkan. Serta ada pula fitur ACE (Advaced Compability Engineering) yang merupakan rancangan struktur bodi canggih dalam melindungi kabin penumpang.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Camry vs Honda Accord

Toyota Camry

Honda Accord

Mesin

Tipe Mesin In-Line 4 Cylinders, 16- Valve, DOHC, VVT-i 2,4L Inline 4 Cylinder, i-VTEC DOHC, 16 Valve + DBW
Isi Silinder 2,494 cc 2.356 cc
Diameter x Langkah 90.0 x 98.0 87,0 mm x 99,1 mm
Daya Maksimum 181 Ps / 6000 rpm 176 PS / 6.200 rpm
Torsi Maksimum 23.3 / 4000 rpm 225 Nm / 4.000 rpm
Sistem Bahan Bakar EFI PGM – FI
Sistem Kemudi EPS Rack & Pinion

Dimensi

P x L x T         4,850 x 1,825 x 1,470 mm 4.870x 1.850 x 1.465 mm
Jarak Poros Roda 2,775 mm 2.275 mm
Jarak Pijak depan 1,580 mm 1.585 mm
Jarak Pijak belakang 1,570 mm 1.585 mm
Jarak Terendah 160 mm

Sasis

Transmisi 6 speed AT Sequential 5 A/T
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson Strut
Suspensi Belakang Dual-Link Independent Multi Link, Coil Spring with Stabilizer
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc SolidDisc
Ukuran ban 215 / 55 / R17 235 / 45R18
Ukuran Velg 17” 18x7j

Fitur

Kenyamanan
  • WIL Concept Fronte Seat
  • Toyota Navigation
  • Exceptional Cabin
  • LED Projector Head Lamp
  • New Advanced Information & Entertainment System
  • New Wooden Instrument Panel Design
  • Luxurious & Spacious Cabin
  • New 17 Inch Alloy Wheel Design
  • weeter Speaker
  • Audio Steering Switch
  • Paddle Shift
  • Cruise Control
  • Multi Information Display
  • Air Conditioner
  • Rear A/C Ventilation
  • Rear Audio Switch Control
  • Sun Visor with Vanity Mirror
  • Seatback Pocket
  • Cup Holder
Keamanan
  • SRS Driver Airbags
  • SRS Front Passenger Airbags
  • Driver Knee Airbags
  • GOA (Global Outstanding Assesment) Body
  • VSC (Vehicle Stability Control)
  • Key Type Smart
  • Alarm System
  • Auto Door Lock by Speed
  • Immobilizer
  • Brake Override System
  • Lane Watch
  • Smart Parking Assist System
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Side Airbags

Harga Toyota Camry vs Honda Accord

Harga Toyota Camry vs Honda Accord

Toyota Camry

Honda Accord

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Toyota Camry 2.5 V A/T Rp. 615.600.000 Harga Honda Accord Rp 641.000.000
Harga Toyota Camry 2.5 G A/T  Rp. 587.800.000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Toyota Camry dan Honda Accord berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=9P8g6-869qQ

Artikel terkait:  Daihatsu Sigra VS Toyota Calya Indonesia Review 2018

Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia Indonesia Review 2018

Suzuki Karimun Wagon R vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Satu pemikiran di “Toyota Camry vs Honda Accord Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.