Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton Indonesia Review 2018

Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada

Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton Indonesia Review 2018- Pada akhir tahun 2012, toyota menghadirkan mobil jenis offroad 4×4 berteknologi VNT Turbo dengan transmisi otomatis. Mobil Offroad tersebut menjadi salah satu penantang jalanan yang sangat diminati oleh banyak kalangan, mobil tersebut yakni Toyota Hilux. Lalu, tidak mau kalah dengan Toyota, Mitsubishi memproduksi mobil offroad dengan nama Strada Triton yang dikeluarkan pada tahun 2014. Awalnya, strada triton memiliki nama L200 strada yang banyak diminati oleh pecinta mobil offroad. Bagi Anda penggemar mobil offroad yang ingin mencari tahu lebih dalam lagi tentang kedua mobil ini, simak ulasan review perbandingan antara mobil Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton berikut ini.

Eksterior Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton

Eksterior Toyota Hilux

Toyota HiluxPertama, pada tampilan ekserior Toyota Hilux akan terlihat penampilan bodi yang lebih garang dan bongsor dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pada bagian depan, terpasangnya headlamp yang dibuat cukup besar yang berbentuk trapesium melebar ke atas. Lalu, pada  front grill masih menggunakan desain besi bertingkat dengan penambahan aksen chrome.

Eksterior Toyota HiluxBeralih ke bagian samping, bisa dikatakan memiliki desain yang kaku karena tidak terdapat lekukan-lekukan bodi yang banyak. Selain itu, kaca mobil didesain standar sama dengan Toyota Hilux versi terdahulunya. Adanya tubular steep side berwarna hitam doff semakin membuat Toyota Hilux akan lebih terkesan gagah. Selain itu, pada bodi belakang terdapat bumper yang didesain begitu minimalis dengan penambahan baja dan ditempatkan di posisi bawah bak yang berwarna silver.

Eksterior Mitsubishi Strada

Mitsubishi StradaKesan sporty dan gahar tampak pada tampilan luar Mitsubishi Strada Triton. Body yang begitu bongsor dan menawan ini akan mampu membuat orang yang melihatnya jatuh hati. Pada Mitsubishi Strada Triton terbaru ini menghadirkan penyegaran pada desain lampu utama yang dibuat lebih menyipit dari yang versi sebelumnya, serta didesain masuk ke bodi samping. Pada desain grill juga diubah menjadi berkombinasi dengan warna chrome.

Eksterior Mitsubishi Strada

Sedangkan, fog lamp sengaja dibuat dengan adanya bezel tipis pada sekitar lampu. Beranjak ke bagian sampinya, mobil Mitsubishi gagah ini akan ditemukannya wide fender dan side foot step, serta adanya chrome pada bagian door handlenya. Dengan bentuk bodi yang seperti ini tampaknya, Mitsubishi Strada Triton terbaru ini diklaim akan mampu bermanuver baik di segala medan jalan.  

Interior Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton

Interior Toyota Hilux

Dasboard Toyota HiluxPada interior dari Toyota Hilux terbaru ini lebih menuju ke segmen pekerja lapangan. Salah satunya untuk tipe Toyota Hilux 2,5 E 4X4 M/T Double Cabin dapat dikatakan memiliki interior kelas atas. Pada  bagian kemudinya sudah menggunakan bahan material kulit. Selain itu, pada bagian dashboard terdapat layar touchscreen 6.1 inci yang berfungsi sebagai audio.

Interior Toyota HiluxToyota Hilux juga dilengkapi oleh fitur Easy 4X4 Switch, serta terdapat pula tachometer yang akan memberikan informasi lengkap berkendara dan ditambah dengan adanya eco lamp indicator. Toyota Hilux dapat menampung hingga empat orang penumpang. Kemudian, pada bagian belakang terdapat double cabin yang berfungsi sebagai ruang bagasi. Walaupun ruang kabin belakang terbilang sempit namun masih dapat menampung penumpang tambahan.

Interior Mitsubishi Strada Triton

Dashboard Mitsubishi StradaSementara, pada bagian interior Mitsubishi Triton Strada ini dibuat agak luas dan lebih memanjang dengan kapasitas tempat duduk yang dapat menampung hingga 4 orang penumpang. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang, tersedianya fitur Auto Air Conditioner (AC) yang akan memberika kesejukan ruang kabin. Bila melihat bagian dashboard tampak desain baru yakni Piano Black Panel Design pada Mitsubishi Triton Strada tipe Exceed dan tipe GLS, serta adapula transmission sport mode dengan 4WD Dial Mode pada Mitsubishi Triton Strada tipe Exceed AT.

Interior Mitsubishi StradaPada bagian jok juga dibalut dengan material kulit, hi-grade fabric, dan arm rest pada kursi baris kedua. Selain itu, sebagai penyimpanan barang bawaan terdapat doube cabin di bagian belakang dengan model yang terbuka.

Dimensi Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton

Dari segi dimensinya, Toyota Hilux memiliki bodi yang lebih besar yakni dengan panjang 5.285 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.815 mm, serta memiliki jarak sumbu roda sebesar 3,085 mm. Sedangkan dimensi dari Mitsubushi Strada Triton yang hanya mempunyai ukuran panjang 5,080 mm, lebar 1,785 mm, dan tinggi 1,795 mm, serta jarak sumbu rodanya 3,000 mm. Mitsubishi Strada Triton sendiri didapati kesan yang garang dan sporty. Hal ini terlihat dari adanya bak belakang yang sesuai dengan ukuran mobil dan juga penggunaan roda dengan ukuran 265/70R16, sementara pada Toyota Hilux memiliki ukuran roda sebesar .225/70R17 Steel. Untuk suspensi yang tersematkan pada Toyota Hilux yakni pada suspensi bagian depan berjenis Double Wishbone dan bagian belakang berjenisLeaf Spring Rigid Axle. Lalu, pada Mitsubishi Strada Triton menyematkan suspensi berjenis Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer pada bagian depan dan 3-Link Rigid Axle with Coil Springs pada suspensi belakang.

Mesin Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada

Mesin Mitsubishi Strada

Mesin Mitsubishi StradaBicara masalah performance mesin ternyata Mitsubishi Strada Triton mampu mengungguli Toyota Hilux. Hal ini dikarenakan mobil pabrikan Mitsubishi ini memiliki mesin 4D56 DI C/R T/C, DOHC 16 Valve. Ditambah lagi dengan inline 4-Cylinder Direct Diesel Injection berkapasitas silinder 2,494 cc maka Mitsubishi Strada Triton mampu menghasilkan tenaga maksimal 110 (81) pada putaran 4000 rpm. Menghasilkan torsi maksimal 20.4 (200) pada putaran 1500 – 3500 rpm. Dengan transmisi otomatis 5 kecepatan maka Mitsubishi Strada Triton ini mampu membukukan catatan terbaik 11,2 detik pada kecepatan 100 kpj.

Mesin Toyota Hilux

Mesin Toyota HiluxSedangkan pada Toyota Hilux dengan mesin 2KD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC dengan berkapasitas silinder 2,477 cc yang akan mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 144 pada putaran 3,400 rpm. Sedangkan torsi yang bisa dihasilkan dari mesin Toyota Hilux diesel sebesar 35 pada 1,600-2,800 rpm. Kecepatan empat transmisi otomatis pada Toyota Hilux sendiri hanya mencapai 13,4 detik pada kecepatan 100 kpj. Kedua mobil offroad ini sama-sama menggunakan sistem bahan bakar Common rail.

Fitur Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada

Karena kedua mobil ini termasuk dalam mobil offroad, maka akan banyak dijumpai fitur-fitur keamanan di dalamnya. Pada Toyota Hilux ini Anda akan menjumpai fitur keamanan berupa sistem pengereman tambahan yakni ABS + BA. Selain itu, ada juga fitur safety Dual SRS Airbags yang berfungsi untuk mengurangi cedera apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Sedangkan pada Mitsubishi Strada Triton kita juga akan menjumpai fitur kemanan berupa sistem pengereman di bagian depan yang berjenis Ventilated Disc dan rem berjenis Drum Brake pada bagian belakangnya. Pada tipe Mitsubishi Strada Triton type GLS dan exceed, sistem pengereman juga telah dilengkapi dengan teknologi ABS dan EBD. Selain sistem pengereman, Mitsubishi juga menghadirkan Dual SRS Airbag yang sama halnya diterapkan pada Toyota Hilux.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton

Toyota Hilux

Mitsubishi Strada Triton

Mesin

Tipe Mesin 2KD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC 4D56 DI C/R T/C, DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder Direct Diesel Injection
Isi Silinder 2,494  cc 2,477 cc
Diameter x Langkah 92,0 x 93,8 mm 91.1 x 95.0mm
Daya Maksimum 144 / 3,400 rpm 110 (81) / 4000 rpm
Torsi Maksimum 35 / 1,600-2,800 rpm 20.4 (200) / 1500 – 3500 rpm
Sistem Kemudi Rack and Pinion
Radius Putar 5.9
Sistem bahan bakar Fuel Injection w/Common Rail Common rail
Kapasitas Tangki 80 L 75 L

Dimensi

P x L x T 5,285 x 1,800 x 1,815 mm 5,080 x 1,785 x 1,795 mm
Jarak Poros Roda 3,085 mm 3,000 mm
Jarak Pijak depan 1,495 mm 1520 mm
Jarak Pijak belakang 1,510 mm 1515 mm
Jarak Terendah 220 mm
Berat 2,760 kg

Sasis

Transmisi 6-Speed Manual 5 Speed M/T
Suspensi Depan Double Wishbone Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer
Suspensi Belakang Leaf Spring Rigid Axle 3-Link Rigid Axle with Coil Springs
Rem Depan 16 Ventiated Disc
Rem Belakang Leading Trailing Drum Drums
Ukuran ban 225/70R17 Steel 245 / 75 / R16

Fitur

Kenyamanan
  • Power Sliding Door Button : Left Side (Type S), Both Side (Type E)
  • Audio : Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD  Player + USB Port + AUX Input + Made For iPhone
  • Interior Color : Black
  • ECO Assist : All Type
  • Audio Steering Switch : All Type
  • Power Window : All Type
  • Front & Rear Seat reclining : All Type
  • Auto A/C with Smart Touch : Type E
  • Heater : Type E
  • AC
  • Power Window Depan
  • Pemanas
  • Adjustable Seats
  • Power steering
  • Cup Holder
  • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
  • Pembuka Bagasi
  • On Board Computer
Keamanan
  • Struktur kerangka body : G-CON + ACE
  • Dual Front Air bags : All Type
  • Pedestrian Protection : All Type
  • ABS + EBD :  All Type
  • Pretensioner with load Limiter
  • Seatbelt : All type
  • Sabuk Keselamatan (Front) :
  • ISOFIX dan Tether : All type
  • Key Type : Wave Key
  • Keyless entry : All Type
  • Immobilizer : All Type
  • Alarm System : All Type
  • Auto Door Lock by speed
  • Smart Entry System
  • Kantong Udara Pengemudi
  • Airbag Penumpang Depan
  • Child Safety Locks
  • EBD (Electronic Brake Distribution)
  • Vehicle Stability Control System
  • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
  • Spion Tengah Lipat
  • Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggian

Harga Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada

Harga Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada

Toyota Hilux

Mitsubishi Strada Triton

Tipe Harga Tipe Harga
Toyota Hilux 2.5 E (4X4) M/T DIESEL Rp329.250.000-

Harga TRITON
Exceed AT 4×4
Rp427.000.000-
Toyota Hilux 2.5 G (4X4) M/T DIESEL Rp417.900.000- Harga TRITON
Exceed MT 4×4
Rp413.000.000-
Toyota Hilux 2.5 V (4×4) A/T DIESEL Rp456.000.000- Harga TRITON
GLS MT D-Cabin 4×4
Rp387.500.000-
Harga TRITON
HDX MT D-Cabin 4×4
Rp364.000.000-
Harga TRITON
HDX MT Single Cabin 4×4
Rp308.000.000-
Harga TRITON
GLX MT 4×2 Single Cabin
Rp228.000.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=lMOI3wai2nQ

Artikel terkait: Toyota Hilux vs Nissan Navara Indonesia Review 2018

Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Indonesia Review 2018

Honda Hr-v vs Mazda CX3 Indonesia Review 2018

Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia Indonesia Review 2018

42 pemikiran di “Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar