Toyota CHR vs Honda HRV Indonesia Review 2018

Honda HRV VS Toyota CHR

Toyota CHR vs Honda HRV Indonesia Review 2018 – Kehadiran Toyota CRV yang dikenalkan pada ajang Geneva Motor Show Maret tahun 2016 awal yang lalu menjadikan persaingan mobil dikelas SUV crossover makin ketat. Seperti kita tahu sebelum Toyota CHR muncul di pasaran Indonesia sudah ada mobil sejenis seperti Honda HR-V, Nissan Juke, Chevrolet Trax, Mazda CX-3, Renault Duster maupun Ford Ecosport. Meskipun belum resmi muncul di pasaran Indonesia, namun Toyota CHR ini sudah membuat persaingan dikelas mobil SUV sudah sangat terasa. Salah satu mobil SUV crossover yang dinyatakan akan tersaingi dengan kehadiran Toyota CHR ini adalah Honda HRV. Jadi manakah yang jadi jawaranya diantara kedua mobil ini? Berikut komparasinya.

baca juga: Toyota Calya vs Toyota Agya Indonesia Review 2018

Desain Toyota CHR vs Honda HRV

Desain Toyota CHRDari desainnya kita akan mendapati desain Toyta CHR yang sangat modern dan futuristik. Didukung oleh lekukan bodi yang sporty dan headlamp yang berdesain sipit menjadikan Toyota CHR dinyatakan mampu mengungguli desain Nisaan Juke dan Honda HRV.

Eksterior Toyota CHRSelain headlamp yang sipit dibagian mobil Toyota CHR ini juga bisa dijumpai lampu fog dengan bentuk bundar yang dibelakangnya ada tail light dengan desain mirip boomerang.

Desain Honda HRVTerakhir, ada juga lekukan bodi samping yang menawan serta velg sporty berdiameter sangat besar pada kedua sisinya. Sementara itu pada Honda HRV kita akan menjumpai desain bodi yang tegas dan kuat serta aerodinamis. Hal ini terlihat dari adanya lekukan tajam pada bodi HRV dan juga headlamp yang berkarakter tajam.

Dimensi Toyota CHR vs Honda HRV

Dimensi Toyota CHRDari dimensinya maka kita akan mendapati bahwa Toyota CHR memiliki ukuran panjang dan lebar yang lebih dibanding Honda HRV. Ukuran panjang dari CHR sendiri adalah 4.350 mm sedangkan untuk panjang HRV adalah 4.294 mm. Lalu ukuran lebar CHR yakni 1.850 mm sedangkan lebar HRV hanya 1.722 mm.

DImensi Honda HRVSementara untuk ukuran atau dimensi tinggi maka CHR yang mencatat angka 1.500 mm kalah unggul dari HRV yang mencatat tinggi 1.580 mm. Dari panjang dan lebarnya dimensi Toyota CHR maka hal ini membuat jarak sumbu rodanya lebih besar yaitu mencapai 2.640 mm dibanding HRV yang hanya mencatat angka 2.610 mm.

Interior Toyota CHR vs Honda HRV

Interior Toyota CHR

Dashboard Interior Toyota CHRMenilik sisi interior dari SUV mewah besutan Toyota ini, anda akan disuguhkan kabin luas dengan suasana interior yang nampak elegan pada setiap sisinya. Bukan hanya itu saja, tak dengan harga Toyota C-HR yang dipatok dengan angka yang tinggi wajar saja kabinnya tidak hanya sebatas kenyamanan tempat duduk yang dibalut material kualitas tinggi. Namun, untuk memberikan aura penyegaran, produsen otomotif asal Negeri Sakura ini juga telah menambahkan aksen warna biru yang begitu elegan pada beberapa segmen.

Kabin Interior Toyota CHRSedangkan, pada lini dashboard SUV premium ini dilengkapi dengan multimedia berupa panel layar touchscreen seluas 8 inci yang dapat dijadikan sebagai fitur hiburan. Bahkan, pada bagian dashboard ini pun sudah dilengkapi dengan panel khusus yang dapat diintegrasikan dengan smartphone and untuk memutar daftar lagu favorit. Selain itu, kemudahan pun dapat anda rasakan pada Toyota C-HR dibagian kemudinya, yakni anda dapat mengganti lagu ataupun menjangkau panel yang ada di bagian layar. Sehingga, pengemudi pun tetap fokus mengemudikan SUV ini.

Interior Honda HRV

Dashboard Interior Honda HRVKabin Honda HR-V sendiri didominasi dengan warna hitam elegan dan untuk beberapa tipe diberi sentuhan warna krem. Mulai dari dashboard Honda HRV, penampilannya terlihat eksklusif karena desain dashboard dirancang dengan konsep minimalis namun elegan berkat penempatan panel instrumen yang simetris. Pada bagian dashboard terdapat panel instrumen seperti MID LED display, Eco Asssit, Audio-Video System, Auto AC, serta setir kemudi yang dirancang sporty tanpa meninggalkan kesan murahan. Pada kabin setir kemudi Honda HRV tersedia fitur serta tombol pengoperasian yang mudah dijangkau, seperti contohnya tombol One Touch Turning Signal, Audio Steering Switch, dan juga One Push Ignition System.

Kabin Interior Honda HRVMaterial yang diusung juga tak mengecewakan dengan detail material pabrik. Khusus untuk Honda HR-V 1.8L Prestige dan juga HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio sudah dibekali komposisi full leather berkualitas tinggi. Sedangkan untuk semua kursi, baik pengemudi dan penumpang, juga sudah dilengkapi pula dengan seatbelt. Terakhir, Honda HRV di bagian bagasi juga disetting dengan kapasitas yang cukup lega agar bisa menampung barang bawaan lebih banyak.

Mesin Toyota CHR vs Honda HRV

Mesin Toyota CHRSaat diperkenalkan di Geneva Motor Show 2016 Toyota C-HR memiliki 3 pilihan mesin yaitu mesin hybrid 1.800 cc, mesin 1.200 cc turbo dan juga mesin 2.000 cc  yang hanya akan ditawarkan ke beberapa negara tertentu.

Mesin Honda HRVSementara itu untuk dapur apcu Honda HRV sampai saaat ini di Indonesia ditawarkan dua pilihan saja yaitu mesin 1.500 cc dan juga 1.800 cc. Dari sini bisa terlihat bahwa Toyota CHR memiliki pilihan mesin yang lebih beragam dbanding dengan Honda HRV.

Fitur Toyota CHR vs Honda HRV

Fitur Toyota CHR

Airbags Fitur Toyota CHRTak hanya dibekali mesin dengan performa yang tangguh saja, spesifikasi Toyota CHR ini pun dilengkapi dengan beragam fitur canggih nan modern. Sebagai SUV kelas premium, wajar saja jika fitur keselamatan maupun kenyamanan pengguna menjadi salah satu prioritas yang sesuai dengan harganya yang selangit. Pertama, Toyota C-HR menyematkan fitur Dual Airbags yang tersedia pada pengemudi dan penumpang depan untuk melindunginya dari hantaman keras ketika terjadi kecelakaan dari depan.

Fitur Toyota CHRDisamping itu, untuk memberikan tingkat pengereman handal maka pihak Toyota pun melengkapi Toyota CHR ini dengan fitur ABS (Anti-Lock Brake System) yang akan dikawinkan dengan teknologi EBD dan BA. Sehingga siap menghasilkan pengereman sempurna. Terlebih lagi, Toyota C-HR ini memiliki sistem dynamic driving, sehingga dimungkinkan anda untuk merasakan kenyamanan sewaktu berkendara dalam berbagai mode. Terakhir, untuk menunjang fitur hiburan, turut disematkan layar touchscreen seluas 8 inci dan beberapa panel fitur lainnya yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Fitur vs Honda HRV

Airbags Fitur Honda HRVFitur yang ada di Honda HRV bisa dibilang sudah cukup lengkap dan memenuhi standar tinggi mobil yang biasa digunakan pada mobil-mobil produksi Honda. Mulai dari struktur rangka body G-CON+ACE yang akan memberikan perlindungan maksimal kepada penumpang Honda HR-V saat terjadi benturan. Lalu ada pula fitur Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter, Seatbelt Reminder, jok ISOFIX, Hill Start Assist, dan juga Emergency Stop Signal. Kemudian ada juga fitur Motion Adaptive EPS untuk Honda HRV semua tipe. Sedangkan untuk fitur kenyamanan tersedia fitur Audio Double DIN (HR-V 1.5 A), 6,1 Touchscreen LCD (HR-V 1.5 S, 1.5 S CVT,  dan 1.5 E CVT).

Fitur Honda HRVSedangkan untuk Honda HR-V tipe 1.5 E CVT Limited Edition dan 1.8 Prestige terdapat Advanced LCD 7 inci. Untuk varian tertinggi HR-V 1.8 CVT Special Edition JBL Audio sudah tersedia Audio System komplit plus JBL Sound System. Sedangkan fitur kenyamanan seperti AC sudah tersedia di semua tipe. Namun untuk empat tipe tertinggi, spesifikasi Honda HRV sudah dilengkapi dengan teknologi Smart Touch, yakni fitur penunjang Auto Door Loock. Power Windows juga sudah hadir, tetapi untuk fitur Paddle Shift dan Cruise Control hanya tersedia untuk empat tipe teratas Honda HRV. Terakhir, terdapat juga Advanced 7 inchi pada fitur keamanan juga sudah cukup lengkap dengan adanya fitur Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System untuk semua tipe.

baca juga: Honda HRV vs Honda Jazz Indonesia Review 2018

Spesifikasi Toyota CHR vs Honda HRV

Toyota CHR 1.8 l Petrol Hybrid e-CVT

Honda HRV

Mesin

Tipe Mesin

2ZR-FXE 4, in line 16-valve DOHC with VVT-i

1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

Isi Silinder

1798 cc

1497 cc

Diameter x Langkah

80.5 x 88.3 mm

73,0mm x 89,4mm

Rasio Kompresi

13.04:1

10,3:1

Daya Maksimum

72 kW / 5200 rpm

120PS / 6.600rpm

Torsi Maksimum

142 Nm / 3600 rpm

145Nm / 4.600rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

PGM-FI

Kapasitas Tangki

43L

40L

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Drive System

Electronic Power Steering (EPS)

Dimensi

P x L x T

4360 x 1795 x 1555 mm

4.294 x 1.772 x 1.580 mm

Jarak Poros Roda

2640 mm

2.610mm

Jarak Pijak depan

1550 mm

1.535mm

Jarak Pijak belakang

1570 mm

1.540mm

Jarak Terendah

148 mm

185mm

Berat

1380 –1460 kg

1212kg

Turning Radius

5.2 m

Sasis

Transmisi

Hybrid Automatic

6 Speed M/T

Suspensi Depan

MacPherson strut

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double wishbone

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated disc

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Solid Disc

Ukuran Ban

215/55 R17

Ukuran Velg

Sporty 17″ Alloy Wheel

Fitur

Kenyamanan

Follow-me-home headlights

Dusk sensor

Rear-view camera display

Manual air conditioning

Dual-zone automatic air conditioning

Humidifying Nanoe™ air purifi er

Heated driver’s & front passenger seats

Coloured TFT multi-information display

3.7″ screen for multi-information display

4.2″ screen for multi-information display

6,1″ Monitor Touchscreen Display

CD/DVD

MP3/WMA

AM/FM Radio

USB Port

Aux Input

Connect with iPod /iPhone Mode (need additional cable for iPhone 4 & 4S)

Auto A/C with Smart Touch

Keamanan

Pre-Collision System with Pedestrian Detection

Lane Departure Alert with Steering Control

Road Sign Assist

Automatic High Beam

Adaptive Cruise Control

Daytime running lights (LED type)

LED headlamps

Front fog lamps (bulb type)

Front fog lamps (LED type)

Rear-view camera

Simple Intelligent Parking Assist (Simple IPA)

7 Airbags & Tyre Repair Kit (TRK)

Dual Front i-SRS Airbags

Seatbelt Reminder

ISOFIX & Tether

Vehicle Stability Assist (VSA)

Hill Start Assist (HSA)

Emergency Stop Signal (ESS)

Motion Adaptive EPS

Smart Key

Immobilize

Alarm System

Side Airbag

Side Curtain Airbags

Auto Door Lock by Speed

baca juga: Honda HRV vs Honda CRV Indonesia Review 2018

Harga Toyota CHR vs Honda HRV

Bicara mengenai harga, maka kita belum bisa membandingkan kedua mobil ini secara pasti. Mengapa demikian? Sebab harga pada Toyota CHR masih belum diketahui dan belum didapatkan. Namun salah satu pernyataan dari pihak Toyota bisa kita jadikan acuan . pernyataan resmi Toyota sendiri menyatakan bahwa harga CHR tak jauh dari harga RAV4 yaitu US $ 24.000 atau setara dengan 320 juta. Harga ini jelas belum final, mengingat ada biaya tambahan lain seperti pajak dan biaya-biaya lain yang akan dikenakan pada Toyota CHR jika memang benar-benar masuk ke Indonesia. Sementara itu untuk harga Honda HR-V dengan berbagai tipenya yaitu:

Harga Toyota CHR vs Honda HRV

Toyota CHR

Honda HRV

Tipe

Harga Tipe

Harga

Harga Honda CHR

Rp. 320.000.000 Harga Honda HR-V 1.5L A Manual Rp 249.000.000
Harga Honda HR-V 1.5L S Manual

Rp 263.000.000

Harga Honda HR-V 1.5L S CVT Automatic Rp 273.000.000
Harga Honda HR-V 1.5L E CVT Automatic

Rp 294.000.000

Harga Honda HR-V 1.5L E CVT Limited Edition Automatic Rp 302.500.000
Harga Honda HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio Automatic

Rp 348.000.000

Harga Honda HR-V 1.8L Prestige Automatic

Rp 363.000.000

artikel terkait: Honda BRV vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018

65 pemikiran di “Toyota CHR vs Honda HRV Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar