Toyota Hilux vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018

Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Toyota Hilux vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018- Dipasarkan sejak tahun 2005 di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, Toyota Fortuner langsung jadi pilihan favorit masyarakat. Mobil jenis SUV ini memang sangat memikat siapa saja yang melihatnya. Pasalnya mobil dengan mesin ber cc besar ini akan mampu berakselerasi dengan cepat dan juga yang penting adalah irit bahan bakar. Mobil yang mendapatkan penghargaan sebagai mobil yang memiliki emisi cukup rendah dan juga hemat bahan bakar tahun 2011 ini hadir dalam dua tipe yaitu tipe bensin dan diesel. Tapi bagaimana bila kemudian Toyota Fortuner ini dibandingkan dengan Toyota Hilux yang muncul pada akhir tahun 2012? Berikut ulasannya.

Eksterior Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Eksterior Toyota Hilux

Toyota HiluxPertama, pada tampilan ekserior Toyota Hilux akan terlihat penampilan bodi yang lebih garang dan bongsor dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pada bagian depan, terpasangnya headlamp yang dibuat cukup besar yang berbentuk trapesium melebar ke atas. Lalu, pada  front grill masih menggunakan desain besi bertingkat dengan penambahan aksen chrome. Beralih ke bagian samping, bisa dikatakan memiliki desain yang kaku karena tidak terdapat lekukan-lekukan bodi yang banyak.

Eksterior Toyota HiluxSelain itu, kaca mobil didesain standar sama dengan Toyota Hilux versi terdahulunya. Adanya tubular steep side berwarna hitam doff semakin membuat Toyota Hilux akan lebih terkesan gagah. Selain itu, pada bodi belakang terdapat bumper yang didesain begitu minimalis dengan penambahan baja dan ditempatkan di posisi bawah bak yang berwarna silver.

Eksterior Toyota Fortuner

Toyota FortunerToyota Fortuner menerapkan desain bertemakan “Stylish and Confidence”. Kesan mewah dan gagah tampak pada tampilan body Toyota Fortuner kali ini. Pada bagian depan akan terlihat lampu depan yang stylish dilengkapi dengan headlamp yang berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang dibuat lebih ramping dari yang terdahulunya. Selain itu, terdapat front grille berdesain prominent mencolok yang membuat mobil ini semakin gagah.

Eksterior Toyota FortunerAdanya model kaca belakang yang menyempit ke arah belakang dan garis-garis membuat terkesan maskulin dan gagah. Beralih ke bagian belakang, terpasangnya LED Tailight dengan model baru yang membuat fresh Toyota Fortuner. Untuk body belakang sengaja dibuat agak lebih tinggi dan terdapat “Power Back Door” yang berfungsi dalam membuka dan menutup pintu belakang hanya lewat tombol saja.

Interior Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Interior Toyota Hilux

Dasboard Toyota HiluxPada interior dari Toyota Hilux terbaru ini lebih menuju ke segmen pekerja lapangan. Salah satunya untuk tipe Toyota Hilux 2,5 E 4X4 M/T Double Cabin dapat dikatakan memiliki interior kelas atas. Pada  bagian kemudinya sudah menggunakan bahan material kulit. Selain itu, pada bagian dashboard terdapat layar touchscreen 6.1 inci yang berfungsi sebagai audio. Toyota Hilux juga dilengkapi oleh fitur Easy 4X4 Switch, serta terdapat pula tachometer yang akan memberikan informasi lengkap berkendara dan ditambah dengan adanya eco lamp indicator.

Interior Toyota HiluxToyota Hilux dapat menampung hingga empat orang penumpang. Kemudian, pada bagian belakang terdapat double cabin yang berfungsi sebagai ruang bagasi. Walaupun ruang kabin belakang terbilang sempit namun masih dapat menampung penumpang tambahan.

Interior Toyota Fortuner

Dashboard Toyota FortunerKali ini Toyota Fortuner mengalami penyegaran lewat desain interiornya, dimana pada bagian dashboard didesain mewah dan terdapat sentuhan aksen kayu, serta dashboard tampil begitu eksklusif. Kabin didominasi dengan warna yang gelap berciri khas selayaknya mobil kelas SUV. Untuk bagian kemudinya, terdapat sentuhan baru karena adanya fitur steering switch, paddle shift and sequential. Fitur Eco/Power Mode, rear Diff Lock, dan fitur paddle shift yang akan membuat si pengemudi merasa lebih nyaman.

Interior Toyota FortunerLalu, pada bagian jok, Toyota Fortuner mengalami perubahan yakni jok dibuat lebih empuk dan materialnya terbuat dari full kulit mewah. Keunggulan lainnya, tampak dari adanya jok dengan model ISOFIX dan tersedianya sabuk pengaman pada di setiap jok. Terakhir mengenai bagasi Toyota Fortuner cukup lega untuk menampung barang bawaan Anda ketika berkendara.

Dimensi Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Dibandingkan dengan Toyota Hilux maka kita akan mendapati dimensi Fortuner lebih lebar dan tinggi dengan ukuran 1.840 mm x 1850 mm. Sedangkan Toyota Hilux hanya memiliki ukuran lebar dan luas yaitu 1.800 mm × 1.815 mm. Untuk skala panjang memang Hilux masih jadi jawarnya dengan 5.285 mm, sedangkan pada Fortuner hanya mencapai 4.705 mm. Untuk desain maka Toyota Fortuner menghadirkan model yang elegan. Hal ini terlihat dari bentuk, interior dan eksteriornya. Selain elegan, Fortuner juga menghadirkan kesan yang gagah. Hal ini terlihat dari penggunaan ban yang berukuran 265 /65 R17 serta memakai velg dengan jenis New Dark Grey Alloy Wheel 17″. Sedangkan pada Toyota Hilux maka kita akan mendapatkan desain yang gahar pada banyak bagiannya seperti pada lampu depan dan juga pada besi front Grill-nya.

Mesin Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Mesin Toyota Hilux

Mesin Toyota HiluxPada Toyota Hilux dengan mesin 2KD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC dengan berkapasitas silinder 2,477 cc yang akan mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 144 pada putaran 3,400 rpm. Sedangkan torsi yang bisa dihasilkan dari mesin Toyota Hilux diesel sebesar 35 pada 1,600-2,800 rpm. Kecepatan empat transmisi otomatis pada Toyota Hilux sendiri hanya mencapai 13,4 detik pada kecepatan 100 kpj.

Mesin Toyota Fortuner

Mesin Toyota FortunerToyota Fortuner hadir dengan menawarkan dua pilihan mesin, yakni mesin Diesel 2.4L VNT berkapasitas silinder 2.393 cc dan mesin bensin 2.7L Dual VVTi berkapasitas silinder 2.694 cc. Untuk mesin diesel Toyota Fortuner mampu menghasilkan daya maksimum 149,6 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi maksimum hingga 40,81 Kgm pada putaran 1.600–2.000 rpm. Sedangkan, pada mesin bensinnya, Toyota Fortuner dapat menghasilkan daya 163 Ps pada putaran 3.400 rpm dan menghasilkan torsi sebesar 24,7 pada putaran 4.000 rpm. Untuk mesin diesel Toyota Fortuner menggunakan jenis bahan bakar Common Rail Type, dan pada mesin bensin menggunakan sistem suplai bahan bakar berjenis Fuel Injection.

Fitur Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Pada Toyota Hilux ini Anda akan menjumpai fitur keamanan berupa sistem pengereman tambahan yakni ABS + BA. Selain itu, ada juga fitur safety Dual SRS Airbags yang berfungsi untuk mengurangi cedera apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Tidak kalah dengan Toyota Hilux, Toyota Fortuner memiliki fitur kenyamanan yang baik, seperti adanya fitur audio yang berukuran 8 inci, Toyota Move, Navigation, dan Mirror Cast. Selain itu, ada pula  AC dengan control digital. Serta, pada bagian jok terdapat fitur Air Gesture dan pengaturan jok bermodel elektrik. Untuk Toyota Fortuner tipe SRZ dan VRZ telah diberi penambahan layar monitor tambahan pada plafon mobil baris kedua dan tersedia pula pengisian baterai Smartphone. Sementara, untuk fitur keselamatannya, terdapat fitur Triple SRS Airbag dan Isofix (jok tempat bayi). Bagian pengeremannya juga dilengkapifitur ABS dan EBD. Belum habis untuk keamanannya, Toyota Fortuner menyediakan fitur rear parking camera, all around sensor dan antena yang berbentuk sirip hiu.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Toyota Hilux

Toyota Fortuner

Mesin

Tipe Mesin 2KD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC 2TR-FE 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, Dual VVT-i / 2TR FE 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 2,494  cc 2,694 cc
Diameter x Langkah 92,0 x 93,8 mm 95.0 X 95.0 mm
Daya Maksimum 144 / 3,400 rpm 163/3,400 rpm
Torsi Maksimum 35 / 1,600-2,800 rpm 24.7/4,000 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection w/Common Rail Fuel Injection
Kapasitas Tangki 80 L 80 L

Dimensi

P x L x T 5,285 x 1,800 x 1,815 mm 4,795 x 1,855 x 1,835 mm
Jarak Poros Roda 3,085 mm 2,745 mm
Jarak Pijak depan 1,495 mm 1,545 mm
Jarak Pijak belakang 1,510 mm 1,550 mm
Jarak Terendah 220 mm
Berat 1.870 kg

Sasis

Transmisi 6-Speed Manual 6 Speed M/T
Suspensi Depan Double Wishbone Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer
Suspensi Belakang Leaf Spring Rigid Axle 4-Link dengan Lateral Rod
Rem Depan 16 Ventilated disc
Rem Belakang Leading Trailing Drum Ventilated Disc
Ukuran ban 225/70R17 Steel 265/60 R18 (TRD Alloy Wheel)

Fitur

Kenyamanan
  • Power Sliding Door Button : Left Side (Type S), Both Side (Type E)
  • Audio : Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD  Player + USB Port + AUX Input + Made For iPhone
  • Interior Color : Black
  • ECO Assist : All Type
  • Audio Steering Switch : All Type
  • Power Window : All Type
  • Front & Rear Seat reclining : All Type
  • Auto A/C with Smart Touch : Type E
  • Heater : Type E
  • New All Black Interior Color
  • New Intertaiment System
  • New Rear Seat Intertaiment
  • New Espresso Wood Ornament
  • New Silver Ornament
  • Ceiling Air Conditioner
  • Power Seat Adjuster : Hanya terdapat pada type 2.7V
  • New Black Leather Seat with Silver Stitch
  • Audio : 2 Din Audio Video System 7″ Thouch Screen, DVD, ipod Ready, Bloetooth, CD, Mp3, WMA, AM/FM, Tilt Fuction, Toyota Dial Shortcut, USB / AUX Compatible With Steering Switch, 6 Speakers
Keamanan
  • Struktur kerangka body : G-CON + ACE
  • Dual Front Air bags : All Type
  • Pedestrian Protection : All Type
  • ABS + EBD :  All Type
  • Pretensioner with load Limiter
  • Seatbelt : All type
  • Sabuk Keselamatan (Front) :
  • ISOFIX dan Tether : All type
  • Key Type : Wave Key
  • Keyless entry : All Type
  • Immobilizer : All Type
  • Alarm System : All Type
  • Auto Door Lock by speed
  • Smart Entry System
 

  • Struktur Rangka : GOA Body
  • Dual Front SRS Airbags : All Type
  • Corner dan Parking Sensor : All Type
  • Sabuk Keselamatan Depan : All Type
  • Sabuk Keselamatan Tengah : All Type
  • ABS : Type 2.7 V
  • ABS + EBD : Type 2.5 G
  • System Keamanan
  • Alarm System : All type
  • Keyless Entry : All type
  • Auto Lock System : All Type

Harga Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Harga Toyota Hilux vs Toyota Fortuner

Toyota Hilux

Toyota Fortuner

Tipe Harga Tipe Harga
Toyota Hilux S Cab 2.0 L M/T Bensin Rp203.400.000-

Toyota Fortuner 4×2 2.4 G M/T DSL Rp573.000.000-
Toyota Hilux S Cab 2.5 M/T Diesel Rp220.900.000- Toyota Fortuner 4×2 2.4 G A/T DSL Rp485.300.000-
Toyota Hilux E Cab 2.5 E (4X4) M/T DIESEL Rp329.250.000-

Toyota Fortuner 4×2 2.4 VRZ A/T DSL Rp515.900.000-
Toyota Hilux D Cab 2.5 E (4X4) M/T DIESEL Rp389.500.000-

Toyota Fortuner 4×2 2.4 VRZ A/T DSL TRD Rp527.900.000-
Toyota Hilux 2.5 G (4X4) M/T DIESEL Rp417.900.000- Toyota Fortuner 4×2 2.7 SRZ A/T BSN Rp541.300.000-
Toyota Hilux 2.5 V (4×4) A/T DIESEL Rp456.000.000- Toyota Fortuner 4×2 2.7 SRZ A/T BSN TRD Rp553.300.000-
Toyota Fortuner 4×4 2.4 G A/T DSL Rp587.800.000-
Toyota Fortuner 4×4 2.4 VRZ A/T DSL Rp659.400.000-

Artikel terkait: Toyota Sienta vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Toyota Fortuner vs Nissan X-Trail Indonesia Review 2018

Toyota Hilux vs Mitsubishi Strada Triton Indonesia Review 2018

Honda Jazz vsToyota Yaris Indonesia Review 2018

Toyota Fortuner VRZ Indonesia Review 2018

5 pemikiran di “Toyota Hilux vs Toyota Fortuner Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar