Toyota Sienta vs Honda Freed Indonesia Review 2018

Toyota Sienta vs Honda Freed Indonesia Review 2018Mobil yang berada pada kelas MPV selalu menarik bagi masyarakat Indonesia yang kebanyakan ingin memiliki kendaraan serba guna. Oleh karena itu, hampir semua pabrikan penghasil mobil memiliki produk mobil MPV dengan berbagai tipe. Diantaranya banyak tipe mobil MPV di Indonesia yang banyak kita temui adalah Toyota Sienta dan Honda Freed. Nah, kedua mobil ini sama-sama diminati oleh masyarakat. Tidak heran jika beberapa orang bingung untuk menentukan satu satu diantaranya. Jika ingin tahu manakah diantara keduanya yang lebih unggul, oleh karena itu simak review perbandingannya di bawah ini.

Eksterior Toyota Sienta vs Honda Freed

Eksterior Honda Freed

Eksterior Honda FreedHonda Freed memiliki desain eksterior yang sporty dan mewah. Bodi Honda Freed lebih kotak dan dilengkapi oleh kap mesin yang unik. Honda Freed memiliki fitur Power Sliding Door eith remote control yang akan memudahkan penumpang keluar masuk mobil.

Pintu Honda FreedSelain itu, Honda Freed memiliki desain lampu yang membentuk jajar genjang. Melihat body bagian belakang, Honda Freed terlihat Tailgate Spoiler bergaya aerodinamis dan desain Bold Rear License Garnish dibuat lebih lebar.

Eksterior Toyota Sienta

Toyota Sienta EksteriorSementara, untuk desain eksterior Toyota Sienta bergaya modern. Pada bagian depan terlihat grill berbentuk trapesium dan untuk headlamp sudah menggunakan lampu LED dengan levelling. Serta, foglamp Toyota Sienta didesain berbentuk bulat dengan berpadu dengan bumper depan dan front grill yang akan menimbulkan kesan sederhana dan juga elegan.

Toyota SientaMenariknya, pada bagian pintu samping second row dilengkapi dengan pintu sliding doors yang dilengkapi Dual Power dimana akan memberikan kemudahan bagi penumpang dalam membuka pintu. Beralih ke bagian belakang, terdapat lampu berbentuk horizontal dengan diberi lampu LED berpadu dengan stoplamp berwarna merah melingkar.

Interior Toyota Sienta vs Honda Freed

Interior Toyota Sienta

Dashboard Toyota SientaBerbicara desain interior Toyota Sienta terlebih dahulu, maka ruang kabinnya memiliki desain yang simple. Tidak hanya itu, bagian dashboard dirancang berlapis sehingga menimbulkan kesan manis dan tidak terlalu minimalis. Untuk lapisan atasnya diberi warna hitam yang menjadi tempat untuk AC (Air Conditioner).

Interior Toyota SientaDi sisi  bagian bawah dashboard diberi sentuhan warna krem dimana sebagai tempat tuas transmisi dan tombol pengatur audio. Toyota Sienta dapat menampung 6 hingga 7 orang penumpang. Menariknya, Toyota Sienta menerapkan sistem dive-in row yang dapat berguna untuk melipat kursi agar ruang kabin lebih leluasa.

Interior Honda Freed

Dasboard Honda FreedBeralih ke bagian desain interior Honda Freed terlihat ruang kabin yang simple dan modern. Untuk bagian dashboard memiliki tuas transmisi yang menyatu dengan dashboard, hal ini akan memudahkan pengemudi saat mengemudi.

Interior Honda FreedMobil Honda Freed sendiri dapat menampung 6 hingga 7 orang penumpang. Untuk kualitas masing-masing jok tidak perlu dikhawatirkan karena jok Honda Freed terbuat dari material berkualitas. Honda Freed memliki bagasi yang cukup memadai untuk membawa barang bawaan yang lebih.

Dimensi Toyota Sienta vs Honda Freed

Mengenai dimensinya, jika diperhatikan mobil Honda Freed sedikit lebih lebar dari mobil Toyota Sienta. Namun, dalam urusan panjang Toyota Sienta sedikit lebih unggul dari Honda Freed. Jika dimensi Honda Freed berukuran panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.740 mm. Sementara, pada Toyota Sienta memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.675 mm. Selain itu, mengenai jarak sumbu roda kedua mobil MPV ini hampir berbeda sedikit, jika pada Honda Freed sendiri berukuran 2.740 mm sedangkan Toyota Sienta memiliki jarak sumbu roda berukuran 2.750 mm. Beralih ke bagian suspensinya, maka untuk Honda Freed sendiri menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan suspensi jenis H-Shape Torsion Beam. Sementara Toyota Sienta memasangkan suspensi jenis MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer di depan dan di belakang.

Mesin Toyota Sienta vs Honda Freed

Mesin Honda Freed

Mesin Honda FreedBeralih ke bagian dapur pacunya, kedua mobil ini sama-sama memiliki kapasitas mesin 1.5 Liter. Pertama untuk Honda Freed menggunakan mesin 1.5 SOHC, Silinder Segaris, 16 Katup, i-VTEC + DBW + TBR berkapasitas 1497 cc. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai 118 PS pada putaran 6.600 rpm dan dengan torsi maksimal 146 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Mesin Toyota Sienta

Toyota Sienta MesinSedangkan, pada Toyota Sienta sendiri menggunakan mesin 2NR-FE . In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc untuk versi standarnya. Oleh karena itu, dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 109 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimalmencapai 136 Nm pada putaran 4.400 rpm. Menilik teknologinya, Honda Freed menggunakan teknologi i-VTEC Transmisi otomatis 5 percepatan.Sedangkan Toyota Sienta menerapkan teknologi mesin NR Series Dual VVT-i yang dipadukan dengan Transmisi CVT.

Fitur Toyota Sienta vs Honda Freed

Toyota Sienta menjamin keselamatan baik pengemudi dan penumpangnya dari benturan, maka dari itu di dalam mobil MPV ini dipasangkan 2 buah Airbag. Selain itu, Toyota Sienta memiliki fitur Pre-Collision System (PCS) yang berfungsi dalam mengatur sistem pengereman. Fitur Lane Departur Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB). Tidak hanya memberi keamanan saja, mobil MPV Toyota ini juga memberikan kenyamanan yakni dengan adanya AC, fitur stability control, Hill Start Assist (tipe Q) dan ISOFIX (semua tipe), serta adanya penambahan 2 Din Head Unit yang mampu memberikan kualitas audio yang baik. Sementara, Honda Freed memiiki fitur keamanan yang memadai diantaranya terdapat fitur pengereman ABS + EBD. Pretensioner with limiter seatbelt dan sabuk keselamatan di setiap tempat duduk yang akan melindungi penumpang dari terjadinya kecelakaan. Fitur-fitur lainnya yang tersematkan diantaranya adanya fitur ISOFIX, keyles entry, key type wave key, immobilizer, alarm system, auto door lock by speed dan smart entry system.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Sienta vs Honda Freed

Toyota Sienta

Honda Freed

Mesin

Tipe Mesin 2NR-FE . In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR
Isi Silinder 1.496 cc 1497 cc
Diameter x Langkah 72.5 x 90.6 mm 73,0 mm x 89,4 mm
Daya Maksimum 109 PS / 6,000 rpm 87 Kw (118PS) /6.600rpm
Torsi Maksimum 14.3 kg.m / 4,200  rpm 14,9 kg.m (146Nm) /4.800rpm
Sistem Kemudi Rack and Pinion Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Sistem bahan bakar PGM-FI
Rasio 10,4 : 1
Kapasitas Tangki 42 L
Radius Putar 5.3

Dimensi

P x L x T 4,235 mm x 1,695 mm x 1,695 mm 4.215 mm x 1.700 mm x 1.740 mm
Jarak Poros Roda 2,750 mm 2.740 mm
Jarak Pijak depan 780 mm 1.478 mm
Jarak Pijak belakang 705 mm 1.466 mm
Berat 1320 kg
Ground Clearance 170 mm 133 mm

Sasis

Transmisi MT/CVT Automatic A/T 5-Speed
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer H-Shape Torsion Beam
Rem Depan 15 Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang 15 Solid Disc Drum
Ukuran ban 185/60R15 Steel with Full Cap 185/65 R15

Fitur

Kenyamanan
  • Pendingin Udara
  • Audi Sistem
  • Power Steering
  • Pengingat Sabuk Pengaman
  • Jendela Otomatis
  • Jendela Otomatis
  • Power Sliding Door Button : Left Side (Type S), Both Side (Type E)
  • Audio : Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD  Player + USB Port + AUX Input + Made For iPhone
  • Interior Color : Black
  • ECO Assist : All Type
  • Audio Steering Switch : All Type
  • Power Window : All Type
  • Front & Rear Seat reclining : All Type
  • Auto A/C with Smart Touch : Type E
  • Heater : Type E
Keamanan
  • Alarm
  • Anti Lock Breaking System (ABS)
  • Kunci Sentral/Central Lock
  • Child Lock
  • Bantal Udara/Airbag Pengemudi
  • Struktur kerangka body : G-CON + ACE
  • Dual Front Air bags : All Type
  • Pedestrian Protection : All Type
  • ABS + EBD :  All Type
  • Pretensioner with load Limiter
  • Seatbelt : All type
  • Sabuk Keselamatan (Front) :
  • ISOFIX dan Tether : All type
  • Key Type : Wave Key
  • Keyless entry : All Type
  • Immobilizer : All Type
  • Alarm System : All Type
  • Auto Door Lock by speed
  • Smart Entry System

Harga Toyota Sienta vs Honda Freed

Harga Toyota Sienta vs Honda Freed

Toyota Sienta

Honda Freed

Tipe Harga Tipe Harga
Harga Toyota Sienta 1.5 E M/T Rp234.100.000,- Harga Honda Freed S    Rp267.000.000,-
Harga Toyota Sienta 1.5 E CVT Rp252.100.000,- Harga Honda Freed E    Rp289.000.000,-
Harga Toyota Sienta 1.5 G M/T Rp246.100.000,-
Harga Toyota Sienta 1.5 G CVT Rp264.100.000,-
Harga Toyota Sienta 1.5 V M/T Rp261.100.000,-
Harga Toyota Sienta 1.5 V CVT Rp279.100.000,-
Harga Toyota Sienta 1.5 Q CVT Rp299.100.000,-
Harga Toyota Sienta New 1.5 Q CVT Rp299.900.000,-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan dari Toyota Sienta vs Honda Freed berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=Riw9V9sdm0g

Artikel terkait: Toyota Sienta vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Toyota Sienta vs Daihatsu Sigra vs Honda Mobilio Indonesia Review 2018

Toyota Calya vs Toyota Sienta Indonesia Review 2017

Toyota Sienta VS Toyota Avanza Veloz Review Indonesia 2017

Honda Freed vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2018

7 pemikiran di “Toyota Sienta vs Honda Freed Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar