Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre Indonesia Review 2018

Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre

Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre Indonesia Review 2018– Di kelas motor sport, pabrikan Jepang seperti Kawasaki dan Honda menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta motor motor sport. Namun, tidak hanya dua merek motor sport kenamaan diatas saja, Yamaha pun turut andil di kelas motor sport yang spesifikasinya juga tidak diragukan. Seperti Yamaha Vixion dan Yamaha Xabre, dua motor sport andalan Yamaha ini memiliki kelebihan masing-masing di tiap sektor yang berbeda. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail spesifikasinya. Berikut review perbandingan antara Yamaha Vixion dan Yamaha Xabre.

Desain Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Desain Yamaha Vixion

Yamaha VixionMembedah tampilan luar Yamaha Vixion terbaru, secara eksterior generasi terbaru Vixion ini tidak banyak berubah. Yamaha Vixion memiliki tampilan layaknya motor sport dengan berkapasitas besar. Bagian Tangki masih menjadi andalan motor ini, facelift dari Yamaha Vixion kali ini benar-benar tampil sporty. Meski tetap mempertahankan bentuk tangki seperti versi sebelumnya, namun performa Yamaha Vixion ini semakin ‘fresh’ dan lincah.

Yamaha VixionDesain headlamp menghiasi sektor depan Yamaha Vixion membuat motor ini lebih sporty, pasalnya Yamaha membubuhkan aksen ‘topeng’ pada lampu depan. Tidak hanya itu, perubahan Yamaha Vixion terbaru ini pun nampak pada aplikasi undercover yang membalut blok mesin pada bagian bawah. Pembaharuan spesifikasi Yamaha Vixion di sektor eksterior pun terlihat pada sektor buritan dengan adanya spakbor baru berbentuk lebih kecil dari sebelumnya.

Desain Yamaha Xabre

Yamaha XabreYamaha Xabre versi terbaru menggunakan platform Yamaha MT Series berciri khas kepiawaian Yamaha dalam merancang body motornya. Untuk desain eksterior, four thumbs for Yamaha Xabre ! pasalnya, Yamaha Xabre menampilkan desain yang tidak biasa seperti desain naked bike pada umumnya. Aura street fighter terasa bilamana melihat headlamp yang didesain mungil disertai dengan sudut yang tajam. Teknologi LED pun sudah disematkan pada lampu motor Yamaha Xabre guna merefleksikan penerangan yang maksimal. Kesan liar juga dijumpai saat melihat bagian atas, tepatnya pada area tangki dibuat menjulang tinggi ke atas.

Yamaha Xabre

Ditambah dengan desain shroud muskular yang didesain memanjang ke depan. Untuk model jok nya sendiri, Yamaha mengadopsi desain jok dari Yamaha R-15 yang dibuat terpisah dengan bentuk lancip pada bagian belakangnya. Sementara untuk sektor buritan, Yamaha Xabre menghadirkan pillion handle atau bentuk yang terlihat ‘nungging’. Ditambah lagi bagian slebor yang didesain dengan model gantung yang berkolaborasi dengan lengan ayun.

Speedometer Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Yamaha Vixion

Speedometer Yamaha VixionYamaha Vixion masih mengedepankan teknologi canggih guna mempermudah berkendara, yakni dengan mengaplikasikan High Tech Speedometer yang terintegrasi dengan teknologi digital interaktif. Selain itu, ada panel speedometernya yang futuristik dan terdapat pula analog tachometer yang berfungsi untuk mengontrol kondisi mesin saat melesat dalam kecepatan tinggi. Pada bagian kemudi, Yamaha Vixion menyediakan indikator suhu, penunjuk posisi gigi persneling dan indikator lampu.

Yamaha Xabre

Speedometer Yamaha XabreSementara, untuk panel dashboard pada Yamaha Xabre, Yamaha mengusung konsep speedometer yang berdesain sporty dan juga minimalis dengan penggunaan panel Full digital. Dashboard  Yamaha Xabre dibuat dengan model persegi panjang tipis dan diselimuti bingkai elips tepat di tengah-tengah kepalanya. Selain itu, fungsinya canggih dengan adanya speedometer, odometer dan strip meter. Kemudian, pada sisi samping, terdapat indikator lampu utama dan lampu sein.

Dimensi Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Secara dimensi, Yamaha Vixion ini memiliki ukuran panjang 1955 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 102 mm, serta dengan jarak sumbu roda hingga 1295 mm. Sementara, untuk tinggi jok Yamaha Vixion berukuran 795 mm dan memiliki  Ground Clearance sebesar 165 mm. Sementara, Yamaha Xabre memiliki dimensi yang lebih mungil dengan ukuran panjang 1959 mm, lebar 795 mm, dan tinggi 1065 mm dengan bobot mencapai 135 kg. Untuk ground clearance Yamaha Xabre memiliki jarak 164 mm dan memiliki tinggi jok sebesar 805 mm, serta juga memiliki jarak sumbur roda sebesar 1350 mm.

Mesin Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Mesin Yamaha Vixion

Mesin Yamaha VixionPada sektor dapur pacunya, Yamaha pada Vixion masih menggunakan jenis mesin pada New Vixion Lightning dengan mengandalkan mesin SOHC 4 valve Fuel Injection berkapasitas 149,8 cc. Dengan mesin tersebut maka dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 16.59 PS pada putaran mesin 8.500 rpm dan menghasilkan torsi maksimum hingga 14.5 Nm pada putaran mesin 7.500 rpm. Dari sisi luar, mesin New Vixion ini juga didesain lebih elegan karena menggunakan crank case atau box mesin dengan warna emas. Sama dengan NVL versi sebelumnya, spesifikasi Yamaha Vixion pada sektor mesin juga sudah memiliki sertifikat Euro 3 yang dapat membuat ramah lingkungan karena emisi gas buangnya yang berstandar internasional.

Mesin Yamaha Xabre

Mesin Yamaha XabreSementara, Pada Yamaha Xabre dibekali dengan mesin turunan dari Yamaha YZF R-15. Yamaha Xabre mengusung mesin empat langkah dengan kubikasi 149 cc, satu silinder SOHC 4 katup. Sedangkan pendingin mesinnya, Yamaha Xabre mengandalkan sistem pendinginan liquid cooled. Mesin bawaan pada Yamaha Xabre mampu menghasilkan tenaga maksimal 12,0 kW pada putaran mesin 8500 rpm, dan torsi maksimum 14,3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm. Sementara untuk transmisinya menggunakan transmisi 6 percepatan bukan 5 percepatan seperti Yamaha Vixion meskipun untuk basis mesinnya sama. Sedangkan, jenis bahan bakarnya, Yamaha Xabre menggunakan jenis Fuel Injection yang dapat membuat motor lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar, terlebih lagi sangatramah lingkungan.

Suspensi Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Tidak hanya dimensi dan rangkanya yang kokoh, Yamaha Vixion ini pun diperkuat dengan kaki-kaki yang kokoh pula. Yamaha Vixion menyematkan suspensi teleskopik pada bagian depan dan teknologi monocross pada suspensi belakang. Tidak hanya itu, bagian jok pun dibuat senyaman mungkin dengan desain bertingkat ekstra nyaman sehingga anda tidak akan mudah lelah saat berkendara jarak jauh. Velg pada motor ini berukuran 17 inchi yang dibalut ban depan berukuran 90/80-17M/C 46P dan ban belakang 120/70-17M/C 58P akan menyuguhkan handling mantap saat berada di tikungan tajam dengan akselerasi kecepatan tinggi. Sementara, pada Yamaha Xabre menerapkan rangka berjenis deltabox teleskopik. Dengan rangka tersebut, Yamaha Xabre lebih mudah dikendarai Ditambah lagi dengan suspensi depan USD dan suspensi belakang berjenis monoshock yang akan nyaman meski berkendara berboncengan. Sementara, bagian pengereman Yamaha Xabre masih dalam kategori standar karena menggunakan rem jenis single disc. Aroma racing pada bagian lengan ayun Yamaha Xabre menggunakan swing arm jenis alumunium banana style. Sedangkan untuk velgnya, Yamaha Xabre menggunakan velg berukuran 17 M / C-MT 3.50 untuk depan dan 17 M / C-MT 2.75 untuk bagian belakang yang dibalut dengan ban berukuran 110/70-17 M dan 130/70-17 M.

Fitur Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Untuk fitur keamanan, Yamaha mengaplikasikan teknologi double key shuttler pada Yamaha Vixion ini. Dengan fitur tersebut akan memungkinkan pemilik Vixion bisa lebih tenang saat meninggalkan kendaraannya di tempat-tempat umum. Selain fitur keamanan berteknologi tinggi, Yamaha Vixion juga dibekali dengan velg racing R15 Concept yang menjanjikan akselerasi mantap dan putaran ban yang sempurna. Untuk fitur pengeremannya, spesifikasi Yamaha Vixion ini disempurnakan dengan teknologi single disc brake dengan cakram hidrolik pada rem belakang yang akan memberikan ekstra keamanan saat motor ini direm secara mendadak.Tidak sebanyak fitur pada Yamaha Vixion, Yamaha Xabre ini hanya menyediakan fitur standar saja karena memang dihadirkan untuk para biker pemula. Fitur standar seperti LED Lamp, banana swing arm, atau speedometer full digital. Yamaha Xabre ini cocok untuk dibawa saat touring karena tangki bahan bakar yang berkapasitas besar yang dapat diisi hingga 11 liter.

Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre

Yamaha Vixion

Yamaha Xabre

Mesin

Tipe Mesin Liquid Cooled 4-stroke, SOHC 4 Langkah Berpendingin Cairan, Sohc
Jumlah Silinder Single cylinder Silinder Tunggal / Tegak
Isi Silinder 149.8 cc 149.8 cc
Diameter x Langkah 57 x 58.7 mm 57,0 X 58,7 Mm
Daya Maksimum 12.2 kW / 8500 rpm 12.0 Kw/8500 Rpm
Torsi Maksimum 14.5 Nm / 7500 rpm 14.3 Nm/7500 Rpm
Rasio 10.4 : 1 10,4 : 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection Fuel Injection
Sistem Starter Electric starter Electric starter
Kapasitas Tangki 12 Liter 10.2 Liter

Dimensi

P x L x T 1955 x 720 x 1025 mm 1959 X 795 X 1065 mm
Ground Clearance 165 mm 164 mm
Wheel Base 1295 mm 1350 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm 805 mm
Berat 132 Kg 135 Kg

Sasis

Transmisi Constant mesh 5-speed Return 6 Kecepatan
Tipe Rangka Deltabox Diamond
Suspensi Depan Teleskopik Upsidedown 37 mm
Suspensi Belakang Swing Arm Monoshock with banana swingarm
Rem Depan Disc brake Disc brake
Rem Belakang Drum brake Drum brake
Ban Depan   90/80-17M/C 46P 110/70-17
Ban Belakang 120/70-17M/C 58P 130/70-17

Harga Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Harga Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre

Yamaha Vixion

Yamaha Xabre

Tipe Harga Tipe Harga
Yamaha Vixion

Rp26.000.000-

Yamaha Xabre Rp30.300.000-

Video Review

Buka link dan simak video review perbandingan Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre berikut ini! https://www.youtube.com/watch?v=v0YchFJBHyU & https://www.youtube.com/watch?v=bLI_8QFUKb0

Artikel terkait: Honda CBR 150 vs Yamaha Vixion Indonesia Review 2018

Honda Beat VS Honda Spacy Indonesia Review 2018

Honda CBR 150 vs Yamaha R15 Indonesia Review 2018

11 pemikiran di “Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre Indonesia Review 2018”

Tinggalkan sebuah komentar