Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Toyota sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018– Kemunculan mobil bertipe MPV di dunia otomotif pastinya tidak lepas dari ketatnya persaingan pasar. Produksi mobil keluaran MPV ini setiap tahunnya berbagai macam bentuk desain dan varian, seperti halnya dengan Mobil Toyota Sienta, Daihatsu Sigra, dan Honda Mobilio. Ketiganya seakan bersaing satu sama lain dengan menunjukkan keunggulan masing-masing. Seperti Toyota Sienta, dengan konsep desain modern dan elegan membuat siapa pun ingin merasakan sensasi mengendarai mobil ini. Selain itu, Toyota Sienta juga hadir dengan fitur-fitur keselamatan yang menjamin keselamatan si pengemudi maupun penumpang selama perjalanan. Mobil ini diliris pada 2016 lalu.

Sementara itu, Daihatsu Sigra hadir dengan beberapa varian, yakni Sigra D, Sigra M, Sigra X, dan Sigra R. Daihatsu Sigra tampil dengan desain yang modern dan stylish, ditambah dengan spesifikasi, fitur dan komponen lainnya yang menunjang membuat mobil MPV ini tampak begitu diminati oleh calon konsumen. Daihatsu Sigra ini diluncurkan secara resmi pada bulan Agustus 2016 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Sedangkan, Honda Mobilio merupakan mobil andalan Honda bertipe MPV yang diperkenalkan 2014 lalu. Bahkan, karena banyak yang terpikat oleh Honda Mobilio ini, di awal tahun 2017 Honda membuat perubahaan pada mobil ini dalam hal desain eksterior, interior dan penambahan fitur-fitur canggih lainnya. Tampilan Honda Mobilio ini memiliki desain yang sporty dan didukung oleh interior yang cukup mewah. Jika anda bingung memilih di antara ketiga mobil mewah ini untuk dijadikan kendaraan pribadi Anda, berikut merupakan penjelasan dari Toyota Sienta, Daihatsu Sirga, dan Honda Mobilio.

Eksterior Toyota sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Eksterior Toyota sienta

Eksterior Toyota Sienta
Desain eksterior yang akan dibahas pertama adalah Toyota Sienta, mobil ini memiliki desain dengan body yang modern, ditambah kesan yang elegan dan mewah pula. Pasalnya, tampilan eksterior di bagian depan terlihat lampu fog yang berbentuk bulat dengan kombinasi bumper depan dan front grill. Ditambah dengan headlamp yang memakai lampu LED dengan leveling.

Toyota Sienta

Dari sisi samping mobil ini menyuguhkan tampilan pintu yang memudahkan si pemakai dalam membuka pintu mobil, yakni Sliding Door dengan Dual Power. Pada bagian belakang, Sienta terdapat lampu yang berbentuk horizontal dengan memakai lampu LED dipadukan dengan lamp berwarna merah yang melingkari setiap sisi. Toyota Sienta dilengkapi dengan vleg yang berukuran 16 inch dengan dengan ban yang terpasang berukuran 195/50 R16 Alloy Wheel. Bentuk mobil ini terlihat bongsor sehingga menimbulkan kesan yang gagah.

Eksterior Daihatsu Sigra

Eksterior Daihatsu Sigra
Seakan tidak mau kalah dengan Sienta yang berjenis MPV juga. Daihatsu Sigra menghadirkan body mobil yang berdesain elegan dan stylish, yakni gaya desain Keen Look yang hadir bertipe MPV LCGC. Jika dilihat pada bagian depan terlihat headlamps dan lampu sein yang terpasang dengan warna yang begitu jernih membuat mobil ini semakin memikat. Adanya bumper depan yang terlihat sporty dengan kombinasi grille trapezoidal.

Eksterior Daihatsu Sigra

Di bagian samping terlihat garis dengan lekukan yang halus membuat Sigra semakin stylish. Jika dilihat secara detail, Daihatsu Sigra menempatkan lampu bermodel huruf ‘L’ terbalik yang berkombinasi dengan reflector horizontal yang berada di pintu bagasinya. Sama seperti Toyota Sienta yang memiliki body yang bongsor, namun untuk Daihatsu Sigra varian tertingginya, menggunakan alloy ring 14. Menariknya seakan ingin memamerkan brandnya, mobil ini terpampang logo Astra Daihatsu Motor yang berada di sudut kiri bawah pintu bagasi. Sedangkan logo nama Sigra  diletakan di sudut kanan bawah pintu bagasi.

Eksterior Honda Mobilio

Eksterior Honda Mobilio

Satu lagi mengenai eksterior Honda Mobilio, mobil ini tidak jauh dari  Sienta dan Sigra yang memiliki desain yang elegan dan sporty. Namun, sepertinya Honda ingin membuat mobil ini dikenal sebagai mobil keluarga yang berdesain sporty, ini dikarenakan tampilan mobil yang memiliki kabin yang begitu besar. Ditambah tempat duduk yang lebar dengan bagasi yang berukuran besar layaknya mobil sport.

Headlamp Honda Mobilio

Lalu, si pengemudi mobil ini disuguhkan dengan headlamp yang berteknologi LED Light Guide dimana membuat si pengemudi nyaman saat berkendara pada malam hari karena sistem pencahayaan yang dimiliki. Kesan elegan dan sporty ditunjukkan dari  desain wajah kap pada mesin yang dibuat lebih panjang. Di bagian belakang, terdapat Rear License Garnish pada dudukan plat nomor yang terletak di antara kedua stop lamp. Aksen sporty yang ditimbulkan mobil ini terlihat dari lampu belakang yang dual solid motion berpadu garis body yang sangat dinamis dengan tambahan glassy cabin. Kelebihan dari Sigra ini salah satunya merupakan mobil keluarga dengan hemat bahan bakar dan memiliki suspense yang tangguh.

Interior Toyota sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Interior Toyota sienta

Dasboard Toyota Sienta

Desain interior dari kabin Toyota Sienta terlihat sederhana. Nampak, lapisan atas berwarna hitam yang menjadi tempat fin AC (Air Conditioner), dudukan head unit, panel instrument, dan tombol start-stop engine (V dan Q). Di sisi lain, untuk kemudi mengunakan sistem steering switch control dengan dilengkapi layar TFT multi information display. Pada dudukan head unit  mobil, dilengkapi dengan touchscreen dengan ukuran 4,2 inci dan tampilan MID. Lalu, bagian bawah dashboard berwarna krem dimana sebagai tempat transmisi dan tombol pengatur audio. Di bagian jok berwarna coklat sebagai default varian (V dan Q), sedangkan (E dan G) berwarna hitam.

Interior Toyota Sienta

Untuk desain interior Sienta, Sigra, dan Mobilio menyuguhkan tampilan dan fitur-fitur yang menarik. Ketiganya memiliki daya tampung tempat duduk hingga 7 penumpang. Pertama, Toyota Sienta membuat model tiga baris tempat duduk dimana pada kursi ke-2 dilengkapi dengan model captain seat yang menambah kesan mewah. Serta kursi belakang yang ditujukan untuk anak-anak karena ukurannya yang kurang luas.

Interior Daihatsu Sigra

Dasboard Daihatsu Sigra

Sedangkan, bagian kabin Daihatsu Sigra terlihat luas. Dengan dibekali dashboard bergaya sederhana namun modern dan futuristic. Di bagian tengahnya pun tampak terpasang beberapa tombol pengatur AC (Air Conditioner), dan layar MID yang berada di panel instrumennya. Khusus Daihatsu Sigra varian tertinggi, desain dashboardnya memiliki gaya akses two-one yang dilengkapi piranti hiburan 2DIN.

Interior Daihatsu Sigra

Lalu, jika dibandingkan dengan Sienta, pada kursi ke-2 Daihatsu Sigra dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur sesuai keinginan dan di kursi belakang nampak legroom yang cukup luas. Menariknya, Daihatsu Sigra ini memiliki kursi yang menyatu dan praktis karena dapat dilipat sehingga memperluas ruang bagasi. Kemudian, jarak kepala dengan langit-langit pun cukup lapang.

Interior Honda Mobilio

Dasboard Honda Mobilio

Sementara itu, Interior Honda Mobilio lebih elegan dan terkesan mewah, ruang kabin dilengkapi dengan beberapa fitur yang canggih. Di bagian dashboard dilengkapi dengan fitur audio visual dengan layar sentuh yang interaktif. Untuk tipe Honda Mobilio ini juga dilengkapi dengan New Advanced 6.8 inchi Touchscreen A/V System dengan enam Premium Speakers, New Auto AIC, New Meter Cluster Design. Interior mobil ini mendominasi warna hitam dengan kombinasi jahitan oranye yang sporty. Lalu, terdapat juga  USB Connection dan Quick Charging (1.5A) yang memberikan kemudahan kepada si pemakai mobil ini dalam  melakukan pengisian baterai smartphone. Berikut desain interior yang disematkan kepada ketiga mobil MPV ini.

Interior Honda Mobilio

Sementara, untuk Honda Mobilio memiliki kursi bagian depan yang mengusung Semi-bucket Ergonomis yang berguna menjaga posisi badan si pengemudi saat berkendara. Sementara itu, untuk jok baris pertama mengangkat konsep kursi yang menyatu dengan headrest yang akan menjadi ciri khas mobil LCGC ini. Selain itu, di kursi ke-2 dibalut dengan bahan yang lebih tebal sehingga penumpang yang berada di dalamnya nyaman berlama-lama di dalam mobil Sigra ini.

Dimensi Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Dimensi untuk Toyota Sienta memiliki panjang 4.235 mm, lebar 1.695, dan tinggi  1.695 mm, sedangkan untuk jarak poros sumbu roda mencapai 2.750 mm dan jarak terendah dari tanah yakni 170 mm. Suspensi yang digunakan pada bagian depan berjenis MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer dan suspensi bagian belakang berjenis Torsion Beam with Coil Spring and Stabilizer.

Lalu, pada Daihatsu Sirga memiliki dimensi dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm, serta memiliki jarak poros sumbu roda sebesar 2.525 mm dan jarak terendah sebesar 180. Untuk suspensi bagian depan memakai jenis MacPherson Strut dan suspensi bagian belakang memakai jenis Semi Independent Torsion Axle Beam.

Terakhir, untuk dimensi Honda Mobilio berdimensi panjang 4.386, lebar 1.683, dan tinggi 1.603 mm, serta memiliki jarak poros sumbu roda sebesar 189 mm. Honda Mobilio memakai suspensi jenis MacPherson Strut untuk bagian depan dan memakai suspensi jenis H-Shape Torsion Beam pada bagian belakang. Jadi, untuk ketiga mobil ini sama-sama menggunakan jenis suspensi yang kokoh dan terbukti kualitasnya.

Baca juga Mitsubishi Mirage Hatchback vs Nissan March Hatchback Indonesia Review 2018

Mesin Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Mesin Toyota Sienta

Mesin Toyota Sienta

Mengenai masalah mesin. Pertama untuk Toyota Sienta ada dua pilihan, yakni mesin standar dan hybrid. Versi standar ini menggunakan mesin L4 DOHC 16-valve VVT-iE berkapasitas silinder 1.496 cc dan mampu menghasilkan tenaga 107 PS pada putaran 6.000 rpm. Serta menghasilkan torsi hingga 14.3 pada putaran 4.200 rpm. Untuk sistem transmisinya yakni Super CVT-i. sedangkan, untuk versi hybrid, sama-sama mengusung mesin L4 DOHC 16-valve VVT-I dengan kapasitas silinder sebesar  1.497 cc. Sedangkan untuk powernya mencapai 74 PS pada putaran 4.800 rpm, serta torsi mencapai 111 Nm pada putaran 4.400 rpm. Lalu transmisinya memakai teknologi Electronically Controlled CVT. Toyota Sienta menyediakan varian MT/CVT. Namun, untuk varian Q yang termahal dengan transmisi automatic.

Mesin Daihatsu Sigra

Mesin Daihatsu Sigra

Sedangkan, mesin yang digunakan Daihatsu Sigra memiliki 2 tipe mesin, yakni varian 1.0 liter untuk Sigra D dan Sigra M, kemudian ada mesin 1.2 liter untuk tipe Sigra X dan Sigra R. Varian mesin 1.0 liter ini menggunakan tipe mesin DOHC VVT-I 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 998 cc yang menghasilkan daya hingga 67 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan maksimum torsi hingga 8.7 Nm setiap putaran 3.600 rpm.  Sementara, untuk mesin 1.2 liter mengusung tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4 silinder 16 katup dengan kapasitas hingga 1.197 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm. Mampu mencapai torsi maksimal hingga 108 Kgm pada putaran ke 4.200 rpm. Tenaga mesin 1.0 liter akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan, mesin 1.2 liter disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan, serta transmisi otomatis 4 percepatan. Penggunaan tipe VVT-I tersebut berguna dalam  menghemat penggunaan bahan  bakar.

Mesin Honda Mobilio

Mesin Honda Mobilio

Disisi lain, ada Honda Mobilio yang  mengandalkan mesin 1.5 Liter SOHC 4 Silinder Tunggal Segaris berteknologi i-VTEC+DBW. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 88 Kw pada putaran 6.600 rpm dan mencapai torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.  Mobil MPV ini memiliki daya maksimum 87 kw (118PS) pada putaran 6.600 rpm sehingga mampu melaju dengan kecepatan yang maksimal. Sistem injektor berbahan bakar dengan teknologi PGM-FI ini mampu membuat mobil melaju dengan cepat, terlebih lagi dapat menghemat bahan bakar.

Fitur Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Fitur Toyota Sienta

Soal keamanan dan keselamatan dari ketiga mobil MPV ini tidak perlu diragukan. Pasalnya masing-masing telah memiliki fitur keselamatan yang canggih dan modern. Misalnya Toyota Sienta  didukung sistem pengereman terbaik saat ini, yaitu ABS dan EBD yang menjadi perangkat keamanan wajib saat berkendara. Selain itu, adanya fasilitas Airbag bertujuan menghindari benturan dan menjamin keselamatan saat terjadi kecelakaan kepada si pengemudi maupun penumpang. Selain itu, terdapat fitur Pre-Collision System (PCS) yang dapat mengatur sistem pengereman kendaraan. Serta adanya fitur Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB).

Fitur Daihatsu Sigra

Tidak hanya Toyota Sienta yang memiliki fitur keselamatan yang canggih. Mobil LCGC ini juga tidak mau kalah, Daihatsu Sigra juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang canggih seperti rem ABS, Airbags, Brake Assist. Serta pelindung benturan samping serta sabuk pengaman. Terdapat pula Alarm Anti Maling dan Centra Lock untuk memenuhi faktor keamanan. Selain desain yang memikat dan spesifikasi mesin yang lengkap, Honda Mobilio membekali fitur keselamatan bagi pengguna mobil ini. Misalnya dalam hal pengereman terdapat fitur ABS + EBD (tipe E CVT) yang dapat mempermudah pengemudi dalam mengontrol laju kendaraan. Fitur-fitur keselamatan yang menarik perhatian lainnya diantaranya Alarm Sistem, Padestrian Protection, Dual Front Airbags yang dapat melindungi pengemudi atau penumpang di bagian depan dari benturan. Immpobilizer, Pretensioner with load Limiter Seatbelt yang berguna untuk menghindari cedera saat terjadi kecelakaan.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Toyota Sienta

Daihatsu Sigra

Honda Mobilio

Mesin

Tipe Mesin 2NR-FE In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW
Isi Silinder 1.496 cc 1.197 cc 1496 cc
Diameter x Langkah 72.5 x 90.6 72,5 x 72 73,0mm x 89,4mm
Daya Maksimum 107 / 6,000 88/6.000 88Kw(118PS) / 6.600rpm
Torsi Maksimum 14.3 / 4,200 108/4.200 88kg.m(145Nm)/4.500rpm
Sistem Bahan Bakar EFI PGM-FI
Sistem Kemudi Rack and Pinion Rack & Pinion dengan Electric Power Steering Rack & Pinion
Kapasitas bahan bakar 36 L 42 L

Dimensi

P x L x T 4,235 x 1,695 x  1,695 mm 4070 x 1655 x 1600 mm 4.386 x 1.683 x 1.603 mm
Jarak Poros Roda 2,750 mm 2.525 mm 2.650 mm
Jarak Pijak depan 780 1.470 mm 1.472mm
Jarak Pijak belakang 705 1.475 mm 1.475mm
Jarak Terendah 170 180 189
Radius putar 5.3 4,5

Sasis

Transmisi 6-Speed Manual 5 Speed M/T
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer MacPherson Strut MacPherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Beam with Coil Spring and Stabilizer Semi Independent Torsion Axle Beam H-Shape Torsion Beam
Rem Depan 15 Ventilated Disc Ventilated Disc Brake Ventilated Disc
Rem Belakang 15 Solid Disc Drum Drum
Ukuran ban 185/60R15 Steel with Full Cap 175/65 R14 185/65 R15
Ukuran Velg Steel 15’’

Fitur

Kenyamanan
  • AC
  • Analog
  • Dobel Blower
  • Auto Digital
  • Speedometer: Monochrome MID, TFT LCD 4.2″
    Entertainment: Double-Din
  • USB/MP3, 5.6″Touchscreen, Miracast, Bluetooth, AirGesture
  • Dasbor warna 2-tone,
  • Transmisi pada dasbor,
  • Material color inside door handle
  • split front seat with unified head rest
    molded door trim
    molded head lining,
  • pelipatan jok baris kedua
  • jok material fabric
  • Audio
  • ECO Assist
  • Air Conditioner
  • Rear A/C System
  • Separated & Adjustable Headrest
  • One Touch Tumble 2nd Row Seat
  • Reclining & Sliding 2nd Row
  • Seat Reclining Only
  • Fold & Tumble 2nd & 3rd Row Seat
  • Cup Holder
  • 3rd Row Seat Fold Down 50:50
Keamanan
  • Sistem Rem
  • Disc Brake
  • ABS
  • Kunci
  • Airbag Kursi Depan
  • Sliding Door
  • Manual Electric
  • Sliding Door
  • ISOFIX
  • Sensor Parkir
  • Sabuk pengaman untuk ketujuh penumpang
  • child proof door lock
  • Head rest pada jok baris kedua.
  • Immobilizer
    Alarm
  • Keyless entry
  • dual srs airbag
  • Sabuk pengaman depan
  • Antilock braking system
  • Shift lock
  • Struktur Rangka Bodi G-CON + ACE™
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Sabuk Keselamatan
  • Seatbelt Reminder
  • Driver
    Pretensioner with Load Limiter
  • Seatbelt
  • ISOFIX & Tether
  • Vehicle Stability Assist (VSA
  • Key Type
  • Alarm System
  • Immobilizer

Harga Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Harga Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio

Toyota Sienta

Daihatsu Sigra

Honda Mobilio

Tipe Harga Tipe Harga Tipe Harga
Toyota Sienta 1.5 E M/T Rp.233.700.000 Daihatsu Sigra  1.0 D MT Rp.108,900,000 Honda Mobilio S Rp.189.500,000
Toyota Sienta 1.5 E CVT Rp.251.700.000 Daihatsu Sigra 1.0 M MT Rp. 117,800,000 Honda Mobilio E Rp.210,000,000
Toyota Sienta 1.5 G M/T Rp.245.700.000 Daihatsu Sigra 1.2 X MT Rp.127,150,000 Honda Mobilio E CVT Rp.221,000,000
Toyota Sienta 1.5 G CVT Rp.263.700.000 Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX Rp. 132,650,000 Honda Mobilio RS Rp.233,000,000
Toyota Sienta 1.5 V M/T Rp.260.700.000 Daihatsu Sigra 1.2 X AT Rp.139,950,000 Honda Mobilio RS CVT Rp.243,500,000
Toyota Sienta 1.5 V CVT Rp.278.700.000 Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX Rp 145,450,000
Toyota Sienta 1.5 Q CVT Rp.298.700.000 Daihatsu Sigra 1.2 R MT Rp 133,050,000
Toyota Sienta New 1.5 Q CVT Rp.299.500.000 Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX Rp 136,850,000
Daihatsu Sigra 1.2 R AT Rp 145,850,000
HDaihatsu Sigra1.2 R AT DLX Rp 149,650,000

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Toyota sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=jAbfW-tAOMs dan https://www.youtube.com/watch?v=ZHDahtd3TZ0

Artikel terkait: Toyota Camry vs Honda Accord Indonesia Review 2018

Toyota Agya vs Kia Picanto Indonesia Review 2018

Honda Freed vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

11 pemikiran di “Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar